Cara Cepat Menulis Puisi Untuk Semua Orang


Trik Tutorial Cara Menulis Puisi Langsung Bisa Untuk Umum/Semua orang

Salam Hangat Dan Hormat

Menulis Puisi memang menjadi hal yang kurang berkesan dan dianggap gampang oleh sebagian orang. Sebaliknya, bagi sebagian orang menulis puisi sangat sulit. Sebagian lainnya dengan mudah menuliskan kata-kata yang dianggap orang lain sulit.

Bingung dengan Kalimat di atas. “saya lanjutkan kembali mengenai artikel ini”. Puisi secara sederhana dan memiliki istilah asing disebut Poetry/poem. Puisi dimaknai sebagai ungkapn Perasaan. Perasaan siapa? Tentu perasaan penulisnya? Siapa?

Siapa? Ia bisa menjadi Anda yang membaca artikel ini. Saya ulangi kembali. Puisi adalah ungkapan perasaan pengarang/penulisnya melalui media kata-kata baik secara lisan dan tulisan dengan pemilihan kata yang indah serta bisa dinikmati orang lain. Dinikmati pendengar atau pembacanya.

Langsung Ke Inti Artikel ini:
Berikut Tutorial nya.

1. Sebelum Menulis puisi siapkan media tulis anda. Kalau, saya bilang pena dan kertas. Tentunya akan jadi masalah baru. Media saat ini, sangat banyak sekali. Jaman sekarang “now”. Bagi orang yang ingin menuliskan sesuatu bisa sangat fleksibel dan tidak terpaku pada media pena dan kertas. Banyak media elektronik yang bisa dimanfaatkan untuk menulis puisi ; Menulis di laptop, hp, android, netbook. Dan lain-lain.

2. Menulis Saat Itu juga : Sebuah ide yang hadir dan muncul berdasarkan perasaan yang anda alami. Bisa, menjadi ide awal untuk anda menuangkannya menjadi sebuah puisi. Penentuan tema juga memudahkan  seseorang untuk mulai menulis puisi. Tidah hanya itu, Perasaan yang dialami langsung seseorang dengan penggunaan indranya bisa membantu sebagai bahan awal untuk membuat Puisi.

3. Tulislah puisi anda ke dalam bentuk paragraf : kenapa mesti paragraf? Jawabannya tentu sederhana. Dituliskan dalam bentuk paragraf untuk memudahkan seseorang menuliskan peristiwa berdasarkan pengalaman yang di alami. Saya lanjutkan kembali. Melalui sebuah paragraf sebuah puisi akan muncul. Kenapa seperti itu? sebuah puisi yang ditulis berupa paragraf tentu kaya akan kata-kata. Tugas selanjutnya adalah orang yang menulis puisi berupa paragraf melakukan revisi. Membaca ulang peristiwa/perasaan yang di alami untuk melakukan pemilihan kata-kata sehingga menjadi padat dan indah “konotasi”. Berdasarkan apa yang ia /anda tuliskan.

4. Mulailah menulis. Menunda-nunda sebuah pekerjaan sama saja dengan tidak merealisasikan ide yang anda punya. Menulislah dengan bebas dan lepas untuk diri sendiri. Menulislah dengan indah dan bijak. Bila ingin anda bagikan apa yang anda tuliskan?
Tutorial sebenarnya dibawah ini:

Poin 1,2 dan 4 sebagai cara untuk membuat anda melakukan kegiatan literasi membaca informasi. Yang akan saya bahas adalah POIN no 3. Kita mulai sekarang.

CONTOH Paragraf yang akan di ubah menjadi Puisi:

“Hari ini aku tidak bisa makan seperti biasanya. Semua isi dompetku sudah kumanfaatkan untuk anak dan istri. Bagaimana besok makan mereka ya. Anakku butuh uang jajan. Istriku perlu berbelanja dapur. Pekerjaan besok, belum tentu mendapatkan hasil yang sesuai. Capeknya badan ku seharian bekerja. Pinggang ini ingin sekali dipijat. Semoga besok lebih baik dan aku mendapat rejeki yang banyak”

Dari kalimat di ATAS kita bisa mengubahnya menjadi sebuah puisi. Berikut ubahan nya.

Semoga Esok Menjadi Baik.

Hari...

Aku tidak bisa makan
Seperti biasa
Isi dompetku habis
Semua untuk mereka
Anak dan istriku.

Hari...

Demi jajan dan isi dapur habiskan sehari bekerja.
Pinggangku mengeluh ingin dipijat.
Semoga esok
Hariku lebih baik
Beserta rejeki yang banyak untuk mereka.


Puisi di atas diberi judul semoga esok menjadi baik. merupakan ubahan dari paragraf sebelumnya yang anda baca. Untuk merubah paragraf menjadi puisi ada 3 hal yang bisa anda perhatikan dan lakukan.

1. Tentukan tema paragraf yang anda tulis. Tema sedih, senang, curahan hati, marah, dan lain sebagainya. Berdasarkan perasaan anda sendiri.

2. Siapkan pilihan kata: Baca kembali paragraf yang anda tuangkan. Perasaan tersebut tentunya merupakan perasaan yang belum tentu enak bila orang lain membacanya. Namun, melalui perubahan menjadi puisi. Hal itu bisa berubah untuk bisa dinikmati. Diksi atau pilihan kata didapatkan dengan cara anda banyak membaca tulisan-tulisan. Menjadikan anda memiliki pembendaharaan kata yang banyak.

3. Mengubah bentuk tulisan : membuat puisi tentu akan lebih mudah dibaca orang lain sebagai puisi bila berbentuk vertikal. Cukupkan satu baris puisi dengan beberapa kata  mewakili perasaan dan peristiwa yang dialami.

Semoga Tulisan Sederhana ini bisa anda terapkan dan mulai menulis puisi sebagai penyalur perasaan dan peristiwa yang dialami. Apa yang anda tulis? Bisa menjadi dokumen pribadi dan apa yang anda tulis juga mampu menjadi hiburan untuk dibaca orang lain.

Kumpulan Puisi Di Blog Ini Silahkan dibaca dan dinikmati:



3. http://halleykawistoro.blogspot.co.id/2018/02/puisi-tulisan-cinta-bulan-februari.html

4. http://halleykawistoro.blogspot.co.id/2017/11/puisi-secangkir-kopi-hitam-dari-kekasih.html



Selamat Mencoba dan Melembutkan Hati dengan Menulis Puisi.


Hormat Saya


Penulis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Menulis Puisi Untuk Semua Orang"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.