Materi Tentang Pengertian Iklan Kelas 8 / Delapan Mapel Bahasa Indonesia


Materi Tentang Pengertian Iklan Kelas 8 / Delapan Mapel Bahasa Indonesia.

Salam Hangat dan hormat.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas delapan semester ganjil memuat meteri yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu Informasi yang ditujukan kepada orang banyak / khalayak ramai adalah Iklan.

Iklan yang lebih cenderung dikenal masyarakat sebagai cara untuk menawarkan sebuah produk dalam kegiatan ekonomi. Selain itu juga dalam interaksi sosial iklan juga menawarkan jasa.

Iklan yang merupakan turunan dari kata REKLAME yang berasal dari bahasa yunani yaitu Re = Berulang-ulang, Klamo = Menyuarakan atau mengabarkan. Secara sederhana Iklan di artikan sebagai sebuah pesan yang dikabarkan secara berulang-ulang.

Iklan terbentuk dari komunikasi lisan dan bertransformasi dalam bentuk tulisan. Sebuah iklan yang efektif dapat mempengaruhi orang yang akan dituju. Konsumen sebagai sasaran sebuah iklan akan menentukan keberhasilannya untuk menyampaikan pesan. Iklan yang sampai dan diterima orang (konsumen) akan berdampak kepada nilai ekonomi.

Kehidupan manusia selalu lekat dan berhubungan langsung dengan Iklan. Tawaran yang dihadirkan iklan akan berdampak langsung dalam kehidupan sehari-hari. Iklan yang bertujuan untuk menawarkan sebuah produk akan mendeskripsikan produk tersebut mulai dari keunggulan, harga, dan bentuk fisik atau tampilan. Bila yang ditawarkan itu berupa kuliner atau makanan. Iklan akan menambah kan rasa sebagai tampilan akhir dalam pesannya.

Fungsi Iklan pun sangat berpengaruh dan berdampak kepada lingkungan masyarakat berkembang saat ini. Tidak hanya menawarkan Produk. Iklan berupa jasa dan lainnya pun membawa pesan tersendiri bagi yang mengetahui / melihat iklan tersebut.

Beikut pertanyaan yang bisa anda jawab tentang iklan.
       1. Apa yang dimaksud dengan Iklan? Jawaban = Iklan adalah kegiatan untuk menyampaikan informasi berupa barang dan jasa kepada Khalayak ramai.

            2. Apa Fungsi Iklan ? Jawaban = Iklan berfungsi sebagai sumber Informasi terbaru tentang barang dan jasa.

            3. Dimana saja Iklan dapat ditemukan? Jawabannya Iklan sebagai salah satu bentuk kebutuhan dalam berinteraksi. Iklan paling mudah ditemukan di media elektronik berupa Televisi, radio DLL:

Fungsi Iklan lainnya dapat ditemukan dalam kegiatan sehari-hari. Iklan berupa layanan masyarakat sangat bermanfaat bagi pemerintah.

Contoh Kalimat Iklan Layanan Masyarakat:
“Hidup serba sulit, pendidikan membutuhkan biaya. Mau hidup sejahtera cukup dengan anak dua”.

Sedangkan fungsi iklan bagi perusahaan tentunya untuk mengenalkan produk dan barang yang di tawarkannya.

Contoh kalimat iklan berupa Produk.
“ Pria sejati pandai memilih, pria sejati selalu tampil rapi, dan jadikan hidupmu sebagai pria sejati dengan memakai ikat Pinggang ini”

contoh kalimat di atasa merupakan iklan menawarkan Barang berupa Ikat pinggang / sabuk.
Selain Fungsi iklan di atas. Ada juga jenis iklan yang pada masanya begitu jaya. Yaitu iklan baris. Iklan baris adalah iklan yang muncul di suratkabar, koran atau majalah sangat populer pada masanya. Berikut ini contohnya:

Dijual Mtr hnda dgn hrg mrh. Srt lngkp, bebas pajak. Minat Hub Anton hp 021-267575
Disewakan Rmh dua lt, fsltas lngkp,hrg bersaing di jl merdeka. Hub budi no hp 0812-2345-2345.
Mbil bgus, cat mlus th2000.pjak hidup nego 85jt.jl.burung 0811-2332-3221.

Contoh di atas adalah iklan baris yang ada dalam surat kabar, koran atau majalah. Iklan baris juga dibuat dengan menyingkat kata yang bertujuan untuk mendapatkan harga murah dalam beriklan. Selain itu juga yang menarik. Iklan baris memunculkan singkatan-singkatan baru yang di pahami oleh pembelinya.

Pengertian Iklan / Halley Kawistoro


Semoga apa yang saya sampaikan tentang Pengertian iklan, Fungsi dan Iklan baris dapat menambah referensi pengetahuan mengenai IKLAN.

Hormat Saya,

Penulis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Tentang Pengertian Iklan Kelas 8 / Delapan Mapel Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.