Puisi Nasib Operator Sekolah Dan Catatan Kisah Operator Tahun 2017



Salam Hangat Dan Hormat
Kepada semua pembaca, pengunjung dan operator sekolah Se Indonesia.
Berawal dari kisah ketika ditunjuk oleh kepala sekolah mengemban tugas mengemban Data. Kita mulai bertanya ini tugas siapa? Apa fungsinya data sekolah. Setiap bulan dan tahunan setiap instansi di bawah naungan pemerintah tentu membuat sebuah laporan data.
Sekolah sebagai wahana pendidikan adalah tempat yang harusnya nyaman tanpa kerja yang perlu ditambah. Tepatnya 2012, aplikasi dapodik mulai dikenalkan kepada kita para tenaga pendidik dan kependidikan. Sasaran pertama tujuan pendataan adalah memberikan gambaran realita dunia pendidikan. Meliputi jumlah guru, siswa dan kecukupan sarana dan prasarana. Selajutnya muncul kolaborasi sistem pendataan padamu negeri yang berjalan seiring Pada tahun 2013. Sewaktu program ini, banyak tenaga pendidik dan kependidikan yang berhasil menggolkan NUPTK nya : Nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan. Nomor tersebut diakui dan menjadi salah satu dasar pengakuan yang terlibat mengabdikan diri di Sekolah.
Berselang waktu pemerintah sebagai stake holder mengambil peran strategis dengan hanya menjadikan DAPODIK Data Poko Pendidikan. Sebagai satu-satunya pendataan di sekolah naungan Kemdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Sedangkan Padamu Negeri yang merupakan program bantuan kerjasama dengan negara lain perlahan-lahan diambil model pendataan nya bagi guru pendidikan agama islam yang dikenal dengan nama SIMPATIKA dibawah naungan Kementerian Agama.. Pendataan Simpatika dimulai tahun 2014 hingga saat ini.
Istilah Operator
Operator biasanya dikenal sebagai orang yang menjalankan sebuah tugas dengan spesifikasi keterampilan yang khusus ( tidak semua orang bisa). Dunia pendidikan saat ini telah mempunyai kaki tangan yang handal dalam melaporkan data di sebuah sekolah yang dinaunginya. Operator yang menjadi penyambung informasi tentang beragam kebijakan seakan-akan memiliki keterlibatan yang dibatasi oleh aturan-aturan samar.
Setelah memasuki tahun 2017. Operator pendidikan yang penulis maksud telah di buat satuan-satuan khusus yang terpisahkan berdasarkan satuan instansi nya berdasar jenjang yaitu ; sma/smk, smp, sd dan Paud dan sekolah-sekolah yang dipimpin kemenag. Operator sekolah masih terasa familiar saat ini. Secara umum disertai berbagai masukan kementerian pun perlahan memberikan nama baru untuk operator sekolah menjadi Operator pendataan data Pendidikan.
Data menjadi hal yang diperhatikan tingkat validasinya. Tidak jarang, permasalahan seorang operator adalah batas waktu dan tentunya saja cara pengisian aplikasi yang bertambah fiturnya dan aturan pengisian yang baru.
Kegelisahan penulis secara pribadi juga mengemban tugas operator akan tersalurkan dengan puisi berikut ini:
Nasib Operator
Sejak kapan aku meninggalkan malam bahagia? Yang penuh canda bersama keluarga dan orang tercinta.
Sejak kapan aku mengerutkan dahi ? mengamalkan bacaan doa yang berbeda meng agungkan kata sinkronisasi
Sejak kapan aku bersama fajar tertidur, tertatih menuju sekolah, dan cenderung frustasi.
Sejak kapan aku merindu bada isya tertidur nyenya? Untuk pelangi esok
Sejak kapan aku menjauh dari tempat pulas dan hanya ber*umbu perangkat untuk waktu singkat.
Sejak kapan aku dipandang oleh rekan dan petinggi atas dosa kesalahan data.
Sejak kapan aku dibebani mimpi yang diangankan indah dan hanya sebagai ilustrasi dunia kerja?
Sejak kapan aku seperti itu serasa paling tahu lupa akan tubuh?
Sejak kapan aku begitu merasakan satu bersama peluh.
Ini bukan sajak keluh atau merasa pilu
Ini tanggung jawabku mengemban data yang jitu.
Ini hak ku untuk berkata mana bahagia dan janjimu.
Sejak saat tahu semakin kita tertipu tanpa ragu memburu ilmu baru
Demi satu data terpadu.
Salam satu data.
---------------------------------17/9/2017
Itulah sedikit sajak untuk gambarkan nasib seorang operator bersama duka nya. Di lain kesempatan akan ada catatan bahagia. Harapan baru dari sebuah forum operator dibawah naungan Bpk Basuki Rahmad bernama FOPPSI Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia.
Sejak kapan berdirinya silahkan telusuri di mesin pencari GOOGLE. Bukan karena ketidakmampuan penulis memberi tahu. Seperti itulah keluh yang kita selalu temukan di perjalanan waktu ketika menempuh jalan menjadi seorang operator pendataan pendidikan. Semoga kita seperti data yang menjadi satu. Menghargai satu sama lain. Menikmati kebahagiaan yang sama, kesenangan yang sama. Setelah menyelesaikan pekerjaaan yang disinkronkan dengan realita.
Realita honor yang tidak sesuai, realita fasilitas yang tidak memadai, dan mungkin realita jaringan yang tidak ada untuk pengiriman. Ini bukan keluhan. Ini sekedar catatan penandaan yang bisa dibaca siapa saja. Sejahtera bukan milik anda saja. Mari rapikan kami sebagai tenaga profesional yang handal dengan kualifikasi tinggi dan pendapatan yang sepadan.
BIMTEK OPP 2017 Regional Sumatera
“SALAM SATU DATA. KITA SATUKAN HATI. SATUKAN LANGKAH UNTUK PENDATAAN PENDIDIKAN SELURUH INDONESIA”
Hormat Saya,
Penulis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puisi Nasib Operator Sekolah Dan Catatan Kisah Operator Tahun 2017 "

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.