2 Cara Melatih Kekuatan Vokal Untuk Bermain Drama Disertai Video Contoh

Cara Melatih Kekuatan Vokal Untuk Bermain Drama Disertai Video Contoh

Selain Vokal untuk menyanyi. Vokal juga identik dengan seni Drama Atau Teater. Jika dikaitkan dengan Bahasa Vokal identik dengan Huruf yang berjumlah lima yaitu A,I,U,E,O atau disebut juga Huruf Vokal. 

Vokal yang dikaitkan dengan Bermain Drama adalah Vokal yang identik dengan Kekuatan. Kekuatan Vokal dimaksud sebagai Intonasi dan artikulasi saat bermain Drama.

Drama sendiri diambil dari kata Act= Inggris yang berarti Akting/Menirukan Prilaku. Sejarahnya dari Seni pertunjukan tertua atau TEATER yang berasal dari bahasa Latin THeatron atau Panggung Pertunjukan. 

Saat ini drama menggunakan media yang beragam dengan audio visual. bisa melalui TV atau Streaming Internet.

Cara Melatih Kekuatan Vokal Untuk Bermain Drama menjadi bagian dalam kegiatan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk Tingkat SMP tepatnya Kelas 8.

 Salah satu tujuan dari Melatih Vokal untuk bermain drama sebagai bentuk kemampuan dasar untuk bermain peran atau drama. Melalui Vokal yang baik dari Latihan akan didapatkan kemampuan untuk melafalkan Dialog-dialog dalam bermain Drama.

Sebelum itu semua kita harus mengenali apa yang dimaksud INTONASI dan Artikulasi. Intonasia adalah Tinggi rendahnya suara yang dikeluarka seseorang dalam berbahasa/Komunikasi. Sedangkan Artikulasi adalah Kejelasan seseorang dalam melafalkan bahasa sebagai bagian dai komunikasi.

Saat seseorang Punya INTONASI Dan Artikulasi. Orang tersebut sudah punya modal dasar untuk bermain drama.

Cara Melatih Kekuatan Vokal Untuk bermain drama bisa dilakukan sesuai dengan petunjuk dibawah ini:

1. Melatih pernafasan

Berbeda dengan teknik menyanyi, Melatih Pernafasan untuk melatih kekuatan Vokal menggunakan teknik Pernafasan Perut. Bisa dilakukan dengan membuat hitungan 1 untuk menarik nafas, 2. Mengumpulkan udara di dalam perut yang ditandai dan bisa dirasakan dengan cara memegam perut saat hendak menarik nafas. 3. Mengeluarkan suara berupa Huruf Vokal, Kata Atau kalimat dengan melepaskan udara yang ada di dalam perut.

2. Melatih Kekuatan Vokal dengan Intonasi

Setelah mampu melakukan pernafasan dan mengeluarkan nya dengan kekuatan. Teknik dasar melatih Intonasi ini bisa dilakukan sebagai cara mudah untuk melatih kekuatan Vokal ; 

1) Melatih mengeluarkan vokal contohnya dengan sebuah kata /UPACARA/ lalu lakukan dengan Intonasi Dari Besar Ke kecil melafalkan Kata tersebut dari Huruf Awal sampai menjadi Satu kata Utuh,

2)Melatih mengeluarkan vokal contohnya dengan sebuah kata /UPACARA/ lalu lakukan dengan Intonasi Dari Suara Kecil Ke Besar melafalkan Kata tersebut dari Huruf Awal sampai menjadi Satu kata Utuh,

3)  Melatih mengeluarkan vokal contohnya dengan sebuah kata /UPACARA/ lalu lakukan dengan Intonasi secara statis/Datar. Kata tersebut dari Huruf Awal sampai menjadi Satu kata Utuh,

Untuk Lebih Lengkapnya Simak Video Di Bawah Ini sebagai Referensi bagi anda yang ingin melatih kekuatan Vokal.



Semoga melalui Video Kegiatan Cara Melatih Kekuatan Vokal Untuk bermain drama di atas  bisa anda pahami. Selanjutnya menjadi sebuah pemahaman setelah mampu melatih Vokal dengan Intonasi akan Mempengaruhi Kejelasan yang berarti ARTIKULASI anda pun akan Baik dan Bagus.

Semoga Cara ini bermanfaat dan Selamat mencoba.

Hormay Saya,

Admin


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Cara Melatih Kekuatan Vokal Untuk Bermain Drama Disertai Video Contoh"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.