Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 4 TOPENG KEPEMIMPINAN DALAM DUNIA BISNIS Dan Dampak Buruk Yang Ditimbulkan

Kenali 4 TOPENG KEPEMIMPINAN DALAM DUNIA BISNIS Dan Dampak Buruk Yang Ditimbulkan

Salam Hangat dan Hormat 

Sebuah Informasi yang bagus bagi anda semua dalam memahami lingkungan kerja. Bisa ditujukan untuk anda sendiri atau dengan memahaminya anda akan bisa menentukan cara yang terbaik dalam menjalani pekerjaan anda.

Mari kita kerucutkan saja Artikel ini pada Pengertian awal terlebih dahulu tentang apa itu KEPEMIMPINAN? 

Kepemimpinan atau Leadership?

Ada dua pendapat ahli tentang apa itu kepemimpinan. 

Pertama, Menurut Badeni: kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mempengaruhi suatu kelompok ke arah tercapainya tujuan.

Kedua Menurut Newstrom: Kepemimpinan adalah proses memengaruhi dan mendukung orang lain untuk bekerja secara antusias menuju pada pencapaian sasaran.

Sedangkan pengertian kepemimpinan secara umum adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

Semoga pengertian di atas dapa menambah wawasan anda tentang apa itu kepemimpinan.


4 TOPENG KEPEMIMPINAN DALAM DUNIA BISNIS

Sebenarnya Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan yang bisa dipelajari dan ada juga yang memang proses terbentuk alami bagi seorang individu. Sehubungannya dengan artikel ini. Kepemimpinan juga dibutuhkan dalam dunia bisnis.

Bisnis seperti yang kita ketahui bersama memiliki arti sebagai sebuah bentuk kegiatan yang dilakukan Organisasi, kelompok atau individu yang bertujuan mendapatkan laba dari kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen.

Ternyata kepemimpinan seseorang dalam dunia Bisnis yang sejatinya seseorang yang menjadi pimpinan terlihat keren namun ternyata hanyalah kamuflase atau Topeng dari kegiatan kepemimpinannya.

Berikut ini ada 4 Topeng kepemimpinan dalam dunia bisnis dan berdampak buruk yang bisa kita kenali

1. Berwibawa dan berkarisma Merupakan Topeng dari sikap narsis

2. Disiplin Merupakan topeng dari Control freak

3. TEGAS Merupakan Topeng dari Bully

4. Sabar Merupakan Topeng dari Passive Agresive

Berikut penjelasan sederhana dari 4 topeng kepemimpinan di atas.

Berwibawa dan berkarisma Merupakan Topeng dari sikap narsis 

Mempunyai ciri-ciri sosok kepemimpinan yang akan kelihatan dan tampak dari sikap yang selalu merasa paling hebat, merasa paling benar sendiri, merasa paling pintar dan bisa jadi kepemimpinan seperti ini susah untuk menerima kritik dan saran. 

Itulah kenapa orang akan menilainya sebagai Orang yang Narsis atau orang yang memiliki gangguan kepribadian.

Dampak buruk dari kepemimpinan tersebut dalam dunia bisnis akan membentuk lingkungan pekerjanya menjadi orang orang yang tidak mampu berfikir dan berorientasi hanya untuk menyenankan pemimpin serta bisa menjadi awal dari penurunan kualitas dari bisnis yang dijalankan.

Disiplin Merupakan topeng dari Control freak 

Mempunyai ciri-ciri kepemimpinan yang kelihatan Perfeksionis atau tampil sempurna. Semua pekerjaan diwasi dengan ketat tanpa ada satu kesalahan sedikitpun dalam linkungan usahanya. Itulah kenapa orang akan menilainya sebagai seorang pemimpin yang Suka mengatur atau Banyak Aturan.

Dampak Buruk dari kepemimpinan tersebut adalah menghasilkan bisnis dan usaha yang bagus namun berdampak pada lingkungan kerja yang tidak akan pernah berjalan mandiri. Selain itu akan mematikan kreativitas dari pekerjanya.

TEGAS Merupakan Topeng dari Bully 

Mempunyai ciri ciri sosok kepemimpinan yang bisa marah tanpa alasan yang jelas, Memberikan tugas terlalu banyak, Membebani pekerjaan yang tidak sesuai porsi antara kinerja dan hasil. Itulah sikap yang akan membuat orang memberikan penilaian tentang kepemimpinan yang suka Bully.

Dampak Buruk dari kepemimpinan tersebut adalah akan menimbulkan dendam dari pekerjanya, Selain itu bisa berdampak lebih buruk munculnya sabotase dari pekerjanya akibat mengalami tekanan berupa tanggung jawab yang besar dan Bully an.

Sabar Merupakan Topeng dari Passive Agresive 

Mempunyai ciri-ciri sosok kepemimpinan yang ternyata saat pekerja melakukan kesalahan tidak akan memberikan sanksi bahkan saat pekerjanya merugikan usaha atau bisnis yang sangat fatal atau sudah tidak layak dalam bekerja ia tidak melakukannya. Sulit untuk memutuskan sesuatu yang penting dalam bisnis.

Dampak buruk dari kepemimpinan tersebut adalah akan menimbulkan kepemimpinan yang membuat lambat maju sebuah bisnis atau usaha dikarenakan pekerjanya tidak memiliki motivasi untuk jadi lebih baik sehingga tidak ada target yang harus di capai.

Itulah 4 Topeng Kepemimpinan dalam dunia bisnis dan dampak buruk yang ditimbulkannya semoga artikel ini bermanfaat sebagai dasar pemahaman atau informasi mengenasi sikap kepemimpinan seseorang dalam dunia bisini.

Terima kasih

Hornat saya

Admin


Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Kenali 4 TOPENG KEPEMIMPINAN DALAM DUNIA BISNIS Dan Dampak Buruk Yang Ditimbulkan"