loading...

Filosofi Aturan Dan Lomba Panjat Pinang Hari Kemerdekaan

Filosofi Aturan Dan Lomba Panjat Pinang Hari Kemerdekaan

Panjat Pinang


Salam Hangat Dan Hormat

Merdeka kita teriakkan menyambut hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 agustus. Tahukah anda bahwa kita sering mengidentikkan kemerdekaan dengan Lomba Panjat Pinang. Sebelum kita bahas hal tersebut ada baiknya kita mencari tahu dulu apa itu Pinang? Pinang merupakan tumbuhan yang masuk dalam jenis tumbuhan berkeping satu. merupakan Tumbuhan yang memiliki nama lain betel palm, bisa juga betel nut bahasa yang berasal  dari negara Inggris. Pohon pinang juga memiliki bahasa latin Areca Catehu.

Ada persamaan antara pohon pinang dan pohon kelapa yaitu dibudidayakan melalui buahnya. untuk Indonesia sendiri pohon pinang dikenal dengan buahnya yang digunakan sebagai budaya yang telah ada sejak dahulu. budaya yang dimaksud adalah mengunyah buah pinang. Kebudayaan itu juga ada di negara lain seperti di India atau maladewa.

Selain itu juga, Buah pinang memiliki banyak manfaat sebagai berikut:
1. Untuk mengobati Cacingan
2. sebagai penambah stamina
3. sebagai obat untuk mengecilkan perut
4. sebagai obat penyakit kulit
5. sebagai untuk mengobati mata yang rabun.

manfaat di atas merupakan beberapa dari manfaat lainnya. selain itu buah pinang menjadi sebuah komoditi yang nilai jualnya stabil. keren ya. Pohon pinang biasanya mulai berbuah di usia empat tahun. namun, ada juga yang berbuah sebelum 4 tahun sesuai dengan perkembangan dunia Pertanian. Selain itu, pohon pinang bisa terus berbuah sampai usia puluhan tahun.

Indonesia sebagai negeri yang subur banyak ditumbuhi beragam jenis pinang. setelah pohon nya sudah mencapai tinggi 8-10 meter. Biasanya di momen kemerdekaan, pohon pinang akan dijadikan sebagai pohon dalam perlombaan yang dikenal sebagai PANJAT PINANG.

Aturan dalam lomba panjat pinang:
1. Peserta membentuk kelompok
2. jumlah kelompok ditentukan dengan tinggi pohon pinang
3. setiap kelompok memiliki durasi tertentu dalam memanjat
4. Setiap kelompok yang berhasil berhak memilih jumlah hadiah untuk diturunkan.
5. Apabila sampai waktunya belum ada yang berhasil di puncak. semua kelompok akan disatukan menjadi satu kelompok besar.

berdasarkan gambaran di atas. Lomba panja pinang bisa kita analogikan sebagai bentuk kerjasama yang biasa kita lakukan sebagai orang indonesia. bentul lain gotong royong dan kerjasama. bisa juga,  mengajarkan tentang saling tolong menolong antara satu dan lainnya.

Panjat pinang juga mengajarkan kita tentang menempatkan diri sesuai porsinya masing-masing. badan yang besar diletakkan di bawah. sedangkan yang memiliki kemampuan memanjat dan tubuhnya lebih kecil berpeluang ada diatas. dalam lomba panjat pinang bukan soal menang kalah. Tetapi kita diajarkan bagaimana untuk sampai pada tujuan bersama-sama.

Semoga bacaan di atas dapat memberi manfaat dan kita sebagai bangsa yang bangga terhadap kebudayaannya.

hormat Saya

Admin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Filosofi Aturan Dan Lomba Panjat Pinang Hari Kemerdekaan"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.