loading...

3 Tiga Kata Melembutkan Hati Manusia Yang Sombong

3 Tiga Kata Melembutkan Hati Manusia Yang Sombong


Salam Hangat dan Hormat



Sombong, Angkuh, Tinggi hati, Keras hati dan Istilah lainnya merupakan sebuah sebutan yang berasal dari penilaian manusia ke manusia lainnya. Banyak hal lainnya yang menyebabkan istilah-istilah tersebut disematkan kepada pribadi manusia atau orang lain. Sebuah pemahaman tentang istilah tersebut adalah negatif. Nilainnya berupa Keburukan.


Sombong adalah sebuah sifat atau karakter manusia dalam artian negatif yang disebabkan dengan sebuah rasa dan merasa bahwa sosoknya lebih baik dari orang lain. Tidak hanya itu, Manusia dengan label sombong sering kali ditempeli dengan label lainnya seperti yang tertulis di atas yaitu : Angkuh, Tinggi hati dan keras hati.

Sombong akan mengarahkan manusia menjadi angkuh dengan kata lain manusia tersebut akan menjadi manusia yang tidak mau menerima pendapat, saran dan masukan dari manusia lainnya. Angkuh juga lahir dari kesombongan yang tinggi bahwa dirinya sangata berharga dan penting dalam kehidupan ini. Orang lain dan manusia lainnya tidak lebih baik dari dirinya.

Tinggi hati dan keras hati sebuah pasangan kata yang cocok dengan istilah sombong. Sebutan lain dari kata sombong ini sebagai tanda pelengkap manusia tersebut sudah di wilayah yang rawan dalam kehidupan. Efek yang ditimbulkan dari interaksi sosial dengan sesama manusia. Banyak orang yang telah merasakan interaksi sosial dari manusia yang sombong sehingg banyak labelnya termasuk Tinggi hati dan Keras Hati. Semoga kita terhindar dari istilah negatif Tersebut.
3 Tiga Kata Melembutkan Hati Manusia Yang Sombong


Ada 3 Kata Yang Bisa Melembutkan Hati Manusia

Tiga kata yang penulis maksud adalah Tiga kata yang biasa keluar dari mulut kita pada keadaan dan momen  momen tertentu.

1. Kata "MAAF"

"MAAF" Sebagai kata pilihan yang pertama kali sering muncul dari seseorang setelah akibat dari perbuatan dan sebagai kata yang dikeluarkan untuk mengkoreksi dirinya sendiri atau sebagai bahan untuk Instrospeksi Diri. Selain itu juga, Kata Maaf sebagai cara untuk melembutkan Hati. Kenapa? iya karena orang yang berani mengeluarkan kata maaf pastinya ia juga tahu sebab akibat dari kata yang dikeluarkannya tersebut.

Maaf sebagai tanda manusia ingin menyelesaikan suatu persoalan, Mengetahui Titik Persoalan dan Tidak membicarakan masalah benar dan salah. Kata Maaf juga bisa menjadi sebuah solusi terakhir untuk mencapai titik temu dari persoalan interaksi sosial yang menyebabkan pribadi antar pribadi. maupun Pribadi antar orang banyak.

Akibat dari kata Maaf yang dikeluarkan oleh manusia juga bisa berdampak buruk jika sebuah persoalan tersebut bernilai besar atau melibatkan hal-hal yang penting. Kata Maaf bahkan bisa mencelakakan diri bila berhadapan dengan manusia yang tak tahu diri. BIsa menjadi pembenaran atas sebuah kesalahan dah bahkan kesalahan yang belum tentu dilakukan seorang yang berkata maaf.

Misalnya : Ada seseorang yang berjalan di toko pecah pelah. Tanpa angin dan hujan ada barang jatuh dan pecah. Penjaga toko pun mendekati. Tanpa sadar orang yang lewat tersebut bilang "maaf" alhasil orang tersebut akan menerima dampak yang tidak baik. Bisa saja ia dituduh sengaja memecahkan barang tersebut.

Contoh permasalahan tersebut gambaran sederhana dampak dari kata "maaf". Kebiasaan seseorang untuk berkata maaf pun menjadi hal yang luar biasa jika disikapi dengan instrospeksi diri dan tidak mengulangi atau menyadari semua dampak yang akan terjadi di kemudian hari.

Orang atau manusia yang berujar maaf pastinya bukan pribadi yang sombong. Ia menyadari dampak dari kata maaf yang dikeluarkannya akan berdampak hinaan dan anggapan buruk. 

Berkata Maaf adalah ciri manusia atau orang yang memasuki tingkatan sebagai makhluk sosial yang mengerti satu sama lainnya. memahami setiap peristiwa dan sebuah kebiasaan yang ia tahu bahwa dirinya hanyalah manusia biasa yang punya Khilaf dan Salah.

Jangan Takut dan berani berkata MAAF sebagai tanda hati anda lembut dan bukan sebagai manusia yang sombong dengan keadaan dan apa yang dimiliki.

2. Kata "TOLONG"

Kata berikut ini merupakan sebuah kata yang punya simbol besar bagi interaksi manusia. Kata Tolong akan muncul dari akibat keadaan manusia yang tahu dengan keterbatasan yang dimilikinya. Selain itu kata Tersebut bisa melembutkan hati manusia.

Tolong biasa diucapkan oleh manusia yang sadar akan keterbatasannya dan tahu ia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Perjalanan kehidupan dari masa lalu sangat ia hargai. Setiap momen dirinya dalam keadaan terburuk maupun terpuruk ia pahami dengan banyaknya kata Tolong yang ia lontarkan.

Orang atau manusia yang berujar Tolong akan menjadikan ia pribadi yang bersahaja. jika penempatan kata Tolong tersebut sebagai cara untuk berinteraksi maka nilai seseorang yang melontarkannya akan naik dan bernilai. Sebaliknya jika kata Tolong digunakan kala keadaan terendah maka orang tersebut akan mendapatkan nilai dari orang yang berinteraksi dengannya apakah baik atau buruk tergantung dari keadaan yang bisa dibantu oleh orang lain tersebut.

Dengan demikian Kata TOLONG adalah sebuah keadaan manusia atau orang yang menyadari situasi terkait dirinya. Sejatinya kata TOLONG menjadi tanda manusia yang tidak sombong apalagi angkuh. Ia sadar keadaan dirinya.

3. Kata "Terima Kasih"

Kata Berikut ini sebuah kata yang menjadi kebiasaan manusia atau orang yang punya nilai diri yang tinggi. Tahapan ini seseorang menyadari pentingnya orang lain yang telah membantu atau menolongnya. Kata Terima kasih pun sebagai simbol sebuah penghargaan dari Interaksi sesama manusia.

Terima Kasih Juga merupakan sebuah kata yang menjadi akhir dari interaksi. Melalui pembiasaan orang akan  biasa mengucpkan kata tersebut sebagai pengakuan ketidak berdayaannya yang mengartikan orang ini bukan pribadi yang sombong.

Terima kasih sebagai sebuah kata penutup dan bisa berdampak positif dalam interaksi kita sesama manusia. membiasakan diri untuk berucap kata tersebut menjadikan hati kita tidak sombong, mampu melembutkan hati.

Semoga apa yang penulis tulis bermanfaat dan menjadikan diri sebagai manusia yang tidak sombong dan rendah hati.

Kehidupan itu kita miliki bersama sama. Bukan milik kita sendiri.

Hormat Saya,


Penulis.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tiga Kata Melembutkan Hati Manusia Yang Sombong"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.