3 Sebab Yang Membawa Penyakit Bagi Manusia Secara Islami

3 Sebab Yang Membawa Penyakit Bagi Manusia Secara Islami.

Kesehatan Memang hal yang terlupakan namun mahal nilainya saat kondisi tubuh Sakit. Penyakit sering dipandang dari ilmu medis atau kesehatan sebagai sebuah keadaan Tubuh atau Badan mengalami gangguan dalam sistemnya. 

Secara islami ada sebuah sudut pandang yang bisa kita renungkan dan pelajari tentang bagaimana kita bisa menjaga kesehatan diri. bukankah secara islam keadaan sakit adalah Penggugur dosa bila kita jalani dengan sabar dan ikhlas.

"mencegah daripada mengobati" Sebuah kalimat yang sebagai peringatan awal kita sebagai manusia untuk menjadikan kalimat tersbeut pedoman awal. Kalimat yang harusnya bisa ditelaah untuk bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan Tubuh. Jangan sampai nikmat sehat yang diberikan ini kita tidak syukuri dan mendatangkan penyakit. 

Secara islam sendiri saat kita sakit bisa jadi bentuk lain dari kasih sayang ALLAH Subhanallahu wata ala kepada kita tentang bagaimana menyikapi segala sesuatu yang harus dihadapi dengan keimanan.

Ternyata ada pandangan Bahwa 3 Sebab Yang Membawa Penyakit atau mendatangkan penyakit bagi manusia. Jika dipahami sama juga dengan kajian ilmu kesehatan, kedokteran atau medis.


3 Sebab Yang membawa Penyakit adalah

1. Banyak Bicara

Penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan kita banyak bicara memang sulit di kaji secara kasat mata. Namun, Ketika seseorang banyak bicara atau berlebihan. Berhati-hatilah, Mungkin saja kata-kata atau saat kita berbicara bisa menyebabkan datangnya penyakit hati dan berakibat menjadi penyakit lahiriah atau badan.

Penyakit pun secara islami bukan hanya pada badan atau tubuh. Hati dalam banyak ayat quran menandakan bisa sakit. salah satunya disebabkan atau tanda dari seseorang yang banyak bicara. Banyak bicara akan menyebabkan seseorang memperbanyak dosa dan Penyakit adalah penggugur dosa?

Sampai disini yang kita bisa maknai adalah saat seseorang banyak bicara. Bisa saja perkataannya menzolimi orang lain, Membuka aib seseorang, Mengadu domba dan lain halnya. Sehingga berdampak membuat orang lain terzolimi. Saat itu orang yang terzolimi mengankat tangan dan berdoa atas apa yang dialami nya. Bisa saja Allah akan menghukum kita dengan memberikan Penyakit secara lahiriah yang disebabkan ketika kita banyak bicara, berbicara yang tidak baik. 

Banyak bicara mendatangkan keburukan. Oleh karena itu secara sudut pandang Islami kita harus mengurangi bicara dan bicara lah hal yang baik dan tidak menyakiti orang lain. Seperti sebuah hadis dari Tarmizi

"Janganlah kalian banyak bicara tanpa berzikir kepada Allah, karena banyak bicara tanpa berzikir kepada Allah membuat hati menjadi keras. Dan orang-orang yang paling jauh dari Allah adalah orang-orang yang berhati keras." (HR. At-Tirmidzi)

2. Banyak Tidur

Kajian medis kadang bertolak belakang dari segi agama islam. Namun, kajian islam tentang kesehatan banyak yang sesuai dengan kajian medis. Seperti Madu yang mendatangkan kesehatan dan merupakan Obat bagi yang mengkonsumsinya dan di amini oleh dunia kesehatan.

Banyak Tidur yang dimaksud adalah menghabiskan waktu tidur lebih banyak dari waktu yang sewajarnya. 

dalam islam ada waktu-waktu tidur yang mendatangkan kesehatan dan ada waktu tidurn yang tidak dibolehkan. Seperti tidak tidur setelah subuh atau saat subuh, Tidak boleh tidur setelah ashar. Selain itu ada waktu tidur yang baik di siang hari seperti sebelum Dzuhur atau setelahnya.

banyak dari kita mengetahui bahwa tidur yang cukup pada rentang waktu 6-8jam perhari. Namun jika seseorang menghabiskan waktu lebih dari 8 jam perhari itu bisa berbahaya bagi manusia dan mendatangkan beragam penyakit. Namun sebaliknya, orang yang tidak tidur atau kurang tidur dengan Niat kepada Allah Subhanallahu wata ala maka bisa saja lebih sehat dari pada orang dengan rentang tidur yang cukup. Waktu-waktu terbaik seseorang islam adalah di sepertiga malam. sampai terbitnya matahari.

Jika seseorang tidur dari jam 10 malam lalu terbangun jam 3 pagi. Bukankah hanya 5 jam. Walaupun tidur nya seperti itu jika niatnya baik kepada Allah Subhanallahu wata ala. Bukan tidak mungkin tubuh akan diberikan banyak kekuatan dan kesehatan yang tidak kita sadari.

Tidur yang sehat di malam hari adalah tidur dalam keadaan gelap. Serta niatkan setiap yang kita lakukan adalah ibadah.


3. Banyak Makan.

Hal ketiga ini menjadi penting dalam kajian Kesehatan. Seseorang ketika mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Bisa saja akan membuat seseorang mendapatkan penyakit. Seperti kebanyakan mengkonsumsi gula atau jenis tepung bisa membuat kegemukan dan mendatangkan penyakit diabetes, kebanyakan konsumsi garam akan mendatangkan penyakit jantung. Kebanyakan makanan berlemak akan mendatangkan penyakit Kolesterol.

Untuk Itu manusia dengan Puasa atau mengurangi makan. Merupakan cara yang baik agar tubuh tetap sehat dan kesehatan terjaga. Sesekali ada kalimat " kegemukan bisa mendatangkan penyakit"

Semoga 3 hal di atas menjadi sumber awal untuk kita memandang Ilmu dari agama islam untuk bisa kita pedomi dalam berkehidupan.

Penyakit ada obatnya kecuali penyakit Tua. 

Semoga bermanfaat bahagia dan sehat selalu untuk anda semuanya.

Terima Kasih.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Sebab Yang Membawa Penyakit Bagi Manusia Secara Islami"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.