Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Contoh Teks Resensi Film Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Kegiatan literasi salah satunya dengan membaca. Teknologi saat ini juga menghadirkan literasi secara audio visual berupa Film yang bisa dijadikan bahan literasi. Salah satunya Kegiatan Meresensi Film yang ada dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. 

Seperti yang kita ketahui dalam Meresensi Film ada struktur untuk mempermudah kita dalam menuliskan resensi yang terdiri dari; Identitas film, Pendahuluan dan Isi, Kelebihan, Kekurangan dan Kesimpulan.Berikut ini Saya sajikan Contoh Teks Resensi Film Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Selamat berliterasi semoga bermanfaat.

5 Contoh Teks Resensi Film Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia
 

1. TEKS RESENSI FILM: Milea; Suara Dilan

IDENTITAS FILM

Judul Film: Milea; Suara Dilan

Sutradara: Fajar Bustomy dan Pidi Baiq

Produser: Ody Mulya Hidayat

Rumah Produksi: Max Pictures

Tahun Produksi: 2016/13 Februari 2020

Durasi: 01:31:58

Nama Pemain: Iqbal ramadhan, Vanesha Priscilla, Ira Wibowo, Bucek, Happy Salma, Farhan, Steffi Amora.

Pendahuluan dan ISI

Dilan, seorang panglima tempur sebuah geng motor di Bandung awal 90-an menjalin hubungan dengan seorang siswi baru asal Jakarta bernama Milea. Dia selalu merasa bahagia saat bersama Milea, namun justru hal inilah yang membuat teman-teman geng motor Dilan merasa dirinya makin menjauh dari kelompok tersebut. Hingga suatu ketika terjadilah peristiwa mengerikan yang menimpa salah satu anggota mereka, Akew. Ia dikeroyok oleh sekelompok orang yang mengakibatkan dirinya meninggal dunia. Peristiwa itu membuat Milea khawatir akan keselamatan Dilan. Milea membuat keputusan untuk berpisah dengannya sebagai peringatan agar Dilan menjauh dari geng motor tersebut.

Di sisi lain peristiwa yang menimpa Akew juga menyeret Dilan ke pihak berwajib bersama teman-temannya. Perpisahan yang awalnya hanya gertakan Milea saja menjadi perpisahan yang berlangsung lama sampai mereka lulus kuliah dan dewasa. Perpisahaan itu membawa perasaan yang sama hingga ketika keduanya kembali bertemu di sebuah reuni, namun saat itu mereka sudah memiliki pasangan masing-masing.

KELEBIHAN

Kelebihan film Milea; Suara Dilan adalah chemistry sangat kuat yang terbangun diantara dilan dan milea. Skenario nya ditulis dengan sangat rapi, yang terlihat dari dialog-dialog dalam film itu bisa membuat kita senyum-senyum sendiri saat mendengarkan nya.

KEKURANGAN

Kekurangan film Milea; Suara Dilan adalah tata sinematografi yang tidak optimal dan terkadang kurang stabil, sisi badboy dilan tidak begitu ditampilkan. Serta film Milea; Suara Dilan ini hanya menggambarkan problema cerita cinta sejak remaja SMA yang tak berakhir bahagia.

KESIMPULAN

Film Milea; Suara Dilan layak untuk di tonton oleh remaja SMA, hanya saja ada beberapa sikap dilan yang tak patut dicontoh seperti: suka berkelahi, dan sikap badboy nya terhadap para cewek-cewek.


2. TEKS RESENSI FILM: Menebus Impian

IDENTITAS FILM 

Judul film : Menebus Impian 

Sutradara : Hanung Bramantyo 

Produser : Hanung Bramantyo

Tahun produksi : 2010 

Durasi : 1 jam 30 menit

Rumah produksi : Dapur Film 

Nama pemain : Acha Septriasa, Fedi Nuril, Ayu Diah Pasha, Ayu Diana, Jaja Mihardja, dan lain-lain. 

PENDAHULUAN DAN ISI

Film menebus impian merupakan film drama dan dapat kita pelajari dalam sebuah kehidupan, film ini sangat menarik diresensi karena pernah menjadi film terlaris yang diputar ditahun 2010.

Film ini menceritakan tentang perjuangan seseorang yang miskin untuk meraih kesuksesan. Dalam sebuah keluarga miskin terdiri dari anak perempuan dan seorang ibu. Nur yang di perankan oleh Acha Septriasa, merupakan seorang mahasiswi. dan ibunya bernama Sekar, yang diperankan oleh Ayu Diah Pasya,memiliki pekerjaan sebagai buruh cuci. 

Ibunya Nur bertekad untuk menguliahkan Nur dan meminta agar ia fokus terhadap kuliahnya . Namun, pendapat ibunya sangat berbeda dengan Nur. Nur ingin segera bekerja untuk membantu perekonomian keluarganya. Banyak sekali masalah yang dijumpai Nur dalam film ini. 

Kemudian Nur bertemu dengan Dian, yang diperankan oleh Fedi Nuril . Dian adalah mahasiswa yang sudah mulai mapan . Dian ini sosok yang menginspirasi Nur agar ia kembali meraih cita-citanya . Nur banyak mengalami kegagalan, namun bersama Dian, ia terus bangkit. 

• KEKURANGAN 

kualitas gambar film nya bisa dikatakan kurang jernih. Selain itu beberapa pemain kurang pas memainkan perannya. Kualitas suara juga kurang jelas atau putus-putus. 

KELEBIHAN

Kelebihannya mampu menyentuh perasaan penonton sebab pemain mampu menghidupkan suasana sedih dibeberapa adegan.

• KESIMPULAN

Film ini sangat menarik untuk ditonton terutama kalangan remaja dan dewasa. 

Wasalamualaikum wr.wb.


3. TEKS RESENSI FILM  : Malik dan Elsa

IDENTITAS FILM

Judul film: Malik dan Elsa

Sutradara:Eddy prassetya

Produser: Ody Mulya Hidayat :Agus Basuki

Tahun Produksi: 2020

Durasi : 88 menit

Rumah produksi: max pictures

Nama pemain: Malik Dan Elsa


PENDAHULUAN DAN ISI

Film Malik dan Elsa diangkat dari novel best seller berjudul sama karya boy Chandra dan dibintangi oleh Endy Arfian dan Salshabilla Adriani.

Cerita film Malik dan Elsa mengalun layaknya film film drama pada umumnya . Sesekali mengantar kita ke pasar tradisional, Tempat Malik kerja serabutan sebagai kuli

Elsa menyelidiki kehidupan Malik dan bagaimana rumah indekosnya. Malik yang bukan orang berada ngekos sekamar dengan sahabatnya, Lubis (Hendra Lesmana).

Suatu hari, Lubis mengirimkan karya tulis Malik ke sebuah kompetisi berhadiah beasiswa ke Amsterdam, Belanda.

Dua menu utama Malik dan Elsa, kisah cinta beda kasta serta kecerdasan sebagai senjata pengubah nasib. Hawa romantis yang diembuskan sineas Eddy Prasetya tak terlalu puitis atau dramatis. Relatif pas dan terasa dekat dengan kehidupan remaja umumnya.

Chemistry Endy Arfian dan Salshabilla Adriani apa adanya. Tampak effortless. Endy tidak sok romantis. Salshabilla tampil bersahaja tapi kita tahu dia anak orang berada dari gaya bicara, penampilan, dan sifat.

• KEKURANGAN

ending-nya tidak berakhir klise. Terasa realistis. Bagi anak orang tak mampu, jika dihadapkan pada cinta (yang belum tentu berakhir di pelaminan) atau masa depan, jelas betul mana yang mesti dipilih.

•KELEBIHAN

Kelebihannya Kita Bisa Mencontoh kan Karna Yg Di Pilih Belum Tentu Jdi Kita .

•KESIMPULAN

Film ini Sangat menarik untuk ditonton terutama kalangan remaja dan dewasa

Wasalamu'alaikum wr WB.


4. TEKS RESENSI FILM : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck


IDENTITAS 

Judul Film : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Sutradara : Sunil Soraya

Tanggal Dirilis : 19 Desember 2013

Genre : Roman

Pemeran Utama : Pevita Pearce sebagai “Rangkayo” Hayati

Herjunot Ali sebagaiZainuddin

RezaRahadian sebagai Aziz

Pemeran Pendukung : Randy Danistha sebagai muluk ArzettiBilbina sebagai ibu muluk KevinAndrean sebagai Sophian

Gesya Shandy sebagai Khadijah

Penulis Asli : Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka)

Durasi : 120 menit


PENDAHULUAN DAN ISI

Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” hadir memenuhi kehausan penikmat film dan sastra. Cerita dimulai dengan Zainuddin seorang pria berdarah Minang-Bugis yang ingin menuntut ilmu agama di Batipuh, Sumatra Barat. Di tanah kelahiran ayahandanya itulah pertemuan dengan Hayati terjadi. Takdir memang tidak disangka-sangka, sejak Hayati kehujanan dan dipinjamkan payung oleh Zainuddin selepas pengajian, hubungan mereka pun menjadi lebih akrab dengan surat-menyurat. Tak jarang mereka pun bertemu dan sedikit berbincang.

•KEKURANGAN

Penggunaan logat asli Bugis yang diperankan oleh Zainuddin memang mempertahankan ciri ethnic yang terkandung, hanya saja logat yang diucapkan terdengar kurang natural dan malah terkesan lucu. Selebihnya sudah baik

•KELEBIHAN

Film ini menyajikan kisah yang diadaptasi dari novel angkatan klasik yang dikemas dengan menarik dan tetap mempertahankan unsur-unsur ethnic yang terkandung, seperti dialog antartokoh yang menggunakan bahasa daerah. 

•KESIMPULAN

yang terdapat dalam novel Tengelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka : Jika cinta itu tulus dari hati yang sebenarnya, maka cinta itu tidak perlu memaksakan untuk dimiliki. Dalam hidup kita tidak dapat mudah putus asa dan harus selalu memiliki tujuan hidup

Assalamualaikum w.w


5. TEKS RESENSI FILM : Keluarga Cemara

IDENTITAS FILM

judul film: keluarga Cemara

Produser: Anggia kharisma, gina S. Noer

Sutradara: Yandy laurens

Tahun: 2019

Rumah produksi: Visinema picture

Durasi: 1 jam 50 menit. 


PENDAHULUAN DAN ISI

Film ini menggambarkan sebuah keluarga yang disebut Keluarga Cemara. Film yang bermula dari kehidupan keluarga di Jakarta yang berkecukupan dengan menampilkan kebahagiaan. Sampai pada akhirnya keluarga cemara ini mengalami suatu keadaan atau masa sulit karena paman yang meminjam sertifikat rumah Abah mengalami kebangkrutan. 

Akhirnya keluarga ini pindah ke rumah warisan keluarga, rasa tanggung jawab yang dimiliki tokoh Abah yang menjadi ojek online dengan berpenghasilan tidak menentu. Menjadi gambaran bahwa dalam kehidupan sesuatu bisa terjadi tanpa diduga dan disangka.

Selanjutnya tokoh di film keluarga cemara adalah; Euis anak pertama dari keluarga ini juga sulit beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sedangkan Ara masih belum memahami arti bangkrut.

Keluarga ini memutuskan untuk pindah ke Jakarta kembali karena tidak mampu beradaptasi dengan menjual tanah rumah warisan keluarga. Namun pada akhirnya mereka mengagalkan keinginannya karena mereka menyadari bahwa dirumah mereka inilah mereka semakin menemukan kasih sayang. Dan dengan bertambahnya anggota keluarga yaitu adik ara semakin menambah kebahagiaan keluarga tersebut.

KELEBIHAN

Kelebihan nya yaitu cerita yang sederhana yang mudah di pahami oleh seluruh usia dan juga konflik di dalam film ini tertata dengan rapi. Sehingga membuat penonton dapa menikmati alur film dari awal sampai akhir.

KEKURANGAN

Film ini memiliki kekurangan dalam hal bahasa atau kata yang muncul di beberapa adegan yaitu berupa beberapa kata yang sulit di pahami bagi penonton yang dikategorikan anak-anak.

KESIMPULAN

Film ini membawa pesan penting tentang apa itu Keluarga. Film Keluarga Cemara ini juga mengajarkan tentang bagaimana Kasih sayang, saling menyayangi sesama anggota keluarga. Menjadikan film ini bagus ditonton dan membawa pesan moral yang baik bagi yang menontonnya.

5 Contoh Teks Resensi Film di atas dapat menjadi sarana bagi kita semua dalam melakukan kegiatan literasi berupa meresensi Film. Semoga Bermanfaat.

Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "5 Contoh Teks Resensi Film Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia"