Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Pesan 'BANGKIT! KITA BANGSA YANG TANGGUH' Sebagai Tema Hari Kebangkitan Nasional 2021

3 Pesan 'BANGKIT! KITA BANGSA YANG TANGGUH' Sebagai Tema Hari Kebangkitan Nasional 2021

Negara Indonesia Setiap Tanggal 20 Mei setiap Tahunnya memperingatinya sebagai HARI KEBANGKITAN NASIONAL. Merupakan Peringatan yang berawal dari Tanggal tersebut dipilih lantaran merupakan hari berdirinya Boedi Oetomo (B0) pada 20 Mei 1908. Boedi Oetomo adalah salah satu organisasi awal di Hindia Belanda (Indonesia) yang menyuarakan nasionalisme.

Apa itu Nasionalisme?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Nasionalisme adalah sebuah Sebuah pemahaman, Paham atau Ajaran Untuk seseorang Individu, Masyarakat Bagaimana Mencintai Bangsanya Sendiri.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi titik awal dalam membangun kesadaran Individu, Masyarakat dan rakyat Indonesia untuk bergerak bersama-sama dengan menjunjung tinggi nasionalisme tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan dalam mengatasi persoalan, permasalahan-permasalahan yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia sesuai dengan kapasitas diri.

Dengan Kata lain Nasionalisme akan menjadi hal mendasar bagi masyarakat  untuk terus bersemangat dalam membangun bangsa serupa halnya dengan Rasa Cinta Tanah Air. Menghilangkan perbedaan-perbedaan yang memicu adanya perpecahan.

Nasionalisme juga menjadi penyaring dari Individu akan banyaknya Individu yang suka mengadu domba antar sesama. Seperti Pesan bung Karno atau Presiden RI pertama "Perjuanganku akan lebih mudah karena Melawan Penjajah, Tapi perjuangan kalian akan lebih sulit Karena Melawan Bangsa Sendiri"

HARI KEBANGKITAN NASIONAL YANG Ke - 113

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113 tahun 2021 kali ini mengambil tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!” . Adapun Tujuan peringatan 113 tahun Kebangkitan Nasional pada tahun 2021 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan semangat gotong royong sebagai landasan dalam melaksanaan pembangunan dan selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pemulihan bangsa dari pandemi Covid-19.

Memelihara berarti terus menjaga atas apa yang dimiliki bangsa ini yaitu keberagaman dan semua kekayaan alam yang melimpah dan sumber daya manusianya yang Hebat. Menumbuhkan apa yang dimiliki oleh bangsa ini dan individunya yang terus menggali potensi dengan semangat nasionalisme.

 Serta Bersama-sama atau bergotong royong menguatkan satu sama lain dalam hal Pembangunan yang setiap individu punya peran masing masing. Tak Lupa OPTIMIS akan masa depan bangsa ini menjadi bangsa maju dan besar di masa yang akan datang.

Sebagai Point penutup saat ini kita bersama-sama melakukan itu semuanya dalam semua aspek dan mengikuti anjuran pemerintah dalam hal mempercepat pemulihan bangsa dari Pandemi COVID 19 yang mesih ada di Bumi Pertiwi Indonesia.

3 PESAN

Bangkit! KITA BANGSA YANG TANGGUH memiliki 3 pesan yang bisa dimaknai untuk kita Semua:

(1) TANGGUH dalam melalui Pandemi Covid 19 dengan terus mengikuti aturan dan anjuran pemerintah. 

(2) TANGGUH Menjadi Individu yang saling membantu/Peduli dalam menghadapi Keadaan selama Pandemi.

(3) Tangguh dalam menyaring dan memfilter Informasi berupa Misinformasi, Disinformasi serta melawan Penyebaran HOAKS dengan tidak ikut menyebarkan Informasi Hoaks.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021. Ayo Kita menjadi Individu, Masyarakat dan Bangsa Yang TANGGUH.

Terima Kasih

Admin


Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "3 Pesan 'BANGKIT! KITA BANGSA YANG TANGGUH' Sebagai Tema Hari Kebangkitan Nasional 2021"