Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kupas Singkat Tentang Apa Itu Email Akun Belajar.Id Untuk Pendidik Dan Kelebihannya Untuk Pendidik

Kupas Singkat Tentang Apa Itu Akun Belajar.Id dan Kelebihannya Untuk Pendidik

Saat ini hampir semua orang memiliki akun/email terutama orang yang memiliki smartphone (HP Android) tentu harus memiliki akun (email).

Pendidikan di masa pandemi dengan Daring maupun Luring. Menjadikan kebutuhan Handphone/Smartphone menjadi media atau alat yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar.

Akun atau email dipasang pada perangkat dibutuhkan (device) HP/Smartphone sebagai syarat untuk mengunduh berbagai aplikasi atau menjalankan fungsi aplikasi, baik aplikasi bawaan pabrik ataupun aplikasi tambahan. 


Sejak awal penggunaan HP/Smarphone kita telah mengetahui apa itu akun/email dan familiar dengan Email dari Google yaitu gmail.com. 

Sebenarnya Akun (email) fungsi nya yang banyak dan bermanfaat bagi penggunanya. Seperti untuk syarat unduh aplikasi di HP/Smartphone dan funngsi utamanya sebagai alamat surat elektronik (alamat surel) 

Dengan akun/email tersebut kita bisa melakukan transaksi komunikasi, bahkan saat pendaftaran berbagai aplikasi online. Dengan akun email kita dapat kirim pesan, dilampiri berkas foto, video atau berkas file lainnya. 

Setelah tahu tentang apa itu email, lalu apa fungsi dan manfaat email? 

Selanjutnya Email pun memiliki beragam fungsi dan manfaat dan sesuai dengan untuk tujuan dan sudut pandang bagaimana kita melihat email dan menggunakannya.

Email bisa pula didefinisikan sebagai alamat resmi dan identitas yang penggunannya miliki di dalam dunia maya. Melalui akun/email, seseorang bisa bergabung diberbagai media sosial dan mengirim berbagai file dan lainya.

Sedikit mengulang kembali tentang Fungsi utama email adalah mengirim dan membalas pesan. 

Selain itu Fungsi Email jauh lebih efisien jika dibanding dengan mengirim pesan melalui kertas. Bahkan dari sekian banyak media pengirim pesan di internet, mengirim pesan melalui email dianggap jauh lebih sopan dan formal serta lebih cepat.

Berikut ini akan saya coba uraikan secara sederhana tentang apa itu Akun Belajar atau akun/emai dengan domain Belajar.id

Tentang Apa Itu, Akun Belajar?

Akun belajar yang saat ini dibagikan oleh Kemdikbud RI. Akun Belajar kita dapatkan sebagai pendidik memiliki domain @belajar.id  adalah akun yang dibuat oleh pemerintah, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, untuk  siswa, guru dan tenaga kependidikan. Pembuatan akun tersebut melalui data DAPODIK yang terintegrasi dengan data kependudukan dan terkoneksi oleh kementerian. 

Sebagai pembuat akun, kementerian memiliki semua alamat akun. Dengan demikian sangat memudahkan kementerian bilamana kementerian melakukan tranfer informasi kepada Pendidik tenaga kependidikan dan peserta didik seluruhnya. 

Pemanfaatan akun berbasis online sesuai istilahnya email (elektronik mail) /surel (surat elektronik) saat ini semakin dibutuhkan guru dan peserta didik di saat masa pandemi yang memaksa pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (PJJ) diantaranya pemanfaatan Daring. 

Mengapa disarankan memakai akun belajar.id? sementara sebagian sudah memiliki akun pribadi? 

Ada dua alasan yang sepertinya mendasari penerbitan dari Akun Belajar.id 

1. Alasan pertama adalah Akun Belajar.id terkoneksi dengan kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. Sehingga memudahkan KEMDIKBUD RI dalam banyak hal yang berkaitan dengan Pendidik yang ada di Indonesia dan Terdata di Dapodik.

2. Alasan kedua adalah Akun belajar.id mempunyai fasilitas lebih banyak diberikan oleh google. Untuk kita ketahui bersama-sama sebagai seorang Pendidik. ada yang menarik saat akun belajar.id kita gunakan dibandingkan menggunakan akun biasa seperti yang familiar kita pakai adalah Gmail.com. Dan mungkin ada alasan baik lainnya. 

Untuk Itu berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh Akun Belajar.id yang dibberikan KEMDIKBUD RI untuk Pendidik yaitu: Kelebihan akun belajar.id adalah, besaran ruang simpan data pada DRIVE, dengan kapasitas tidak terhingga, sementara DRIVE dari akun biasa hanya 15 GB. Selain itu masih ada beberapa kelebihan lainnya untuk guru dan siswa saat menggunakan akun belajar.id. 

saat transaksi pembelajaran maupun nantinya penggunaan akun Belajar untuk mengakses situs-situs pendidikan yang sudah bekerja sama dengan Kemdikbud RI perihal pembelajaran Online yang bisa diakses oleh peserta didik dengan keuntungan jika menggunakan Akun Belajar.id


Semoga pemahaman saya yang sederhana ini dapat bermanfaat. namun demikian beberapa informasi tentang pemanfaatan akun belajar.id. yang pelan-pelan saya pahami. 

Andai belum semua dapat dibuktikan, setidaknya melaksanakan program pemerintah untuk mengaktifkan akun belajar, atau memanfaatkan akun belajar.id menjadi wujud bakti kepada pemerintah. 

Saya meyakini anda semua sudah memahami bagaimana cara mengaktifkan akun belajar.id. 

Cara Mengaktifkan akun belajar.id adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan KOMPUTER, buka browser tulis mail.com, lalu login dengan memasukkan akun belajar.id lalu masukkan password.

2. Menggunakan HP, buka pengaturan buka google, tambah akun. 

Masukkan akun belajar.id masukkan password. /Selesai/

Untuk itu Akun ini juga bisa menjadi sebagai informasi berkaitan dengan hal-hal dalam dunia pendidikan. Misalnya, PJJ daring anda menggunakan akun belajar.id.

Semoga Bermanfaat.

Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Kupas Singkat Tentang Apa Itu Email Akun Belajar.Id Untuk Pendidik Dan Kelebihannya Untuk Pendidik"