6 Ide Kegiatan Sekolah Jelang Agustusan

6 Ide Kegiatan Sekolah Jelang Agustusan

Salam Hangat dan Hormat

Saat bulan agustus tiba. Masyarakat Indonesia suka cita menyambutnya. Bulan agustus bertepatan dengan tanggal 17 diperingati sebagai Kemerdekaan negara Republik Indonesia. catatan sejarah ditandai dengan proklamasi yang dilakukan oleh Dwitunggal Soekarno-Hatta.

Setelah ratusan tahun bangsa ini terjajah. pada tanggal 17 agustus 1945 sebagai pijakan pertama untuk sebuah kata "MERDEKA". Kata Merdeka menjadi sangat sakral dan sering diguakan sebagai penyemangat bagi rakyat, kalangan, dan golongan untuk membakar semangat kecintaan terhadap tanah air Republik Indonesia.

Dunia pendidikan tentu juga akrab dengan event-event untuk menyambut hari kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di Sekolah. berikut ini adalah Ide atau kegiatan yang biasa dilakukan Pihak sekolah dalam menyambut Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Monumen Proklamasi


Kegiatan yang bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Mengadakan Upacara Bendera memperingati Kemerdekaan.
sekolah identik dengan peringatan upacara pengibaran bendera. Tujuan Utama kegiatan upacara adalah sebagai sebuah cara dari pihak sekolah untuk mendidik siswa mencintai dan mengingat jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

2. Mengadakan Perlombaan antar kelas, siswa dan guru.
Sekolah juga sering mengadakan kegiatan perlombaan yang bertujuan untuk menanamkan rasa kebersamaan dan saling memiliki satu sama lain sebagai sebuah bangsa, negara, masyarakat, dan lingkungan sekolah itu sendiri. Perlombaan yang sering di adakan adalah; lomba makan kerupuk dan tarik tambang.

3.Mengadakan lomba kebersihan kelas.
Kegiatan ini juga biasanya bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar siswa dan menanamkan rasa memiliki satu sama lain berdasarkan keadaan yang terjadi di sekolah atau instansi. 'kebersihan sebagian dari iman' sebagai sebuah pesan untuk siswa mengenang kambali pahlawan Indonesia yang membersihkan para penjajah di negeri yang kita cintai ini.

4. Mengikuti Pawai Pembangunan
Kegiatan Pawai pembangunan masih sering dilakukan di banyak daerah. Kegiatan tersebut juga memiliki manfaat besar sebagai bentuk kegembiraan dan partisipasi dalam menyambut kemedekaan. Biasanya juga di iringi dengan baris berbaris yang diperlombakan.

5. Mengadakan Pensi Kemerdekaan
Kegiatan ini bisa saja di adakan oleh pihak sekolah sebagai cara mencintai bangsa ini dengan kegiatan seni. Pensi juga dapat menjadi cara mencintai negeri. mengadakan lomba menyanyi lagu nasional dan penampilan seni lainnya.

6. Mengadakan Kegiatan Literasi
Kegiatan ini bisa juga menjadi sebuah pilihan dalam kegiatan sekolah menyambut kemerdekaan. contohnya: Membacakan Puisi bertema kemerdekaan atau mengadakan perlombaan lainnya yang disetujui Kepsek dan dewan guru.

Itulah 6 Ide Kegiatan Sekolah Jelang Agustusan. Hal di atas juga menjadi sebuah rasa bagi setiap guru yang mengisi kemerdekaan dengan pekerjaan. Sehingga terpupuk semangat untuk terus mengabdi kepada negeri di jalur pendidikan. Semoga apa yang tertulis dan ide-ide kegiatan lainnya dapat muncul serta mendapatkan solusi dan disetujui semua pihak yang ada di sekolah.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Ide Kegiatan Sekolah Jelang Agustusan"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.