loading...

5 Cara Menjaga Perasaan Orangtua Disaat Mereka Lanjut Usia


5 cara menjaga perasaan orangtua Disaat Mereka Lanjut Usia

Salam Hangat dan Hormat

Indonesia sebagai salah satu atau sebuah negara yang memiliki nilai budaya yang luhur. Sebagai bangsa Timur. Indonesia telah membentuk manusia yang memiliki karakter tinggi. Apakah itu? Itu adalah, bahwa setiap orang menjunjung tinggi budaya. Salah satunya adalah penghormatan terhadap Orang Tua.

Sebagai seorang manusia dan mendapat peran seorang anak. Kita harus banyak berterima kasih dan bersyukur. Untuk apa? Sebagai bentuk ucapan terima kasih. Kita besar dan tumbuh menjadi dewasa karena kasih sayang kedua orang tua. Apalagi jika anda mendapat kesempatan Bersama para orang tua di antara kesibukkan masing masing di hari-hari tua mereka.

Lanjut usia atau biasa disingkat Lansia. Merupakan sebuah keadaan penggambaran waktu yang terus dan pasti kita alami. Perlahan-lahan tubuh tak sekuat dulu. Perlahan-lahan rambut pun memutih. Kulit mengerut, matapun kabur. Tubuh kita yang gagah mulai melemah.

Saat Orang tua diberi kesehatan dan umur Panjang memasuki usia lansia. Saat itulah seorang anak atau anggota keluarga lain sangat dibutuhkan untuk hadir. Walaupun hanya untuk bercengkrama. Apapun itu, sebuah penghormatan terhadap orang tua saat mereka menua kita hadir bersamanya.
5 Cara Menjaga Perasaan Orang Tua oleh halleykawistoro.com


Banyak cara diantaranya 5 cara menjaga Orang tua yang silahkan anda baca dan pahami.
1.Tidak membentak
Cara pertama ini, adalah sebuah bentuk rasa sesal. Sebuah rasa yang harus menjadi pedoman bagi setiap anak. Saat orang tua menjadi Lansia dan menua. Hati mereka menjadi lebih peka terhadap apapun. Selayaknya jika menjadi seorang anak. Gunakanlah suara lembut dalam berkomunikasi. Rasa sesal harus kita munculkan. Terkadang kita lupa saat diantara orang tua kita MEMBENTAK. Menggunakan suara yang tinggi saat Bersama mereka. Masuk dalam kategori membentak. Maka dari itu, apapun yang terjadi. Rendahkanlah intonasi suara anda. Apapun keadaan yang terjadi. Jangan sampai orang yang lansia merasa dirinya dibentak.

Lembutkan suara untuk melembutkan hati anda. Jaga perasaan mereka yang telah lanjut usia. Siapapun orang nya. Apalagi orang tua anda sendiri.

2.Tidak Mengeluh
Cara yang kedua ini merupakan sebuah proses yang kita dapatkan dalam kehidupan. Banyak hal yang dapat kita pelajari atas masalah-masalah dalam kehidupan. Salah satunya melatih diri untuk tidak mengeluh.

Saat kita Bersama orang tua. Ceritakanlah selalu tentang kebahagiaan dan senang. Jangan bagikan mereka keluhan, unek unek ataupun curahan hati yang malah membuat pikiran orang tua menjadi sedih. Sedewasapun kita, sekaya apapun anda, sehebat pun diri. Ketika anda mengeluh kepada orang tua. Mereka selalu menganggap anda adalah seorang anak yang sama seperti dahulu saat diri kita berada di pangkuan mereka. Kasih Orang tua sepanjang masa. Kasih anak sepanjang galah. Mari kita Bersama membahagiakan orang tua tanpa pernah mengeluh.

3.Tidak Membandingkan
Cara ketiga ini adalah sebuah keadaan ketika kita menjadi pribadi yang ikhlas dan dewasa. Setelah hidup kita banyak bersyukur dan tanpa mengeluh. Jadikan diri sebagai manusia yang tidak iri dan cemburu terhadap keadaan hidup.

Saat Bersama orang tua. Belajarlah untuk tidak membandingkan apa yang telah dilakukan orang tua terhadap kehidupan. Membandingkan diri dengan saudara, keluarga dan siapapun. Jadilah pribadi yang terus bersyukur. Sehingga akan menghilangkan rasa iri dan menjadi pribadi yang tidak pernah membandingkan diri terhadap apapun. Sehingga orang tua anda akan bahagia atas apa yang telah kita lakukan dalam kehidupan mereka saat telah lanjut usia.

4. Tidak Meminta
Cara keempat ini adalah menjadi dewasa. Mampu berjuang melawan kerasnya kehidupan. Setiap insan manusia mengalami hal-hal yang berbeda. Saat orang tua kita telah lansia. Cobalah untuk tidak Meminta apapun darinya lagi.

Apapun keadaan kita. Cobalah untuk tidak meminta. Karena sebagai orang tua. Mereka akan sangat peka. Tanpa diminta. Siapapun orang tua pasti akan memberi. Apalagi jika anda sudah mampu untuk memberi, jangan pernah meminta kembali. Saat anda mampu memberi artinya anda adalah seorang anak yang telah mengalami kemajuan dan unggul. Terus lah berjuang sebagai seorang anak.

5. Tidak Menyesal
Cara kelima ini menjadikan diri kita sebagai seorang manusia yang bersyukur menjadi seorang anak. Tidak Menyesal artinya anda adalah anak yang mencintai orang tua dan mengasihi mereka. Jangan jadikan asal usul anda dan masa lalu sebagai rasa sesal atas keadaan yang terjadi.

Apapun keadaannya jangan sakiti orang tua anda dengan kata menyesali kehidupan ini. Oarang tua akan sangat sedih dengan kata-kata sesal dari seorang anak. Tunjukkan rasa bangga dan tampilkan senyum terbaik. Kita adalah anak yang bangga terhadap kedua orang tua. Cobalah!

Penutup
Semoga kelima cara di atas kita rangkum sebagai bentuk penghormatan kepada kedua orang tua di hari-hari tua mereka. Berikan selalu kebahagiaan dengan perhatian-perhatian kecil. Tanyakan kabar dan keadaan mereka. Berikan semangat tentang kehidupan karena kita sebagai seorang anak juga menyayangi mereka berdua di hari tuanya.

Selamat mencoba dan berikan kebahagiaan kepada mereka berdua, Orang tua anda.

Hormat Saya,

Penulis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menjaga Perasaan Orangtua Disaat Mereka Lanjut Usia"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.