loading...

4 Tanda Siswa Nakal Anda Akan Menjadi Sukses


4 Tanda Siswa Nakal Anda Akan Menjadi Sukses

Salam Hangat Dan Hormat
Salam Pendidikan Indonesia. Bagi rekan-rekan tenaga pendidik tentunya sering menganggap anak nakal sebagai pengganggu dalam proses pembelajaran di kelas. Namun, beriringnya waktu di lima tahun atau sepuluh tahun di masa depan. Anda akan melihat seorang yang sukses dan berhasil dalam kehidupan. Secara sopan sosok itu akan menyapa anda dan memberi salam hormat. Memanggil anda GURU dan berujar Terima Kasih.

Sebenarnya telah disampaikan berulang-ulang bahwa seorang anak itu terlahir baik semua. Tidak ada anak yang nakal. ‘nakal’ dalam dunia pendidikan berhubungan dengan Siswa atau murid mempunyai makna berbeda dalam kehidupan anak tersebut di dalam keluarga. Sekolah sebagai lembaga formal dan ada juga yang non formal membentuk seorang anak untuk menjadikannya berkarakter. Semua itu dimulai dengan pengenalan aturan dimulai dari jam masuk dan pulang. Interaksi dengan teman sebaya dan proses pembelajaran itu sendiri. Terakhir, ditutup dengan menanamkan nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku. Baik itu lokal maupun nasional.

Setelah proses tahapan pembelajaran seorang anak akan mendapat sebuah identitas salah satunya dengan anggapan yang negatif yaitu sesuai dengan tulisan ini “NAKAL”. Tapi, bagi pembaca yang berprofesi sebagai guru jangan putus asa ya. Sudah menjadi Tugas seorang guru untuk membentuk seorang anak dari keadaan tidak tahu menjadi tahu. Setelah itu sebuah tugas berat yaitu menjadikan seorang anak berkarakter sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat baik secara khusus ataupun umum.

Sebuah Pepatah “Nasib Orang Siapa yang tahu” itulah salah satu pepatah lama yang akan teringat di masa depan. Ketika profesi guru menjadi sebuah ujung tombak dalam dunia pendidikan dan dengan bertanggung jawab membekali peserta didiknya. Sehingga di lain waktu, salah satu siswa atau murid yang mendapat merek Nakal ternyata menjadi Seorang Yang sukses.

Berikut ini penulis ingin berbagi pandangan tentang tanda-tanda siswa yang anda anggap Nakal Akan Menjadi Sukses.

4 Tanda Siswa Nakal Jadi Sukses oleh www.halleykawistoro.com


1. Anak Nakal Itu Berani

Hehe... iya dong anak nakal pastinya berani. Malahan pemberani. Pernahkah anda dipanggil “pak...ibu.. guru masuk kelas kami mau belajar” ujar anak nakal. Apakah anda sebagai seorang guru? Pernah mengalaminya. Kalau iya... artinya anak seperti ini bisa jadi salah satu tanda ia akan sukses di kemudian hari. Nakal tentunya berani, itu semua berhubungan. Keberanian yang dimaksud tentunya bukan anak tersebut itu melawan sama guru atau orang tuannya. Anak tersebut  berani mengemukankan pendapatnya, berani mengakui kesalahannya, berani menerima tanggung jawab. Yang semuanya itu dengan hal-hal yang positif. Kalau itu bukan nakal jadinyan ya? Iya itulah terkadang seorang guru dengan mudah melontarkan istilah nakal ketika siswanya melakukan sebuah keberanian yang salah. Sudah tugas guru mengingatkan bahwa ada hal-hal yang lebih sopan dalam bersikap. Anak nakal yang berani apabila di arahkan maka dia akan menjadi salah satu siswa anda yang sukses di Masa depan.

2. Anak Nakal itu cerdas

Cerdas kok bisa disamakan dengan Nakal. Sebagian besar anak nakal yang duduk dibangku di tingkat dasar dan menengah bisa dikategorikan sebagai anak yang cerdas. Dunia pendidikan di negeri ini belum bisa memfasilitasi pembelajaran yang bersifat gerak, pembelajaran workshop atau istilah kata orang luar itu kerean adalah “Learning By Doing” alhasil pembelajaran klasikal dalam kelas menjadi sebuah proses yang membosankan. Keterbatasan seorang anak untuk mengekspresikan dirinya juga sebagai penyebab anak itu dilabelin dengan sebutan Nakal. Kenapa Nakal Itu Cerdas ? cerdas disini kita sederhanakan menjadi sebuah cara berfikir seseorang mengatasi masalah yang dihadapi. Cerdas juga adala bentuk sikap seseorang bila berhadapan dengan masalah. Seorang pendidik terkadang lupa mengidentifikas pekerjaan rumah seorang anak. Apabila ada anak yang anda sebut nakal namun ia mampu menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan di sekolah. Itu juga menjadi Tanda anak tersebut akan menjadi Sukses di masa depan.

3. Anak nakal Itu Aktif

Seorang anak yang berlabel Nakal ternyata banyak menjadi atlit yang berprestasi kemampuan motoriknya memiliki nilai lebih dari anak yang kebanyakkan. Nakal = Aktif. Seorang guru juga harus mampu mengidentifikasi dan menyalurkan kemampuan peserta didiknya dalam hal-hal yang positif. Salah satunya dengan berolahraga atau kegiatan yang berhubungan denga kinestetik atau motorik seorang anak itu sendiri. Anak yang Aktif Akan menjadi sukses dengan cara tepat untuk menyalurkan hobi dan bakat yang dimilikinya.

4. Anak Nakal Itu Berbakat

Seorang anak yang telah mendapat sebutan Nakal di satu waktu menunjukkan bakat nya. Baik itu dalam proses pembelajaran atau penyaluran minat dan bakat. Kesempatan dan momen yang terbatas menyebabkan banyak anak yang dianggap nakal tidak bisa menyalurkan bakat yang dimilkinya. Banyak sekolah konvensional juga kebingungan untuk mengetahui Bakat atau kemampuan anak yang menjadi peserta didik. Nakal = berbakat tentunya sulit untuk di identifikasi langsung. Dibutuhkan Pengamatan yang bertahap mengetahui kenakalan anak tersebut. Tugas guru lagi yang dibutuhkan untuk memberi tahu cara menyalurkan kenakalannya menjadi hal-hal yang positif. Ini juga sebuah Tanda kalau anak didik anda akan menjadi sukses.
Apakah anda sudah membacanya. Itulah 4 Tanda yang bisa anda lihat “seorang anak nakal akan menjadi orang sukses di kemudian hari”. Tugas lain seorang guru adalah memberikan restu dan doa terbaik bagi setiap peserta didiknya. Sehingga, Mungkin banyak siswa yang akan sukses di kemudian hari.
Sebuah keberhasilan dan KESUKSESAN bukan dinilai dari jabatan atau kebahagiaan yang dimilikinya. Sukses adalah cara menyikapi kehidupan dengan cara terus berusaha dan bersyukur. Mari kita sama-sama menjadi seorang pendidik yang bangga bekata “dia Murid Saya” atas kesuksesan peserta didiknya. Kenali ya....siswa anda?

Sekian.

Hormat saya,
Penulis


Halley Kawistoro.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tanda Siswa Nakal Anda Akan Menjadi Sukses"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.