loading...

Pengertian Pidato Persuasif: Tujuan dan Persiapan Menulis Agar terampil di Depan Banyak orang

Salam hangat dan Hormat

Salah satu keterampilan berbahasa Indonesia adalah berbicara di depan orang banyak atau Khalayak ramai. Pidato merupakan salah satu keterampilan Berbicara.

Pengertian Pidato Persuasif

Sebuah kegiatan Berbicara yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar atau Pemirsa yang hadir di sebuah tempat dalam sebauah momen kegiatan merupakan PIDATO. Pidato yang identik untuk meyakinkan orang lain disebut sebagai Pidato Persuasif. Itu semua berdasarkan dari pengertian kata "Persuasif "itu sendiri.

Persuasi punya makna atau arti sebagai /membujuk secara halus atau membuat yakin/ berdasarkan Kamus besar bahasa Indonesia.

Bila diartikan Pidato persuasif adalah kegiatan berbicara di depan orang banyak dengan maksud untuk membujuk secara halus serta membuat yakin para audien atau Orang yang hadir. dalam kegiatan sekolah. Pidato persuasif sering disampaikan oleh Pembina Upacara yaitu saat Pembina Upacara menyampaikan amanat Upacara.

PENGERTIAN PIDATO PERSUASIF

Tujuan Pidato Persuasif

Pidato Persuasif memiliki Tujuan utama yang sama dengan pengertiannya. Yaitu bagaimana seseorang yang diberi kesempatan untuk tampil dan berbicara di depan orang banyak bisa meyakinkan sesuatu atau melakukan sesuatu dengan membujuk secara halus. 

Keberhasilan sebuah Tujuan Pidato Persuasif adalah saat orang yang hadir dan mendengarkan menerima apa yang disampaikan orang yang berbicara.

Persiapan Menulis adalah langkah awal Pidato Pesrsuasif

Untuk menjadi orang yang terampil berpidato adalah dengan menyiapkan bahan apa yang hendak disampaikan. Jika kita lihat banyak tokoh yang terampil berpidato merupakan orang yang handal di bidang keilmuan yang ia miliki. Namun, bukan berarti ia bisa menjadi hebat dalam berpidato. Langkah awal dengan menulis terlebih dahulu adalah cara yang paling tepat bagi anda untuk terampil berpidato.

Ada 3 Tiga hal yang perlu dipersiapkan dalam Menulis sebuah pidato

1. Kita harus mempelajari Topik: Kesempatan untuk tampil dan berpidato berhubungan dengan tema sebuah kegiatan. Jangan sampai topik yang disampaikan tidak sesuai dengan kegiatan kita berpidato.

2. Pahami tujuan: banyak motivator atau tokoh yang dikenal masyarakat, orang banyak atau para audiens/Pengunjung tahu betul arah dan tujuan yang ingin disampaikannya. Untuk itu Tujuan Pidato juga bagian dari persiapan menulis pidato itu sendiri.

3. Pahami Audien: Momen kita tampil menyampaikan pidato menjadi penting jika kita juga sudah paham siapa yang mendengarkan kita berpidato. audien atau pengunjung yang hadir juga telah siap dengan apa yang kita sampaikan. Audien juga terkadang punya harapan tersendiri dari apa yang hendak disampaikan. Selain itu faktor internal audien juga mempengaruhi pidato tersebut dapat diterima atau tidak oleh audien/pengunjung.

Itulah pengertian Pidato persuasif: Tujuan, Persiapan Menulis agar terampil di depan banyak orang. "Bisa ala biasa" silahkan anda latih apa yang anda tulis sebelum tampil berpidato. 

Semoga bermanfaat.

Hormat saya

Admin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pidato Persuasif: Tujuan dan Persiapan Menulis Agar terampil di Depan Banyak orang"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.