loading...

Manfaat Kemah Pramuka Bagi Anak Menjadi Pribadi Mandiri

Manfaat Kemah Pramuka Bagi Anak Menjadi Pribadi Mandiri

Salam Hangat dan Hormat

Salam Pramuka prok..prok..prok. Pramuka yang di Indonesia menjadi Kegiatan Ekstrakurikuler di Indonesia yang diwajibkan bagi peserta didik tingkat Dasar. Ternyata memilki peran dan manfaat bagi peserta didik atau bagi anak-anak yang mengikutinya. Pramuka merupakan singkatan dari Praja muda Karana sebuah bentuk dari Gerakan kepanduan yang kita kenal bersama.

Salah Satu kegiatan yang dekat dengan pramuka dan bisa disebut identik. Menjadikan Pramuka sebagai kegiatan yang berhubungan dengan Kemah atau camping. Poin ini menjadi penting dan memiliki nilai manfaat bagi peserta didik yang mengikutinya. 



Manfaat Kemah

Melalui kegiatan Kemah anak-anak atau peserta didik akan menjadi pribadi yang Mandiri. Setelah proses kegiatan di sekolah. Kegiatan Kemah merupakan Aplikasi dari proses kegiatan atau kemahiran yang akan ditampilkan dalam berkemah.

Berkemah adalah kegiatan dan aktivitas diluar rumah dan dilakukan dalam alam terbuka. Saat kegiatan berkemah dilakukan banyak kegiatan nantinya ditampilkan. Selain itu, biasanya akan diadakan perlombaan antar regu dengan tujuan berkompetisi menunjukkan keahlian dan keterampilan yang semuanya bermuara pada Pramuka itu sendiri.

Kegiatan berkemah juga muncul dari kegiatan dalam pramuka yang disebut Jambore. Jambore atau Pertemuan antara kelompok pramuka yang biasanya dan rutin di adakan oleh Kwartir gerakan pramukan dalam bentuk berkemah terdapat banyak perlombaan dan kompetisi yang semuanya itu guna melihat dan menyalurkan keterampilan peserta pramuka yang telah dimiliki sebelumnya selama proses kegiatan pramuka di sekolah.

Manfaat Kemah Bagi anak menjadi mandiri ada beberapa poin menurut pengamatan penulis.

1. Anak akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
Selama proses berkemah seorang anak akan mendapatkan tanggung jawab dalam kelompok atau regunya. Aplikasi yang muncul dalam tanggung jawab tersebut pastinya berdampak pada regu dan dirinya sendiri. Penugasan yang masih dalam pengawasan pelatih atau pendamping "guru" akan menjadikan anak mengasah sikap bertanggung jawab. Kemampuan anak tersebut dalam menyelesaikan atau siap dengan amanah yang di emban akan bermuara pada menjadikan anak menjadi pribadi Yang Mandiri.

2. Anak Akan menjadi pribadi yang disiplin
Selama berkemah anak juga akan memiliki rundown acara. Setiap rangkaian acara akan menjadikan anak teratur dalam berkegiatan selama berkemah di dalam pramuka. Melalui kegiatan yang padat dan terus berjalan selama berkemah. Disiplin seorang anak yang dimulai dengan kebiasaan-kebiasaan yang dibentuk dalam pramuka akan menanamkan kedisiplinan anak atau peserta didik yang berkemah.

3. Anak akan menjadi Pribadi yang cakap dalam bersosialisasi
Kegiatan berkemah yang penuh dengan giat dan perlombaan tentunya bukan hal yang ditakuti oleh peserta pramuka. Melainkan menjadikan anak akan terus berinteraksi dan bersosialisasi. pada tahapan ini. Seorang anak yang berpramuka dan berkemah akan cakap dan handal dalam berkomunikasi, bersosialisasi dan membantu mengangkat rasa percaya dirinya dalam lingkungan dan bagi dirinya sendiri.

Jadi 3 Manfaat kemah di atas menurut saya merupakan sebuah pilihan bagi orang tua untuk percaya bahwa salah satu menjadikan seorang anak menjadi mandiri yaitu dengan mengikuti kegiatan pramuk atau berkemah.

selain itu, biasanya disekolah-sekolah ada juga ekskul pilihan yang seharusnya orang tua bantu mengarahkan potensi anaknya pada kegiatan apa?

Bagi Orang tua yakinlah anak anda yang ikut berkemah dalam pramukan akan menjadikan pribadinya trus menjadi sosok yang mandiri.

salam pramuka. semoga kita mampu membimbing dan menjadi orang tua yang berbangga dengan kemandirian anak yang dimilikinya melalui Pramuka.

Hormat Saya,

penuis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kemah Pramuka Bagi Anak Menjadi Pribadi Mandiri"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.