Jenis-Jenis Puisi Lama Dan Pengertiannya Bagian Pertama


Jenis-jenis Puisi Lama dan Pengertiannya Bagian Pertama

Salam Hangat Dan Hormat

Puisi lama di Indonesia merupakan sebuah warisan budaya yang harus dijaga. Puisi lama merupakan bentuk tutur lisan yang memiliki kriteria tertentu. Selain itu juga puisi lama banyak macam dan jenisnya.

Puisi lama biasanya memiliki tema. Di dalamnya juga terdapat amanat atau pesan untuk pembacanya. Rima yang memiliki makna persamaan bunyi di akhir puisi lama dan irama yang merupakan sebuah kesatuan dalam bentuk bunyi bunyi yang dikeluarkan.

Puisi lama juga memiliki majas dan gaya Bahasa sebagai pembentuk dan memberi efek keindahan serta mampu mengeluarkan ekspresi pembacanya. Ada juga diksi sebagai pilihan kata dalam pembentukan puisi lama. Akhirnya, sebuah gambaran untuk melihat bentuk puisi lama.

Selanjutnya setelah penjelasan di atas. Silahkan baca jenis jenis puisi lama yang ada untuk kita pahami Bersama:
Mantra
Mantra merupakan sebuah puisi lama yang memiliki ciri-ciri berirama abc,abc abcd, abcd dan abcde abcde. Biasanya dilisankan dan bersifat magic. Mantra juga dalam bentuk lisan biasanya mengalami perulangan. Majas metafora merupakan unsur yang sangat diperlukan dalam mantra. Biasanya juga ada Bahasa tertentu sesuai dengan Bahasa ibu penutur mantra.
Contohnya:
Jailangkung, jailangse
datang tak dijemput pulang tak diantar.
Jailangkung jailingse
Datang tak dijemput pulang tak diantar
Datang lah, datanglah, datanglah.
Mantra di atas merupakan Bahasa tutur dalam permainan tradisional yang sering digunakan oleh banyak orang yang ingin memainkan permainan tersebut. Jangan dicoba dimainkan ya berbahaya.

BIDAL
Bidal merupakan bentuk dari bentuk puisi lama yang mengutamakan kebebasan dalam lisan dan tutur pelisannya. Selain itu bidal memiliki banyak kategori antara lain sebagai berikut; a. kiasan atau ungkapan yang betujuan dan bermaksud menyampaikan sesuatu contonya: buah hati yang berarti anak yang dilahirkan atau anak yang disayangi. B Pribahasa atau perumpamaan yang berarti ungkapan peristiwa atau keadaan memiliki makna tertentu dalam dunia nyata. Contohnya: harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meniggalkan nama. C. Tamsil yang bermakna hamper sama dengan pribahasa bisanya menggunakan kata ibarat. Contohnya ibarat katak merindukan putri raja. D. pepatah juga masuk dalam ketegori pribahasa contohnya: malu bertanya sesat di jalan. E. Pameo yang berarti ucapan untuk mengolok-olok atau menjelekkan diri sendiri. Contonhya: orang gemuk berternak lemak. Yang berarti seseorang yang gemuk atau gendut biasanya memiliki lemak yang banyak. F Kisah yang berarti jenis dari puisi atau sastra lama yang berisi tentang perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain. Contohnya: perjalanan gajah mada ke bumi sriwijaya. Kisah jenderal Cheng ho.

Pada Bagian pertama diatas adalah jenis jenis dan pengertia dari puisi lama. Selanjutnya akan dibahas di lain waktu dan kesempatan. Semoga bermanfaat selamat berliterasi. Marilah kita menjaga kebudayaan dan sastra lama yang ada sebagai bentuk kearifan local negri Indonesia.
Hormat saya

Penulis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Puisi Lama Dan Pengertiannya Bagian Pertama"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.