Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Lulus Daring Online PPG Sertifikasi Guru

Cara Lulus Daring Online PPG Sertifikasi Guru

Salam hangat dan hormat

Sertifikasi guru merupakan sebuah titik dimana seorang guru dianggap profesional. Lambat laun tapi pasti mekanisme yang ditempuh oleh seorang guru untuk mendapatkan gelar profesional semakin tidak mudah.

Salah satu tahapan setelah seorang guru mendapatkan hasil yang cukup pada ujian kompetensi guru akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya pada program PPGJ guru. Tahapan tersebut adalah proses Daring Online.

Berdasarkan pengalaman pribadi ada beberapa hal yang harus dilakukan seorang guru untuk berhasil mengikuti Daring Online PPG dengan penjelasan yang dapat anda pahami dengan mudah.

1. Guru Mampu mengakses Situs RISTEKDIKTI
Tahapan pertama setelah seorang guru dinyatakan berhak mengikuti PPG adalah guru akan diberikan User dan pasword yang dapat digunakan untuk mengakses situs dalam kegiatan pembelajaran Daring Online di https://ppgspada.brightspace.com/d2l/login.

Perhatikan Gambar Di bawah ini :
Tampilan Situs Daring PPG online


Tahapan ini tentunya menuntut seorang guru yang kurang melek IT harus membiasakan dirinya untuk berhubungan langsung dengan situs tersebut dan mengetahui Menu yang ada di dalamnya. Setelah anda berhasil masuk coba klik menu yang ada di atas sebagai cara untuk menambah wawasan anda selama akan mengikuti Daring PPG Online.

2. Guru Harus Mampu Daring dengan Jumlah Jam Tertentu.
Penilaian dalam Daring Online PPG adalah jumlah jam seorang guru selama mengikuti pembelajaran Online. Dalam PPG ada ketentuan untuk memenuhi jumlah jam yang bertujuan memenuhi capaian SKS Daring Online. Jadi Seorang guru yang mengikuti daring seharusnya melakukan daring Kurang Lebih 4 jam Satu hari dengan mengerjakan modul yang telah disediakan.

3. Guru Menuntaskan semua Tugas dalam Pembelajaran Daring Online.
Kembali ke awal. Kegiatan Daring Online merupakan kegiatan pembelajaran dengan modul yang tersaji baik berupa teks maupun Video yang menjadi meteri pembelajaran daring. Selanjutnya, Guru tersebut mampu melihat menu dalam situs daring untuk mengetahui apakah tugas yang ada telah diselesaikan dengan baik.
Guru Dapat mengetahui apakah tugas telah diselesaikan dengan melihat menu pada content modul. setelah anda mendapatkan centang check list. artinya anda seorang guru yang telah mengikuiti pembelajaran daring Online dengan baik.
Guru juga dapat menukar informasi dan belajar dengan bertanya pada instruktur atau dosen dan admin Daring Online. Selain itu juga rekan sejawat dapat menjadi sumber Informasi bagi kita yang masih belum terampil dalam kegiatan online.

4. Guru Mengerjakan Tugas dengan Tenggat waktu tertentu.
Selama kegiatan Daring Online yang harus diperhatikan adalah jangka waktu untuk guru dalam melaksanakan atau menyelesaikan tugas yang diberikan. Biasanya, tugas daring memiliki jangka 1-3 hari di setiap materi yang ada atau diberikan oleh Instruktur.
Ketika sampai batas waktu tertentu tugas belum dikirim atau diselesaikan Itu berarti ada kemungkinan mempengaruhi tingkat keberhasilan Daring anda.

5. Guru memahami modul yang dipelajari dalam Kegiatan Daring Online.
Secara umum selama Daring Online seorang guru akan mempelajari Tiga Modul Utama yaitu
Pedagogik, profesional, dan Pembelajaran RPP. dalam modul tersebut guru akan menyelesaikan Tugas-Tugas di antaranya: Forum Diskusi, Tes Formatif dan Tes Sumatif. Selain itu ada kegiatan pembelajaran dengan Video Confrence dimana seorang guru akan dapat menerima pembelajaran dan mengikuti pembelajaran dengan interaksi langsung pada Instruktur dan Dosen yang mengampu materi yang di ajarkan.

Itulah Tahapan Cara yang bisa anda coba bagi para guru yang mengikuti kegiatan PPG dengan sistem Pembelajaran Daring Online. Semoga bagi anda yang saat ini menjalani diberi kemudahan. sedangkan, bagi anda yang belum kebagian kesempatan jangan menyerah dan cari referensi sehingga anda suatu saat dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan berhasil lulus menjadi Guru Profesional. Sekian dari saya dan terima kasih.

Silahan komentar dan kita diskusikan bersama tentang proses kegiatan PPG tahap 3 ini.

Hormat saya,

Admin



Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Cara Lulus Daring Online PPG Sertifikasi Guru"