loading...

6 Enam Tahap Membiasakan Anak Bangun Pagi Untuk Menjadikan Generasi Yang Sukses Dan Unggul

6 Enam Tahap Membiasakan Anak Bangun Pagi Untuk Menjadikan Generasi Yang Sukses Dan Unggul

Salam Hangat Dan Hormat.

Mendidik anak memang bukan perkara mudah dan Gampang. Banyak Tantangan yang harus dihadapi para orang tua saat ini. Pengaruh Teknologi atau smart phone di sinyalir memberi peranan tersendiri bagi pola tidur anak-anak. 

Dahulu saat televisi menjadi satu-satunya atau juara nya hiburan di rumah. Saat ini tergeser oleh penggunaan Handphone dan Smart Phone yang ter koneksi dengan Internet. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan yang berlebihan. Seperti kita ketahui penggunaan yang berlebihan pada handphone atau smart phone salah satunya berdampak pada perubahan Jam tidur anak. Jika anda selaku orang tua tidak membuat pola atau kebiasaan yang baik sedini mungkin.

Penggunaan yang wajar untuk anak adalah kurang dari 60 menit. Jika anak usia remaja maksimal kan 2 jam dan penggunaan nya pun tetap harus di bawah pengawasan anda selaku Orang Tua. 

Tahukah anda perkembangan dan pertumbuhan anak akan menjadi baik jika Kebutuhan tidur nya ter-cukupi. Salin itu, Ada hal lain yang akan berpengaruh pada psikologi anak anda adalah dengan membiasakannya Bangun Pagi.

Kebiasaan seorang anak bangun pagi adalah bentuk pendidikan perilaku orang tua di rumah. Untuk itu ada 6 tahap Membiasakan Anak Bangun Pagi Untuk Menjadikan Generasi Yang Sukses Dan Unggul.

6 Enam Tahap Membiasakan Anak Bangun Pagi Untuk Menjadikan Generasi Yang Sukses Dan Unggul


Berikut Tahapan nya yang anda selaku orang Tua bisa terapkan.


1. Memulai Membiasakan Sejak Usia Dini.

Pembiasaan Bangun pagi harus dimulai sedini mungkin. Jika anda sebagai orang tua yang sudah memulai aktivitas di pagi hari. Sepatutnya dan sewajarnya anda membiasakan anak anda untuk bangun. Untuk usia bisa dimulai pembiasaan sedini mungkin di usia 4 tahun. Namun, Harus diperhatikan kegiatan di malam harinya. Jika anak anda sudah menuju tempat tidur di jam 8 malam. Anak anda sudah bisa dibangunkan pukul setengah enam pagi sebelum matahari terbit.

Saat anak anda memasuki usia sekolah akan lebih mudah karena anak anda sudah mempersiapkan dirinya di waktu esok untuk berangkat ke sekolah. Namun, Lainnya saat memasuki usia remaja. Perhatikan betul kebiasaan anak anda di waktu malam. Ingatkan selalu  untuk bangun di awal pagi.


2. Menjaga Kualitas Malam

Orang tua untuk menemukan pola yang tepat dalam mendidik anak terbiasa bangun pagi. Harus punya kepekaan dan meluangkan waktu bersama anak. Saat jam menunjukkan jam 8 Malam. Anda mulai mengingatkan anak untuk persiapan menuju tempat tidur dan kegiatan apa yang dilakukan besok. 

sebaiknya anak sudah tidur sebelum jam 10 malam waktu setempat. Sehingga, keesokan harinya saat bangun pagi anak anda mudah untuk dibangunkan. Serta terpenuhi kecukupan tidurnya. Jika anak anda bersikeras sesekali di waktu esok beri dia penjelasan. Jika kamu kurang tidur nanti akan mengantuk dan tidak bisa menerima pelajaran atau bermain dengan baik.

Artinya, bisa anda berikan kegiatan lain di waktu siang hari. Agar anak anda fokus akan kegiatan esok dan membuat dia untuk segera tidur.


3. Membuat Kesepakatan dan Berkomunikasi

Usia balita anak belum mampu diajarkan berkomunikasi apalagi diajak membuat kesepakatan. Namun, Saat usia anak anda memasuki Usia remaja. Sebagai orang tua anda harus punya cara ampuh untuk membuat kesepakatan di waktu malam agar anak anda nantinya mudah bangun Pagi. 

Ajak anak-anak anda berkomunikasi atau tanyakan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan nya di sekolah atau dengan teman sepermainan nya. Setelah itu, Buatlah kesepakatan dengan anak anda bahwa batas jam malam anak anda sampai jam berapa serta sampaikan alasan anda melakukannya. Tujuannya ya agar anak anda bangun di pagi hari. Seperti halnya orang Tua jaman dahulu yang sering menggunakan peribahasa " jika bangun siang, Rejeki nya nanti di patuk ayam", Atau " Kamu kok kalah sama ayam yang bangun nya lebih cepat." apapun itu anda punya cara mumpuni sebagai orang tua untuk berkomunikasi dan membuat kesepakatan agar anak anda Bisa bangun di pagi hari.


4. Membatasi Penggunaan Handphone atau Smart Phone.

Sebenarnya Orang tua saat ini telah melakukan sebuah kesalahan besar dengan pembiaran terhadap penggunaan Handphone dan Smartphone. Kasih sayang orang tua yang bisa menjadi Malapetaka bagi anaknya. Banyak anak saat ini mengalami gangguan kesehatan dan kejiwaan akibat dari kurangnya kontrol orang tua pada penggunaan Gadget/Handphone/ Smartphone.

Untuk Poin ini anda selaku orang tua menjadi satu-satunya penentu atau punya kah keberanian untuk menerapkan batasan penggunaan Alat-alat tersebut yang bisa memicu perubahan perilaku yang di mulai dan tampak ketika anak anda sulit dibangun kan di Pagi Hari.

5. Membangunkan Anak dengan Lembut dan Kasih Sayang Dan Beri Apresiasi

Poin keempat ini adalah cara anda selaku orang tuah untuk membangunkan anak. Jika anak anda remaja. Sebaiknya jika cowok maka yang membangunkan anak anda adalah seorang ayah, Jika cewek maya seorang Ibu bisa membangunkan anak perempuannya.

membangunkan yang baik pada seorang anak adalah dengan kasih sayang dan lemah lembut. Berikan sentuhan kecil lalu bangunkan di dekat dengan telinga atau berbisik. Anda tidak mau kan anak anda akan menjadi pribadi yang kasar dan pemarah yang merupakan cermin dari cara anda membangunkan nya saat pagi hari.

Maka tunjuk an cara terbaik anda dengan perhatian, Lembut dan kasih sayang saat membangunkan anak-anak anda di Pagi Hari.

Ingat... Sesekali saat anda punya kesempatan bersama anak anda. Tunjukkan bahwa apa yang dilakukan nya dengan Bangun Pagi merupakan hal yang bernilai. Beri Apresiasi dengan komunikasi yang baik. Selain itu, Cerita kan manfaat bangun pagi, Atau juga Berikan sesuatu berupa ucapan pujian dan terima kasih. Cara lainnya berikan Hadiah Atas Hal yang telah dicapainya telah menjalankan kebiasaan untuk bangun Pagi.

6. Menerapkan secara Konsisten

Kesemuanya hal yang di atas akan berhasil dan berdampak jika telah dijalankan terus menerus oleh anda selaku Orang Tua. Pembiasaan yang baik merupakan sebuah Bentuk Lain Konsisten Orang Tua dalam menjalankan sesuatu.

Cari terus cara terbaik agar anak-anak anda senantiasa menganggap Bangun Pagi adalah kewajiban dan tanggung jawab Anak anda.

Semoga 6 Enam Tahapan di atas bisa anda terapkan dan coba. Ketahuilah anak yang biasa bangun pagi adalah orang yang punya integritas di saat dia dewasa kelak. Selain itu untuk diri seorang anak yang terbiasa bangun pagi terlihat santai dan tenang.

Silahkan Komentar dan Tambahan nya jika ada cara lain yang bisa anda lakukan agar anak anda terbiasa bangun Pagi.

Sampai Jumpa di Artikel lainnya.

Hormat Saya

Admin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Enam Tahap Membiasakan Anak Bangun Pagi Untuk Menjadikan Generasi Yang Sukses Dan Unggul"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.