Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh TEKS EKSPLANASI Menurut Pembagian Struktur Bertema Bencana Alam Banjir Bandang

 Contoh TEKS EKSPLANASI Menurut Pembagian Struktur Bertema Bencana Alam Banjir Bandang

Salam Hangat Dan Hormat

Salah satu Materi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP/SMA tentang Teks Eksplanasi. Pengertian Teks Eksplanasi adalah Teks yang memiliki tujuan untuk menjelaskan sesuatu atau menjelaskan dengan hubungan yang ada. Salah Satunya untuk menjelaskan Hubungan yang terjadi pada sebuah peristiwa seperti Bencana Alam.

Untuk anda yang ingin mencari Contoh Teks Eksplanasi Bertema Bencana Alam Banjir Bandang Silahkan Baca Contoh TEKS EKSPLANASI di bawah ini.


BANJIR BANDANG

(Paragraf Di bawah ini adalah bagian dari Tesis/Struktur Teks Eksplanasi)

Banjir Bandang dapat dipahami sebagai sebuah peristiwa datang nya air dalam volume besar, datang Secara tiba-tiba, mengalir cepat dan deras, Serta meendorong atau menyapu  benda-benda yang dilaluinya. Banjir bandang punya sebutan lain dan biasa disebut air bah. Selain itu, banjir bandang telah menyebabkan berbagai masalah, dari berbagai sektor seperti sosial dan ekonomi. Kemunculan Banjir bandang dapat merusak berbagai fasilitas dan infrastuktur yang dilewatinya. Semua itu disebabkan karena Aliran deras yang dimiliki Banjir Bandang dengan membawa berbagai bahan dari hulu. Menyebabkan beragam kerusakan rumah-rumah dan bisa saja memakan Korban. 

(Paragraf ini merupakan bagian Teks Eksplanasi Sebab-Akibat)

Penyebab utama banjir bandang adalah karena muncul dan terjadinya proses orografis. Adapun pengertian dari hujan orographic adalah hujan yang terjadi Karena angin yang mengandung uap air dan bergerak secara horizontal. Kemudian angin naik ke gunung, suhu udara dingin yang berasal dari pegunungan  menyebabkan perubagan atau kondensasi. Selanjutnya, hujan yang terjadi di sekitar pegunungan turun dengan curah hujan yang deras mengakibatkan banjir besar yang terjadi di daerah sepanjang aliran sungai.

Penyebab lainnya banjir bandang adalah pembentukan bendungan alami akibat longsor dari lereng sepanjang aliran sungai. Bendungan alami ini biasanya terbentuk dari tanah longsor dalam bentuk bebatuan,tanah,dan kayu yang di hasilkan dari pembalakan liar di sepanjang lereng.bendungan alami yang terbentuk akibat longsor menyebabkan air hujan dan air jatuh dari lorong bukit untuk di tampung di atas sehingga danau atau sejumlah air besar terbentuk.karena lebih banyak hari air yang di bendung meningkat dan ketika bendungan alam tidak mampu menahan jumlah air bendungan akan rusak.kerusakan bendungan alami menyebabkan banyak air tumpah dan mengalir melalui lembah dan sungai tua dan menabrak segala sesuatu di depannya.

(Paragraf ini merupakan bagian Teks Eksplanasi Interpretasi)

Banjir bandang tidak serta merta dapat dianggap sebagai masalah dari satu penyebab. Akan tetapi, Banjir Bandang adalah sesuatu yang di sebabkan oleh beberapa faktor sehingga berubah menjadi sebuah banjir banjir. Untuk itu, Pemerintah dan masyarakat harus bersatu untuk mengatasi penyebab atau antisipasi terhadap datangnya banjir bandang. Sehingga dampak negatif dari bencana alam dapat diminimalkan dan meminimalisir jatuhnya kerugian dan korban di masyarakat yang tinggal di daerah berpotensi banjir bandang. /Selesai/


Semoga Contoh diatas bisa menjadi referensi dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan Mater Teks Eksplanasi. Smeoga Bermanfaat.


Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Contoh TEKS EKSPLANASI Menurut Pembagian Struktur Bertema Bencana Alam Banjir Bandang"