Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Eksplanasi Menurut Pembagian Struktur Bertema Peristiwa Alam Proses Terbentuknya Petir

Contoh Teks Eksplanasi Menurut Pembagian Struktur Bertema Peristiwa Alam Proses Terbentuknya Petir

Salam Hangat dan Hormat

Salah satu Materi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP/SMA tentang Teks Eksplanasi. Pengertian Teks Eksplanasi adalah Teks yang memiliki tujuan untuk menjelaskan sesuatu atau menjelaskan dengan hubungan yang ada. Salah Satunya untuk menjelaskan Hubungan yang terjadi pada sebuah peristiwa seperti Bencana Alam.

Untuk anda yang ingin mencari Contoh Teks Eksplanasi Bertema Peristiwa Alam Proses Terbentuknya Petir.  Silahkan Baca Contoh TEKS EKSPLANASI di bawah ini.


Tesis ;

Petir merupakan peristiwa lepasnya muatan listrik statis yang terjadi secara drematik dan alamiah. Peristiwa ini terjadi akibat dari keluarnya muatan-muatan listri dari benda,dalam hal ini adalah awan.Pelepasan listrik statis kadang-kadang terjadi secara perlahan dan tenang.namun, sesekali berlangsung cepat di Sertai  percikan cahaya atau bunyi ledakan .percikan cahaya yang muncul ini di sebut dengan kilat.

Deretan Penjelas:

Proses pembentukan Petir terjadi karena adanya perbedaan pontensial muatan antara awan dan bumi, atau awan dengan awan lainnya. Muatan yang ada di dalam awan itu terjadi karena awan pergerakan yang terjadi dan berlangsung secara terus-menerus dan secara teratur. Selama terjadinya pergerakan  awan terjadilah sebuah interaksi awan dengan awan lainya. Menyebabkan muatan negatif  berkumpul pada salah satu sisi. Sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi lainnya. Biasanya ini terjadi sebelum awan menumpahkan air atau sebelum terjadinya hujan.

Awan sendiri terdiri dari jutaan butir air dan es beku di udara. Selama proses interaksi, butiran air berbenturan dengan awan lain yang sedang kembali mencair (kondesasi) keatas butiran ini mengakibatkan muatan negatif (elektron) terjatuh. 

Elektron tersebut terkumpul dibagian bawah memberikan muatan negatif dan awan yang naik yang kehilangan elektron, membawa muatan positif kebagian atas.  Pada titik ini,udara yang naik mempunyai kemampuan untuk membawa muatan positif keawan bagian atas,bagian beku lainnya akan terjatuh kebagian awan terbawah atau menuju ke tanah.kombinasi antara benturan dan pembekuan ini menyebabkan perbedaan muatan yang sangat besar,dan mengakibatkan terjadinya Sambaran petir.

Interpretasi ;

Petir merupakan salah satu fenomena alam atau peristiwa alam yang punya kekuatan dan dapat  menghancurkan. walaupun proses atau terjadinya arus petir hanya sesaat. Petir biasanya terjadi selama 200 mikrodetik. Namun, kerusakan yang di timbulkan sangat luar biasa. Untuk itulah kita sebagai Makhluk hidup  harus berhati-hati terhadap petir dan selalu menjaga diri kita dengan cara berlindung di tempat yang aman./selesai/

Semoga contoh teks eksplanasi di atas dapat menambah referensi bagi anda tentang teks Eksplanasi. Semoga bermanfaat.
Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Contoh Teks Eksplanasi Menurut Pembagian Struktur Bertema Peristiwa Alam Proses Terbentuknya Petir"