loading...

Perhatikan 5 Hal Agar Sukses Menjadi Pembina Upacara Senin Pagi

Perhatikan 5 hal Agar Sukses Menjadi Pembina Upacara Senin Pagi

Salam Hangat Dan Hormat

Kegiatan Pembiasaan Upacara senin pagi di sekolah merupakan kegiatan yang wajib dalam ruang lingkup pendidikan Formal Di Indonesia. Upacara Senin Pagi memiliki banyak manfaat yang bisa berdampak pada karakter peserta didik.

Momen Upacara Bendera senin pagi tentunya berimbas pada karakter peserta didik seperti; Kedisiplinan siswa, Kerapian siswa, Kesiapan siswa dalam pembelajaran di sekolah. Untuk Jenjang Sekolah dasar sampai menengah Atas. Upacara menjadi begitu akrab di siswa negeri ini. Semua siswa dari jenjang tersebut mulai mengenal susunan acara seperti pembacaan Pancasila, Pembacaan UUD 1945, Kegiatan Mengheningkan Cipta dan salah satunya adalah momen dimana Pembina upacara memberikan AMANAT Upacara.

Momen kegiatan Pembina Upacara memberikan amanat adalah sebuah momen melihat seorang yang menjadi pembina upacara sukses atau tidak melakukan tugasnya. Jika Pembina upacara seorang kepala sekolah, tentunya kita yakini pasti akan lancar tanpa hambatan. Beda halnya dengan anda seorang Guru atau tamu yang ditunjuk berkesempatan menjadi pembina upacara di sebuah sekolah.



Untuk itu saya bagikan bagaimana anda bisa sukses jadi Pembina upacara dengan 5 Hal sebagai berikut:

1. Datang lebih awal

Seorang yang ditunjuk menjadi pembina upacara di sekolah bisa jadi kepsek atau guru. Tetapi jika ada kunjungan yang telah direncanakan sebelumnya dan anda sebagai seorang tamu yang ditunjuk menjadi pembina upacara senin pagi. Harus mempersiapkan diri dengan baik. Salah satunya adalah dengan DATANG LEBIH AWAL ke sekolah adalah hal penting yang harus kita ingat dalam menjalankan sebuah pekerjaan.

Dengan anda datang lebih awal, anda bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik saat menjadi Pembina Upacara.

2. Penampilan rapi dan menarik

Tak kenal maka tak sayang, Tak rapi maka tak cinta, Darimana datangnya cinta? Bisa saja dari orang yang berpakaian rapi. Memperhatikan penampilan akan membuat anda lebih percaya diri yang tentunya menjadikan anda sukses saat menjadi Pembina upacara.

3. Memahami susunan Upacara.

Bila anda seorang guru atau pribadi yang ditunjuk menjadi Pembina Upacara senin pagi. Ada baiknya memahami susunan Upacara Baik secara tertulis maupun saat berdiri  menjadi Pembina Upacara. Jangan sampai waktu penghormatan kepada anda saat Upacara dan anda bingung menyikapinya. Selain itu, menyiapkan vokal yang baik juga bertujuan untuk setiap lisan kita saat menjadi Pembina Upacara.


4. Menyiapkan diri saat berbicara di Podium

Selanjutnya secara umum. Saat anda ditunjuk menjadi Pembina Upacara. Perhatikan apa yang hendak disampaikan. Utamanya, perhatikan dan siapkan diri saat hendak menyampaikan sesuatu maupun saat menyampaikan amanat Upacara.

Upacara senin pagi juga bisa memiliki tema tertentu seperti tentang perayaan hari besar nasional atau momen yang berhubungan dengan sekolah.

5. Memperhatikan Lingkungan saat memberikan Amanat Upacara

Poin kelima ini sebagai sebuah Opsi bahwa san nya anda peka dalam menyikapi keadaan saat berdiri menjadi pembina Upacara. Seperti Cuaca Terik, Ada keributan, ada yang sakit dan lain-lain. Semua itu saat berjalannya upacara anda memiliki hal penting dan bisa saja anda mempercepat kegiatan upacara jika ada hal-hal yang dirasa cukup mengganggu jalannya sebuah Upacara.

Ayo bagi anda yang nantinya menjadi Pembina upacara dapat mencoba memperhatikan Lima Hal di atas dan semoga nantinya kegiatan anda menjadi Pembina upacara berlangsung aman dan nyaman.

Terima kasih telah berkunjung. silahkan baca konten lainnya di sini.

Hormat Saya

Admin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatikan 5 Hal Agar Sukses Menjadi Pembina Upacara Senin Pagi"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.