Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Diri Dengan Menjauhkan Diri Dari 10 Sifat Maksiat BATIN : Pesan Imam Ghazali

Memperbaiki Diri Dengan Menjauhkan Diri Dari 10 Sifat Maksiat BATIN : Pesan Imam Ghazali

Imam Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh Umat Muslim dan Dunia yang punya pengaruh dalam pemikirannya. Gelar nya di dapat sehubungan dengan ayahnya yang merupakan seorang pemintal bulu kambing. Tokoh dari Khurasan - Persia ini merupakan seorang Ulama, Ahli pikir dan Tokoh Fisafat Islam dan Bermazhab Syafi'i.

Kelebihan dalam sikapnya Ia bijak dan Punya daya Ingat yang Kuat. Selain itu Ia merupakan sosok yang taat dalam beribadah. Apa yang dilakukan beliau hanya demi mendapat Ridha dari Allah Subhanallahu Wa'ta Ala.

Kehidupan Iman Al-Ghajali jauh dari kacamata kita orang biasa tentang bahagia. Ia lahir dari keluarga miskin dan hidup dalam keadaan Mensyukuri apapun yang dimilikinya. Itu semua demi sebuah atau satu tujuan ia hidup di dunia. Yaitu selalu berharap dan meminta ridha dari Allah Subhanallah Wa'ta Ala.



Dari Pemikirannya ia hendak menyampaikan tentang sebuah pemikirang bagaimana seorang manusia atau Muslim Bisa menjauhkan diri dari 10 Sifat Maksiat Batin.

Berikut ini Pemikirannya tentang 10 Sifat Maksiat Batin.

1. Syarhul Kalam atau Orang Yang Suka Banyak Bicara

2. Syarhul Thaam atau Orang Yang Suka Makan Banyak

3. Hasad Atau Orang Yang Dengki dengan Nikmat yang didapat Orang lain

4. Ghadab Atau Orang Yang Suka Marah dan Sering Marah

5. Bakhil Wal hubbul Mal Atau Orang Yang Suka Mencintai Benda berlebihan

6. Hubbul Jah atau orang yang haus kedudukan Gila Pangkat dan Jabatan.

7. Hubbud Dunia Atau Orang Yang Suka dan terlena dengan Dunia

8. Takkabur atau Orang Yang Suka membanggakan diri dan Sombong

9. Ujub atau Orang yang merasa paling baik dengan semua perbuatannya

10. Riya atau Orang yang beribadah atau melakukan sesuatu kebaikan untuk diperlihatkan kepada orang lain.

Maksiat sendiri merupakan salah satu dari perbuatan buruk yang tidak disukai dan dibenci oleh Allah Subhanallahu Wa'ta Ala. Perbuatan Maksiat akan menjadikan diri sesesorang terhalang untuk belajar ajaran Agama dan memahaminya.

Maksiat juga akan mendatangkan sebuah keadaan tidak baik dan buruk baik bagi diri maupun lingkungan sekitar jika terus dilakukan. Selain itu perbuatan maksiat akan menjadikan orang lupa akan ilmu yang dimilikinya.

Sedangkan Batin adalah Sesuatu yang berkaitan didalam diri seseorang atau hati seseorang manusia. perbuatan maksiat di atas merupakan sifat atau perbuatan maksiat yang ada dalam diri atau Batin seseorang muslim/manusia.

Semoga kita semua menjadi manusia yang terus memperbaiki diri dan memahami bahwa 10 sifat maksiat batin tersebut menjadikan kita sebagai manusia dan pribadi yang buruk. Sehingga nantinya akan mendapatkan hal buruk dalam kehidupan.

Terima kasih dan mari kita terus menjadi hamba yang selalu haus untuk belajar ajaran agama dan Memperbaiki diri sepanjang umur dan usia kita.

hormat Saya

Admin


Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Memperbaiki Diri Dengan Menjauhkan Diri Dari 10 Sifat Maksiat BATIN : Pesan Imam Ghazali"