Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puisi Bertema kemerdekaan Berjudul Kebebasan Agustus


Salam Hangat dan Hormat

Agustus merupakan bulan yang punya kesan tersendiri bagi kita warga negara Indonesia. Momen Terpentingnya adalah saat Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan negara Indonesia.

Momen ini sebagai tonggak awal negara Indonesia sebagai sebuah negara yang Merdeka. Merdeka berarti lepas dari penjajahan negara lainnya yang telah menduduki negara Indonesia. 

Saat ini kita menikmati apa yang telah dilakukan oleh pendahulu kita. untuk itu, Kita sebagai warganegara Indonesia harus mengisi Kemerdekaan Indonesaia dengan hal-hal positif dan menjadi lebih baik dalam membangun bangsa yang besar ini dengan cara masing-masing dan bermanfaat bagi diri, orang lain dan lingkungan.

Berikut ini saya sajikan puisi saya berjudul "KEBEBASAN AGUSTUS" Selamat Berliterasi.

Kebebasan Agustus

Oleh : Halley Kawistoro

Jika waktu bisa diputar, Aku ingin berdiri di depan saat negeri ini memprokalmirkan diri.

Tidak sebagai apapun namun aku hanya ingin menjadi bagian dan saksi pada sebuah peristiwa berarti bagi negeri kita Indonesia.

Merdeka

Kita harus bangga terhadap kata itu

yang punya makna luas tentang satu kesatuan sebuah bangsa yaitu Indonesia.


Merdeka 

Bukan untuk bulan agustus saja

namun di bulan lainnya, waktu lainnya. Sehingga Kita harusnya membuka mata untuk bisa menghargai mereka yang telah berjuang dan bisa kita bebas merasakan air, tanah, tumbuhan, lautan, pegunungan, dan samudera yang dimiliki sebuah negeri Bernama INDONESIA.

Merdeka

Kebebasan bersuara lantang tidak terbatas, dengan demokrasi yang harus ditata rapi, Untuk menghindari sebuah ilusi tentang kekayaan negeri yang suatu saat nanti tidak bisa dinikmati jika hari ini kita tidak peduli dan tidak mau menjaganya lagi.

Kebebasan sebagai bagian makna dari kata merdeka di bulan Agustus yang dahulu diraih dengan usaha yang gigih dan rela mengorbankan Tenaga, Bahkan Nyaw4.

Kebebasan bukan berarti kita bebas dan sesuka hati mencibir kesana kemari merasa menjadi paling berarti. Padahal hanya mementingkan diri sendiri.

Kebebasan Agustus harus kita anggap Serius 

Jika kita lengah dan terlena di lain waktu. 

kita akan bisa kembali ke masa lalu tidak punya apa-apa lagi dan kata merdeka akan tersimpan, terkunci pada generasi yang terbungkam karena kesalahan Kita saat ini.

Selamat HUT RI di Bulan Agustus/ 09 Agustus 2022/ Merdeka untuk berbuat dan berusaha.

Hormat Saya,


Penulis


Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Puisi Bertema kemerdekaan Berjudul Kebebasan Agustus"