Cara Menulis Teks Eksposisi Kelas Delapan SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Cara Menulis Teks Eksposisi Kelas Delapan SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Salam Hangat Dan Hormat

Ucapan rasa terimakasih yang besar saya sampaikan kepada semua para pengunjung blog sederhana ini. Kesempatan yang berbahagia ini ijinkan saya membagikan informasi berupa teks eksposisi kepada kalian semua yang membutuhkan terutama adik-adik yang duduk di bangku Sekolah menengah pertama Se- Indonesia.

Berbagai cara bisa kita lakukan untuk mendapatkan informasi. Salah satunya dengan literasi.

Sebelum Kita menganal apa itu Teks Eksposisi

Bacalah Teks di Bawah ini :

Sekolah Aman dan Nyaman Impian Kita bersama

Pendidikan adalah sumeber penerang dalam kegelapan. Seiring dengan perkembangan Zaman. Pendidikan mengambil perannya dalam sebuah negara. Setelah kemerdekaan bangsa Indonesia memulai memahami pentingnya pendidikan. Sumber daya manusia yang besar dengan angka 200 juta lebih penduduk Indonesia. Menjadikan Indonesia harus memperioritaskan peningkatan mutu sumber daya manusia yang dimilikinya.

Pemerintah juga gencar mencanangkan program wajib belajar 12 tahun yaitu setiap warga negara harus menyelesaikan pendidikan sampai jenjang SMA sekolah menengah atas. Bantuan Operasional Sekolah juga diharapkan mampu untuk menekan biaya pendidikan yang tinggi. Bantuan siswa miskin juga menjadi penguat dalam menuntaskan warga negara yang tidak mau bersekolah.
Hal-hal di atas sebagai modal dasar dalam dunia pendidikan. Lingkungan sekolah juga menawarkan keadaan yang aman dan nyaman bagi peserta didik untuk menempuh pelajaran.

Sekolah aman adalah sebuah keadaan bagi peserta didiknya untuk dapat menerima pembelajaran tanpa harus merasa terpaksa. Aman yang berarti juga tidak ada tindak kekerasan yang dilakukan warga sekolah yang lain. Bebas dari ‘Bully’ yaitu sebuah keadaan dimana seseorang yang memliki kelemahan dan kekurangan mengalami tindak kekerasan fisik atau mendapat perlakuan secara kejiawaan dengan mendapat ejekan yang berlebihan terhadap keadaannya.

Selanjutnya sekolah nyama juga menjadi pelengkap sebuah sekolah yang layak untuk kegiatan belajar mengajar. Semua di awali dengan ketersediaan sarana dan prasaran yang memadai. Gedung yang baik dan kokoh, sumber daya air yang mencukupi, dan ketersediaan buku. Serta guru yang mencukupi untuk proses belajar mengajar yang baik.
Kaitannya  dengan hal nyaman. Era saat ini juga sebuah sekolah harus mempfasilitasi kebutuhan yang sesuai dengan keadaan zaman. Seperti penyediaan listrik, pemanfaatan internet, danpenyediaan jaringan yang baik untuk memberikan anak kesempatan membuka jendela dunia melalui Internet.

Mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman merupakan sebuah cita-cita pemerintah uintuk mewujudkan Standar proses dan standar sarana/prasarana. Sebagai warga sekolah juga harus menjaga fasilitas yang telah ada. Peraturan sekolah yang meliputi mengenai dua hal tersebut harus diinformasikan kepada semua warga sekolah. Demi mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman.

(Sumber : Ditulis sendiri oleh Admin)
Untuk memudahkan anda memahami sebuah teks eksposisi. Contoh teks di atas yang sudah anda baca semoga dapat menjadi kunci pembuka pemahaman kita bersama.

TEKS = dapat di artikan sebagai sebuah wacana yang berarti kumpulan kalimat, ide, dan gagasan dalam bentuk paragraf.

Eksposisi : Cara seseorang untuk menyampaikan pendapat atau ide dan dilengkapi dengan Fakta yang bertujuan untuk meyakinkan orang lain.

Teks Eksposisi juga sering dan biasa muncul dalam media massa baik cetak atau elektronik. Teks eksposisi menjadi sebuah cara untuk menyampaikan sebuaah gagasan atau ide yang berupa essai, tajuk rencana atau sebuah opini kritis.

Skema Teks Eksposisi.

Menulis Teks Eksposisi / halleykawistoro.blogspot.com


Berdasarkan Skema di atas. Tahapan menulis teks eksposisi bisa dipelajari dengan penjelasan dibawah ini.

1. Siapkan ide atau gagasan sebelum menulis
Contoh: Kebersihan sekolahku

2. Menulislah poin penting atau kerangka sebagai dasar menulis.
- keadaan sekolah
- kebersihan sekolah
- kebersihan kelas
- kebersihan selokan sekolah

3. Lengkapilah poin penting dengan opini atau fakta.
Contoh : Keadaan sekolahku sudah cukup bersih dan nyaman untuk dilihat.
            : Kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab semua siswa. Semua bergantian              bahu-membahu menjaga kebersihan sekolah.

4. Kumpulan ide dan gagasan yang telah ditulis akan membentuk paragraf yang padu dan         
    menjadi sebuah Teks Eksposisi.

Hasilnya akan seperti ini :

Contoh Teks Eksposisi yang dikembangkan dari skema di atas.

Kebersihan Sekolahku

Keadaan sekolah ku cukup bersih sebagai tempat kami untuk menerima pembelajaran. Kebersihan sekolah dapat diketahui dengan melihat langsung kondisi yang ada. Mulai dari keadaan kelas yang dibersihkan setiap hari oleh petugas piket yang bertugas dan gotong royong yang dilakukan bersama-sama oleh setiap siswa.

Kebersihan sekolah juga merupakan tanggung jawab setiap siswa. Setelah upacara bendera senin pagi. Sekolah ku sering mengadakan kegiatan rutin operasi semut. Setiap siswa dengan semangat mengambil sampah plastik yang kelihatan di mata mereka. Semua berpartisipasi tanpa merasa terpaksa.

Setelah itu, kelas menjadi tempat bagi kami untuk dibersihkan. Petugas piket kelas merasa bertanggung jawab dengan kebersihan kelas dan dengan sukarela membersihkan kelasnya masing-masing. Semua itu demi kenyamanan dalam belajar.

Poin terakhir yang kami biasa lakukan adalah memeriksa selokan pembuangan air untuk kami bersihkan. Biasanya di akhir pekan kami bersama-sama bergotong royong membersihkan selokan kelas dan saluran lainnya yang ada di sekolah.

Kebersihan sekolahku merupakan tanggung jawab semua siswa tanpa ada unsur paksaan. Kami semua berpartisipasi demi menjaga kebersihan di sekolahku. Mari kita jaga bersama kebersihan sekolah kita masing-masing.

(selesai)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menulis Teks Eksposisi Kelas Delapan SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.