Cara Menerbitkan NRG Bagi Guru Yang Lulus PPG Melalui Dapodik Sekolah


Cara Menerbitkan NRG Bagi Guru Yang Lulus PPG Melalui Dapodik Sekolah

Salam Hangat Dan Hormat

Selamat bagi anda rekan guru yang telah dinyatakan lulus PPG. Proses PPG memang tidak mudah. Proses PPG yang berjalan kurang lebih hampir 4-5 Bulan memang cukup menguras kantong, Tenaga, Dan Pikiran para guru.

Proses PPG yang tidak sebentar tersebut tentunya dapat meningkatkan kompetensi Pesertanya. Tahapan pertama dengan Daring Online yang membahas dan mengulas kembali pengetahuan guru tentang dasar ilmu yang di ampunya sesuai dengan gelar yang disandangnya. Pembelajaran mengenai Aspek Kognitif, afektif, dan karakter guru itu sendiri.
Guru abad 21 memang dituntut lebih ekstra. Pembelajaran yang sebelumnya mengacu pada Guru. Berubah menjadi Student Center. Artinya pembelajaran berpusat pada siswa atau istilahnya Siswa yang aktif dalam pembelajaran.

Guru lulusan PPG bukan sembarang orang. Proses yang Panjang dimulai dengan daring Online, Workshop, PPL di LPTK lalu terakhir dilanjutkan dengan UP. Ujian Kompetensi berupa Pengetahuan. Membuat banyak dari peserta PPG yang tumbang dan gagal. Namun, Banyak juga diantaranya berhasil dan lulus pada PPG.

PPG atau Pendidikan profesi Guru menjadi sebuah harapan bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya serta dengan tujuan untuk mendapatkan  Sertifikat Pendidik dan guru pun berhak meyandang gelar Gr. Yang semuanya berarti perbaikan pada penghasilan guru dikarenakan guru bersertifikat pendidik berhak menerima Tambahan Tunjangan Penghasilan.

Selamat bagi anda yang terlah LULUS PPG. Untuk Menerbitkan NRG bagi anda melalui Dapodik Sekolah dapat dilakukan dengan Tahapan Berikut:

Alur Penerditan NRG pada Dapodik oleh https://www.halleykawistoro.com


Menerima Sertifikat Pendidik
Guru yang telah dinyatakan lulus PPG berhak menerima serdik. Biasanya setelah beberapa bulan. Serdik dapat diterima oleh guru peserta PPG. Beberapa LPTK atau Universitas penyelengggara PPG memberikan Sertifikat pendidik dengan Yudisium atau pelepasan. Ada juga LPTK yang bersedia mengirimkan Scan Serdik kepada Mahasiswa PPG yang telah Lulus.

Serahkan Scan atau Fotokopi Serdik Untuk Diisi pada aplikasi Dapodik

Guru yang lulus setelah menerima scan Sertifikat pendidik atau scannya dapat menyerahkan sertifikat tersebut kepada Operator sekolah. Tak jarang peserta PPG pun ada yang merangkap sebagai Operator sekolah. Komunikasikan dengan Operator sekolah untuk mengisi data anda pada SERDIK untuk anda mendapatkan NRG.

Isikan No Sertifikat dan No peserta pada Dapodik

Operator sekolah tahu apa yang harus dilakukannya. Untuk  itu jika operator anda baru. Beritahukan untuk menentry data SERDIK yang anda punya. Caranya adalah mengentry pada RIWAYAT sertifikasi lalu di entry No sertifikat Pendidik dan Nomor peserta anda.

Kosongkan NRG pada isian dapodik dan singkronkan.

Setelah itu semua di isi. Silahkan disingkronkan dapodik tersebut. Sebagai catatan. Data serdik tersebut tidak bisa di entry pada dapodik dengan akun operator. Melainkan di entry dengan akun PTK anda yang dibuat oleh operator. Jika anda kurang yakin silahkan minta akun PTK pada operator dan Isi sendiri data tersebut pada kolom riwayat Sertifikasi.

Tunggu beberapa waktu
Setelah tahapan di atas dilakukan tugas guru hanya menunggu saja sampai NRG tersbut keluar yang dapat diketahui pada Akun GTK anda yang akan muncul sendiri.

Periksa Akun SIM PKB/AKUN PTK anda
Setelah beberapa waktu, minggu atau bulan silahkan periksa akun PKB anda atau akun ptk anda. Lihat apakah NRG sudah muncul. Jika sudah muncul. Laporkan kembali kepada operator anda untuk di disi kembali pada dapodik lalu sigkronkan kembali.

Setelah tahapan itu semua. Cukupkan jumlah jam mengajar anda sesuai dengan peraturan yaitu 24 jam tatap muka. Setelah itu anda akan dinyatakan berhak untuk menerima tunjangan Sertifikasi Guru anda.

Selamat mencoba dan semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca Tulisan ini.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Menerbitkan NRG Bagi Guru Yang Lulus PPG Melalui Dapodik Sekolah"

  1. Untuk peserta PPG daljab yang telah lulus UP tahun 2019, kapan kira2 terbitnya NRG. Trm Kasih.

    ReplyDelete
  2. Silahkan di entry di dapodik dahulu no peserta dan No serdik nya. Setelah itu menunggu terlebih dahulu. Semoga di awal semester ini sebulan atau dua bulan NRGnya keluar. Terima kasih Kembali.

    ReplyDelete
  3. Saya sudah entri didapodik no serti dan peserta dr blm Desember kemarin tpi sampai sekarang NRG blm terbit juga.😇😇😇😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bapak temui Operator Dinas Pendidikan setempat. pihak dinas bisa melacak apakah NRG bapak sudah terbit. semangat pak. Terima kasih

      Delete
  4. Saya sudah entri didapodik no serti dan peserta dr blm Desember kemarin tpi sampai sekarang NRG blm terbit juga.😇😇😇😇

    ReplyDelete

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.