9 Tanda Proses Pendewasaan Diri Yang Di Alami Seseorang

9 Tanda Proses Pendewasaan Diri Yang Di Alami Seseorang

Seorang manusia yang bertambah umurnya akan dan lambat laun mengalami sebuah proses Pendewasaan Diri. Pendewasaan Diri atau Disebut juga Kematangan diri seorang manusia tidak tampak secara kasat mata. 

Pendewasaan Diri atau Kematangan diri punya makna yang berasal dari kata dasar "DEWASA" Secara lengkap dari KBBI adalah Usia seseorang yang Matang Kel4min,  Dan Memiliki keluasan Pandangan serta pikiran.


Setelah itu dewasa adalah proses yang disebut juga Pendewasaan. Proses tersebut ternyata memiliki 9 Tanda yang akan di alami.

1. Mengurangi Berbicara terhadap sesuatu yang tidak penting

Saat semua telah dialami manusia atau orang yang mengalami proses pendewasaan akan ditandai dengan dirinya yang Mengurangi Berbicara terhadap sesuatu yang tidak penting. Apa yang orang bicarakan terhadap sesuatu menjadi pilihan. Banyak alasan yang akan membuat orang yang mengalami proses pendewasaan mengurangi apa yang dibicarakannya. 

Peristiwa-peristiwa dari masa lalu akan membuatnya memahami ketika ia terlalu banyak berbicara yang tidak penting hanya akan mendatangkan keburukan untuk diri dan lingkungannya.

2. Memilih Tidur daripada Keluar malam

Proses pendewasaan pada tahapan ini saat orang dewasa mulai menyadari dirinya secara lahiriah. Memanfaatkan Waktu dengan sebaik-baiknya sehingga, Ia akan memilih tidur lebih awal dan bangun lebih awal untuk beraktivitas. Sebuah keadaan bahwa kegiatan malam di luar selain tidak baik untuk kesehatan. Kegiatan keluar malam banyak mendatangkan keburukan dari Kebaikan.


3. Mampu Memaafkan diri dan orang lain

Hari hari Orang yang mengalami proses pendewasaan adalah dengan memahami diri atas kesalahan secara lahir batin. Ia akan mampu memaafkan dirinya sendiri dan juga memaafkan orang lain. Sejatinya sebagai bentuk pemahaman memaafkan akan mendatangkan Kebahagiaan.

4. Memiliki Pandangan Luas dan Terbuka

Orang yang mengalami pendewasaan mengumpulkan pengalaman dan pengetahuannya untuk memandang sesuatu secara luas atau dari banyak sudut pandang. Ia mampu membuat penilaian dari setiap keadaan yang ia lalui.

Orang tersebut juga terbuka atas saran dan nasehat yang akan di filternya dan menjadi kebaikan bagi diri dan lingkungannya.

5. Menghargai Perbedaan

Orang yang mengalami proses pendewasaan tahu betul akan perbedaan yang terjadi dari sebuah permasalahan. Ia akan memilih untuk menghindarkan dirinya dari perbedaan dengan cara menghargai dan menerima apa itu Perbedaan dalaam kehidupannya.

6. Menerima dan tidak memaksakan kehendak 

Orang yang menghalami pendewasaan juga akan menjadi pribadi yang mampu menerima sesuatu saat terjadinya penolakan dan Dia tidak akan memaksakan Kehendaknya. Kebijaksanaan akan tertanam di dalam dirinya dan Memahami untuk tidak memaksakan kehendak atau sesuatu yang bisa menimbulkan konflik, masalah, kepada diri dan orang lain.

7. Mengalami Sakit kepala

Orang yang mengalami proses pendewasaan tahu betul keadaan dirinya dengan usia yang bertambah dengan banyaknya sesuatu yang dipikirkannya. Sesekali Ia akan mengalami kondisi tidak baik dengan kesehatannya. 

Seringkali saat orang mengalami sakit kepala ia mempunyai tanda sebagai usia yang bertambah dan merupakan tanda pendewasaa atas sesuatu dan banyaknya yang dipikirkan.

8. Tidak Mudah Menghakimi Orang Lain

Orang yang mengalami proses pendewasaan akan memahami setiap kejadian dan peristiwa dari sudut pandang yang berbeda. Melihat sebuah kesalahan sebagai sebuah keadaan tertentu yang dengan tidak mudah dirinya Tidak akan mudah menghakimi Orang Lain.

9. Menghindari Perdebatan

Orang yang mengalami proses pendewasaan juga akan lebih memili untuk tidak melakukan perdebatan. Ia lebih memilih untuk menghindari predebatan dan menjadikan sesuatu yang bertentangan untuk dicarikan solusi atau ia akan menghindarinya.

Semoga dengan anda mengetahui 9 tanda ini menjadikan kitan semua sebagai manusia yang terus berproses dalam kehidupan. Mengantarkan diri kita menjadi Orang yang benar benar menerima diri atas proses pendewasaan yang pastinya akan kita semua alami.

Tanda tanda diatas hanya bagian yang tertulis dan dapat dipahami. Banyak hal lainyya nanti yang akan kita lalui dalam perjalanan waktu dan akan mengantarkan kita pada titik atau Capaian menjadi Orang Yang punya Kematangan jiwa dan Layak disebut Orang Yang Dewasa.

Terima kasih.

Penulis.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Tanda Proses Pendewasaan Diri Yang Di Alami Seseorang"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.