Eksistensi Transportasi Tradisional Di Sungai Indonesia


Salam Hangat dan Hormat untuk anda sekalian.


Kali ini akan saya sampaikan mengenai alat transportasi yang sering digunakan dan masih lekang oleh jaman. Perubahan terus terjadi, alat transportasi semakin mengalami kemajuan.

Dahulu kita menggunakan kedua kaki untuk mencapai suatu tujuan. Melalui tenaga makhluk hidup kita menggunakan gerigi roda untuk menjalankan nya. Saat ini semua tergantikan oleh mesin. Penulis mengarahkan kepada kalian kepada Transportasi Air. ya..begitulah. Bila dibandingkan dengan darat dan udara. transportasi air mengalami masa statis. Terutama, pada transportasi Sungai. 

Perahu bermotor ( alat transportasi penyebrangan )
Kenapa dengan transportasi sungai? jawaban nya sederhana. 
Transportasi tersebut memiliki kelemahan mendasar. jarak tempuh, tingkat kedalaman air dan faktor pendukung menjadi hal yang mendasar kenapa transportasi sungai mengalami masa statis.
  • Jarak tempuh : jarak tempuh transportasi sungai hanya didasari oleh panjang dan lebar sungai itu sendiri. Dengan kata lain, belum ada transportasi sungai yang mengalami pningkatan jarak tempuh nya. Malah, jarak tempuh nya semakin berkurang. bisa jadi hanya digunakan sebagai alat menyebrang karena belum ada sarana penyebrangan berupa jembatan.
  • Tingkat kedalaman air : beberapa transportasi sungai ditentukan oleh tingkat kedalaman air. bila musim kemarau tiba dan air sungai surut. Menyebabkan Transportasi ini berhenti atau jarak tempuh nya akan berkurang yang berarti pengguna nya pun berkurang.
  • Faktor Pendukung yang penulis maksud bisa diartikan perhatian dari pengguna atau stake holder alat transportasi ini. Misal, banyak terjadi kecelakaan di transportasi ini bukan disebabkan kesalahan manusia. melainkan karena alat transportasi nya sudah tak layak untuk dipakai lagi.
Di atas merupakan deskripsi singkat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan eksistensi alat transportasi tradisional di sungai. Kita bersama juga bisa mendefinisikan alat transportasi sungai yang bertahan sampai saat ini adalah Perahu yang berbahan kayu. baik bermesin atau dengan menggunakan energi makhluk hidup ( manusia ).

Pengguna alat transportasi sungai pun semakin berkurang dan semakin ditinggalkan dengan banyak nya dibangun jembatan penhubung antar wilayah atau karena dipengaruhi debit air yang semakin berkurang.

Demikian paparan singkat dan sederhana ini. lain waktu dan kesempatan penulis akan sampaikan secara menyeluruh dan semoga tulisan ini bisa diterima.

Sampai jumpa,

Penulis


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Eksistensi Transportasi Tradisional Di Sungai Indonesia"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.