loading...

3 Cara Melatih Imajinasi Siswa Tingkat Dasar Bermain Pantomim Disertai Video Tutorial

3 Cara Melatih Imajinasi Siswa Tingkat Dasar Bermain Pantomim Disertai Video Tutorial

Salam Hangat dan Hormat

Seni peran dan pertunjukan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Selain butuh Bakat. Proses latihan secara kontinuitas dan berkelanjutan sangat menjadi penting. Dalam kehidupan sehari-hari seseorang bisa saja bermain peran dalam aktivitasnya. Namun, akan menjadi sangat berbeda. Jika ia harus tampil di sebuah panggung pertunjukan.

Pantomim adalah salah satu seni pertunjukkan yang mempunyai kompleksitas yang tinggi. Orang dewasa pun susah untuk menguasai teknk dasar dalam bermain pantomim. Seni ini menonjolkan gerak dan ekspresi wajah bagi yang memainkannya. Selain itu, Seorang yang menjadi pemain pantomim harus mampu berimajinasi tinggi. "Khayalan tingkat tinggi" yang berarti. Orang yang berpantomim harus mampu menyampaikan alur cerita dengan pemahamannya dalam gerak dan ekspresi.

Ekspresi seorang pemain pantomim lebih mudah dilakukan dengan dukungan Make UP yang mendukung karakter. berikut ini ada tips yang saya ingin bagikan bagi anda para guru kelas atau siapapun yang ingin melatih anak usia dini atau dasar dalam mengarahkannya dalam berpantomim.

Semua dimulai dengan proses. Seorang pemain pantomim yang handal juga melakukan kegiatan latihannya secara berulang ulang dalam mendapatkan hasil yang sesuai.

Berikut 3 cara melatih Imajinasi Peserta didik.

1. Melatih menggunakan Properti
Pantomim yang berfokus pada gerak dalam menyampaikan cerita. Untuk itu, bagi peserta didik yang ingin dilatih atau anak anda yang ingin bermain pantomim harus terbiasa melatih imajinasinya. Semua dimulai dengan properti/benda-benda yang ada di sekitarnya. Seperti gelas, pena, buku dan lain sebagainya.

Penggambaran gerak pantomim dimulai dengan objek atau properti yang ada dan dapat di implementasikan langsung, Kemudian cobalah perlahan-lahan anda berikan intruksi kepada seorang anak/peserta didik untuk bergerak dan hanya berimajinasi terhadap objek atau kegiatan yang ada di dunia nyata. Contohnya: perintahkan anak didik anda mengambil sebuah objek seperti gelas. Setelah itu. properti yang ada diambil dan anak tersebut mengulangi gerakan tanpa properti.
Lakukan kegiatan tersebut berulang-ulang untuk hasil yang maksimal sampai peserta didik anda menguasai gerak tersebut.

2. Melatih Senam Wajah
Selanjtnya, setelah gerak tubuh. seorang pemain pantomim juga harus mampu meningkatkan tampilan ekspresi wajahnya. Cara yang paling mudah adalah dengan memberi instruksi kepada peserta didik atau anak anda untuk menggerakkan wajah nya sesuai ekspresi yang ia pahami.
Contohnya: suruh ia senyum atau instruksikan kepadanya wajah marah. perubahan yang berulang-ulang dalam senam wajah akan membiasakan peserta didik anda atau anak anda terbiasa. "Bisa alas Biasa" selamat mencoba.

3 Melatih Ekspresi Wajah
Setelah senam wajah anda berikan pada anak atau peserta didik anda. Tahapan selanjutnya adalah dengan. Melatih Ekspresi wajah peserta didik anda.  Cara ini adalah kelanjutan dari poin kedua. Ekspresi banyak sekali macamnya selain dari sedih dan marah. Bisa saja terkejut, tertawa, dan lin sebagainya. Selain itu juga, ada ekspresi dalam kegiatan seperti, saat makan dan minum. jangan pernah takut untuk melatih peserta didik anda. Semoga berhasil yaa.....

Penutup

Berikut ini tutorial yang telah saya bagikan di channel youtube saya. Jika anda menonton dan dianggap bermanfaat. Jangan lupa dengan dukungannya yaa.



Semoga video di atas dapat menambah wawasan dasar anda dalam melatih peserta didik anda bermain pantomim.

Hormat Saya,


Penulis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Melatih Imajinasi Siswa Tingkat Dasar Bermain Pantomim Disertai Video Tutorial"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.