loading...

Cara Lulus UP Uji Pengetahuan PPG Disertai Videonya

Cara Lulus UP Uji Pengetahuan PPG Disertai Videonya

Salam Hangat dan hormat.


Informasi ini merupakan cara saya selaku penulis berbagi pengalaman berhubungan dengan UP Ujian Pengetahuan pada PPG Pendidikan Profesi guru. Saya merupakan Peserta PPG guru mata pelajaran Bahasa Indonesia Angkatan 3 di LPTK Universitas PGRI Palembang.

Alhamdullilah saya dinyatakan lulus Ujian UP tersebut. Memang Ujian UP menjadi Momok yang menakutkan bagi anda yang menjadi peserta PPG. Ada anggapan negatif bahwa kelulusan PPG hanya ditentukan melalui UP Uji pengetahuan. Sebaliknya, jika kita memandang dari positif. Peserta PPG sebenarnya telah melewati tahapan-tahapan yang tidak mudah. Dimulai dari Pretest, selanjutnya Kuliah Daring, Lokakarya, PPL dan terakhir adalah UP.

Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Namun jika anda berkenan Tonton Video dibawah ini:



Baiklah, Tiga hal yang ingin saya sampaikan kepada anda yang akan mengikuti Ujian UP PPG.

1. Mempersiapkan DIRI
Proses PPG yang telah kita jalani dengan sungguh-sungguh merupakan modal pertama kita semua untuk Lulus UP. Selanjutnya saat pelaksanaan yang kita butuhkan adalah persiapan yang berhubungan dengan mental dan psikologi. Kenapa? Peserta PPG akan mengalami sebuah tekanan besar dan ketakutan ia tidak akan LULUS. Mindset itu alami muncul saat pelaksanaan Ujian Pengetahuan.

Selain itu kelelahan juga menjadi faktor yang harus segera di atasi. Kelelahan yang saya maksud adalah beban pikiran terhadap banyak hal. Mulai dari memikirkan keluarga di rumah, pekerjaan yang ditinggalkan dan banyak hal lainnya yang mempengaruhi dan menjadi beban pikiran kita saat ujian digelar. 

Persiapan Utama adalah dengan rela dan pasrah atas apa yang akan terjadi. Kondisikan diri dengan senyaman mungkin ketika akan ujian. Kita juga harus menjadi pribadi yang fokus saat ujian. Jangan sampai hal di luar sana mempengaruhi saat kita akan menjawab ujian nanti. 

Intinya tenang dan yakin akan kemampuan diri dan proses yang telah dijalani. Anda PASTI LULUS.

2. Manajemen Waktu dalam menjawab soal.

Trik ini saya anggap penting dan berguna bagi anda ketika pelaksanaan UP PPG nanti. Kenapa? Trik ini memang saya telah terapkan dan syukur saya lulus. Saya tidak mengejar angka tinggi dalam UJIAN Pengetahuan. Saya hanya mengejar kata "LULUS" artinya target nilai maksimal harus kita yakini dengan jawaban-jawaban tang kita pilih.

Sedikit mengulang cerita Saat Ujian UP digelar. Saya mulai dengan Log in. Selanjutnya saya amati layar monitor sesuai dengan instruksi pengawas. Memahami cara klik jawaban dan menu menu yang ada dalam monitor. 
Segera saya mulai membuka soal. soal Pertama sampai delapan telah saya kerjakan dalam waktu terbilang lambat. 20 menit hanya 8 soal yang bisa saya jawab. Alhasil saya mencari soal yang berhubungan dengan bidang studi saya.

Soal tersebut masuk dalam kategori Pedagogik dan Perofesional. Dua Sub Materi tersebut menjadi penting sebagai tolak ukur dalam  kegiatan yang dijalani dalam PPG. Berhubungan dengan RPP dan Materi pembelajaran.

Selanjutnya saya memilih untuk mengerjakan soal dari Nomor Terakhir yaitu nomor Seratus. Sayapun Bergegas menjawab Soal Satu demi satu. Alhamdullilah. hanya dalam waktu kurang lebih 130 menit atau dua jam lebih saya selesai menjawab soal. Saya menjawab soal dengan sekali baca. Jika tidak tahu atau ragu saya lewatkan dan menjawabnya nanti.

Semoga cerita dan video yang anda tonton memberi manfaat bagi anda semuanya. Salam sukses dan jayalah pendidikan Indonesia.

Hormat Saya,

Penulis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Lulus UP Uji Pengetahuan PPG Disertai Videonya"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.