Tips Sehat Bulan Ramadhan Dan Puisi Sehat Karena Puasa


Tips Sehat Bulan Ramadhan Dan Puisi Sehat Karena Puasa

Semoga Sehat dan bermanfaat.

Selamat datang di blog halley kawistoro. Terima kasih telah berkunjung di sini.

Bulan ramadhan tentu menjadi bulan yang dinanti oleh umat islam. Selama menjalankan ibadah puasa tentu tubuh akan lebih lelah daripada biasanya. Tubuh juga akan mengalami masa perubahan rutinitas berdasarkan aktivitas selama bulan ramadhan.


Berikut saya bagikan Tips Sederhana untuk Tetap sehat/Menjaga Kesehatan selama bulan Ramadhan. Selamat Membaca.

1. Minum Air Putih yang cukup : Selama menjalankan aktivitas di bulan ramadhan tubuh akan banyak kehilangan cairan tubuh. Tentu dengan minum air yang cukup akan membuat tubuh lebih bisa mempertahankan daya tahan tubuh lebih baik. Dibandingkan bila kita kurang dalam minum air putih. Saat Berbuka waktu yang pas kita memulai untuk mencukupi kebutuhan air minum. Cara mencukupinya bisa kita mulai saat berbuka dengan segelas air putih. Setelah makan kita minum satu gelas lagi. Kemudian beribadah solat magrib setelah itu minum segelas kembali. Setelah solat isya dan tarawih kita selingi dengan minum air putih sekitar dua gelas. Selanjutnya sebelum tidur kita minum segelas kembali. Kemudian waktu sahur sehabis bangun minum lah segelas kembali. Setelah makan sahur ada baiknya kita minum dua gelas kembali secara bertahap. Tentunya semua menjadi 8 (delapan) gelas. Silahkan anda hitung sendiri kembali. Kalau lebih dari delapan ya lebih baik tentunya. Cara ini bisa anda terapkan untuk memenuhi kebutuhan cairan di bulan Ramadhan.

2. Berbuka dengan yang manis: Semboyan dan slogan ini berasal dari kebiasaan Rasul/ Nabi Muhammad S.A.W. Kenapa harus dengan yang manis? Berbukan dengan yang manis ternyata juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Tentunya, Nabi mengajarkan dengan cara memakan buah kurma  itupun dengan jumlah terbatas. Kalau tidak ada ya cukup dengan minum air putih. Makanan atau minuman yang manis saat berbuka di anjurkan agar dapat mengembalikan energi. Kandungan gula dalam makanan manis bermanfaat mengembalikan glukosa darah yang berkurang selama menjalankan ibadah bulan puasa. Tentunya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi yang manis. Segala yang berlebihan pasti tidak baik. Selamat mencoba. Senyum ya... Saya lanjutkan kembali.

3. Tidur yang cukup dan makan seperlunya : nomor tiga ini merupakan sebuah kebiasaan dan cara kita saat berbuka. Bulan puasa di bulan ramdhan berdurasi satu bulan. Ada baiknya kita merubah pola hidup dari sebelas bulan yang lainnya. Tidur yang cukup, merupakan cara yang ampuh dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadhan. Kegiatan malam untuk beribadah di bulan ramdhan cukup banyak mulai dari ibadah solat dan sahur. Ada baiknya kita bisa mengambil waktu di siang hari untuk beristirahat kurang lebih setengah jam sampai satu jam. Tujuannya untuk menyimpan energi saat beraktivitas. Lain halnya jangan membiasakan tidur yang berlebihan bisa berdampak buruk dan menyebabkan sakit kepala. (yang banyak tidur kalau sakit kepala artinya tidurnya sudah berlebihan).

Makan seperlunya, pola makan saat berbuka akan membuat dampak buruk bagi kesehatan. Kebanyakan orang yang berpuasa. Berlebihan mengkonsumsi makanan selama bulan puasa. Untuk itu perlunya, membatasi makan jangan berlebihan. Seperti dalam teori yang kita pahami. Lambung di bagi menjadi 3 tempat 1. Untuk air, 2. Untuk makanan, dan yang ke 3 untuk udara. Jangan sampai tempat untuk air dan udara terpenuhi oleh banyaknya makanan. Atau tempat untuk udara sudah tidak ada lagi. Saat itu terjadi, perut kita pasti merasakan sakit dan bersendawa. Bisa juga menyebabkan penyakit maag karena kebanyakan makan. Jenis makanan pun harus diperhatikan. Hindari minuman dingin saat berbuka dan makanan berlemak. Semua itu bila di konsumsi berkelanjutan saat berpuasa maka akan mendatangkan penyakit yang lebih parah.

Semoga Ketiga Tips sederhana tersebut bisa anda ingat dan pedomi dalam beraktivitas di bulan ramadhan. Tahukah anda? Saat kita menjalankan ibadah puasa sama dengan kita membersihkan dosa. Dengan ibadah puasa akan membersihkan penyakit atau gangguan kesehatan bila kita menjalankan hadist dan sunah rasul lainnya selama berpuasa.

Tips Sehat Berpuasa Di Bulan Ramadhan- halleykawistoro.blogspot.com


Sehat Karena Puasa

Oleh halley kawistoro

Tubuh ku menikmati liburan selama satu bulan.

Melemaskan organ-organ untuk melakukan perawatan

Puasa mendatangkan bahagia bagi tubuh yang kenyang karena dosa

Puasa mendatangkan bersih bagi otak yang berpikir kotor.

Puasa mendatangkan kebaikan bagi hati yang berbuat jahat.

Kita semua kembali sehat.

Ramadhan seperti sebuah obat yang memberi jawaban atas gangguan kesehatan

Aku pun tidak terlalu berkunjung, karena aku sambut ia bila datang.

Ramadhan memberi salam untuk kujawab dengan terima kasih.

Ramadhan memberi lengkap resep kesehatan saat  kegiatan puasa.

Berpuasa meghilangkan dosa dan memberi Sehat kepada semua.

Puasa yang menyehatkan tubuh, hati dan pikiran.

Untuk sebuah pengharapan kehidupan setelah kematian.

--- Sehat dengan berpuasa ----

Semoga apa yang saya bagikan di tulisan sederhana ini bisa memberi manfaat walaupun sederhana sekali. Sampai jumpa di Ramadhan selanjutnya.


Hormat saya,


Penulis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sehat Bulan Ramadhan Dan Puisi Sehat Karena Puasa"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.