loading...

Kendala Yang Dihadapi Guru, Peserta Didik Dan Orang Tua Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Kendala Yang Dihadapi Guru, Peserta Didik Dan Orang Tua Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Salam hangat dan Hormat

Kegelisahan dan Kerisauan masih dihadapi kita selakuk Pendidik, Orang Tua atas Pandemi ini. Semua itu sebagai bentuk kasih sayang terhadap anak-anak dan peserta didik yang mau tidak mau dihadapkan dengan Proses Pembelajaran Jarak Jauh.

Bersumber dari Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, Per Tanggal 07 Agustus 2020. 

Kebijakan Pemerintah Indonesia itu berisi Tentang Kendala Yang Dihadapi Guru, Peserta Didik Dan Orang Tua Selama Pembelajaran Jarak Jauh.

Kendala Yang Dihadapi Guru, Peserta Didik Dan Orang Tua Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Berikut INI Kendala-kendala yang ada

Kendala Yang dihadapi Guru:

1. Guru dihadapkan dengan sebuaah keadaan dimana banyak dari guru kesulitan dalam pengelaolaan pembelajaran Jarak Jauh yang disebabkan oleh banyak faktor seperti sarana dan prasarana baik dari guru, lembaga maupun peserta didik itu sendiri. Sehingga banyak dari guru Fokus Pada Penuntasan Kurikulum

2. Jumlah Jam yang berkurang juga menjadi Kendala lain dimana guru akan kesulitan memenuhi Jam bebab Mengajar.

3. Jarak dan Komunikasi juga menyebakan Guru kesulitan dalam proses pembelajaran jarak jauh karena harus mampu berkomunikasi dengan orang tua peserta didik selama proses pembelajran jarak jauh.

Kendala yang dihadapi Oleh Orang Tua

1. Orang tua di rumah juga tidak selamanya bisa mendampingi proses pembelajaran di rumah. Tuntutan ekonomi, pekerjaan dan kegiatan lain-lainnya. Menyebabkan orang tua tidak bisa penuh dalam membimbing anaknya selama proses pembelajaran jarak jauh/ Pembelaaran di rumah.

2. Orang Tua juga di hadapkan dengan kemampuan untuk memahami pembelajaran yang didapatkan oleh anak nya. Selain itu Orang Tua juga dihadapkan dengan untuk bisa memotivasi anaknya untuk aktif dalam Pembelajaran Di Rumah.

Kendala Yang di hadapi anak/Siswa/ Peserta didik

1. Beberapa peserta didik juga mengalami sebuah beban yang terjadi karena adanya penugasan yang dibebankan padanya. Semua itu karena tidak ada pendampingan seperti dalam pembelajaran di sekolah.

2. Banyak Peserta didik yang menjadi Strees dengan beban tugas, serta isolasi yang berkelanjutan menjadikan anak memiliki rasa cemas yang tinggi dan berdampak pada deperesi yang bisa di alami dan muncul pada peserta didik.

dari Kendala-kendala tersebut. Pemerintah pun mengeluarkan Kegiatan/program sebagai Inisiatif dan solusi berupa:

bagi Guru

1. Program guru berbagi
2. Seri Bimtek daring
3. Seri Webinar
4. Penyediaan Kuota Gratis
5. Relaksasi BOS dan BOP
6. Ruang guru PAUD dan Sahabat Keluarga.

Selain itu ada juga bagi Peserta didik untuk memenuhi kegiatan Pembelajaran nya di rumah.

1. Belajar dari Rumah TVRI
2. Belajar dari Radio RRI
3. Rumah Belajar
4. Kerja sama dengan penyedia Platform Pembelajaran Daring.

Kendala diatasa beserta solusinya memang tak mutlak mampu menjadi gambaran umum tentang apa yang terjadi dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh atau pembelajaran selama Pandemi ini. Namun, Itu semua bisa menjadi gambaran kita semua bagi Orang Tua dan guru untuk terus berperan dalam mencerdaskan anak/Peserta didik dengan tujuan utama tetap melindungi mereka anak/peserta didik terhindar dari Pandemi corona ini.

Semoga Semua cepat berlalu dan peristiwa ini dapat menjadikan Guru terus mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Serta Anak-anak selalu sehat dan cerdas dibantu oleh para Orang Tua yang peduli dengan Buah hatinya.

Kita juga tetap mendukung semua kebijakan yang terbaik bagi dunia pendidikan. memberikan sumbangsih denga peran aktif sesuai dengan peranan kita masing masing. baik selaku pemegang kebijakan, orang tua maupun Guru dan tenaga Pendidik.

Jayalah Selalu Pendidikan Indonesia

hormat saya

ADMIN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kendala Yang Dihadapi Guru, Peserta Didik Dan Orang Tua Selama Pembelajaran Jarak Jauh"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.