Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hal Yang Tidak Didapatkan Orang Lain, Ketika Kita Suka Menulis dan Menjadi Penulis Di ERA Serba Digital

Ilustrasi Orang Yang Suka Menulis Dan Penulis (Foto dari Pixabay)

HALLEYKAWISTORO.com
- Kemampuan berbahasa salah satunya adalah kemampuan menulis, Bisa disebut menulis menjadi level tertinggi bagi kemampuan berbahasa seseorang.

Orang yang suka menulis, berpeluang besar menjadi seorang Penulis dan mendapatkan Hal yang tidak didapatkan oleh Orang lain.

Sering muncul stigma buruk di sebagian pendapat bahwa menulis tidak berdampak apa-apa dan sebagai sebuah kegiatan yang tidak nyata secara langsung. Dikarenakan Objek yang di hasilkan hanya berupa tulisan.

Sebaliknya ramai di dunia pendidikan dan lainnya istilah Literasi. Literasi sendiri sebenarnya menobatkan kegiatan menulis sebagai bentuk Implementasi kegiatan literasi itu sendiri. Literasi sendiri didefinisikan sebagai bentuk mengolah informasi dari kegiatan membaca dan menulis.

Nah, dari definisi tersebut bisa disepakati bahwa Menulis bagian literasi. Lalu, Muncul pertanyaan nya bagaimana dengan kegiatan membaca. Sebenarnya kita tanpa perlu ambil pusing untuk membaca. Karena kita sudah dibekali dengan mata sebagai alat untuk kita membaca.

Kok membaca disepelekan ya? bukan disepelekan, Menurut pendapat saya pribadi. Ketika Individu sudah mencapai tingkatan untuk suka dan terbiasa menulis, maka individu tersebut mendapatkan stimulus internal untuk membaca. Selanjutnya terciptalah kegiatan literasi dalam hal mengolah Informasi untuk diri sendiri maupun untuk disampaikan kembali baik melalui tulisan maupun lisan.

Namun, ada kebiasaan di masyarakat. Banyak dan sebagian orang masih melihat apa yang dibicarakan dari siapa yang berbicara. bukan Apa yang dibicarakan. Masih Di agung-agungkan Jabatan, kekuasaan, kekayaan, dan status sosial jika apa yang ingin disampaikan masih mau di dengar dan dapat diterima orang.

Melalui kegiatan menulis lah ternyata kita bebas berkekspresi dan bisa membuat batasan sendiri dengan apa yang akan ditulis.

selain penjelasan di atas semua, Saya berpendapat ada 6 Hal Yang Tidak Didapatkan Orang Lain, Ketika Kita Suka Menulis dan Menjadi Penulis Di ERA Serba Digital. Silahkan di simak ya.

1. Mendapat Penghasilan

Pada poin pertama, tentang penghasilan. Era digital mengantarkan peluang bagi orang yang suka menulis atau penulis untuk mendapatkan. Baik pendapatan langsung atau tambahan. Penggunaan Bahasa masih menjadi alat komunikasi di Era Digital ini.

Banyak Platform dan aplikasi yang membuka ruang bagi penulis untuk berekspresi dan tentuny bisa mendapat penghasilan dan cuan.

2. Menerbitkan Karya tulis

Pada Poin kedua ini, Karya Tulis atau Objek yang dihasilkan dari kegiatan menulis menjadi sebuah kebahagiaan sendiri. Apalagi ketika tulisan kita bisa diterbitkan menjadi buku, baik digital maupun cetak. Salain itu, dapat juga apa yang ditulis menjadi Konten Visual yang kita bebas terbitkan di Platform dan aplikasi mendukung lainnya.

Kebahagian Menerbitkan karya tulis atau Konten Tulisan, hanya bisa dirasakan oleh orang yang suka menulis. rasanya luar biasa dan Mantap.

3. Mendapat ilmu dan pengetahuan baru

Pada bagian Nomor 3, Seorang yang suka menulis akan mendapat kan stimulus dan dorongan berupa refleksi terhadapm apa yang ditulis dana merevisi kembali tulisannya. untuk menjadi sebuah produk tilsan yang selain nyaman untuk diri sendiri dan nyaman untuk di baca orang lainnya. 

Walaupun akan selalu ada pro kontra, suka dan tidak suka. Namun, tetap saja akan ada orang-orang yang menghargai apa yang anda lakukan dengan menulis dan Menjadi Penulis.

Semangat terus dan pantang Mundur Ya...

4. Mendapat Informasi Benar dan Terhindar Hoaks

Ini untuk Nomor 4 sudah mulai lelah Menulis, tapi coba kita terus memaksakan diri dan nantinya terbiasa menulis. jadikan kegiatan menulis hal yang menyenangkan dan semoga bisa membuat senang orang lain juga.

Ohhh, hampir lupa, mau menyampaikna bahwa melalui suka menulis kita semua akan mampu dan memiliki kemampuan menyaring atau memfilter Informasi yang diterima. Apakah Informasi tersebut Fakta atau HOAKS?

Tentunya, kelebihan ini tidak disadari secara alami bagi yang suka menulis kerena suka memproduksi informasi jadi lebih cermat untuk memilah-milah informasi. 

5. Membuat Mindset yang luas Bagi Orang yang suka menulis

untuk Nomor 5, Saya lakukan searching dulu di browser nih dan Mbah Google kasih tahu tentang Mindset sebagai awalan buat saya sampaikan kepada Anda.

Mindset Luas yang didapat Orang yang suka menulis, saya maknai sebagai sebuah hal yang luar biasa bagi penulis atau suka menulis. Dengan  kata lain, Keluasan Mindset seorang yang suka menulis tidak akan sama dengan orang lain. 

Orang suka menulis akan mengkaji terlebih dahulu untuk merespon Mindset orang lain. Mengolah nya menjadi sebuah yang dapat diterima dan Orang yang suka menulis menjadi lebih Damai dan tenang ketika harus berbeda Mindset.

Mindset itu salah satunya bermakna sikap atau keyakinan yang dipegang orang? Jadi berbeda mindset bukan hal yang dipermasalahkan bagi penulis atau orang yang suka menulis.

6. Menjadikan Hobi Menulis Sebagai Hal Yang bermanfaat

Untuk saya sendiri, Hobi menulis seperti ajang tantangan atau seperti hobi kayak bermain game. artinya ada level-level tertentu yang terus dipelajari. Terkait, tata bahasa, aturan lainnya, dan hal-hal apa yang bisa ditulis atau tidak?

Kok seperti itu? Maksud yang ingin saya sampaikan. Pada awal nya saya hanya hobi menulis puisi, menyampaikan perasaan untuk saya baca sendiri, dan saya mikmati sendiri. Jadi, Awalnya saya menulis untuk diri sendiri. 

Namun, dengan berjaalannya waktu saya masuk ke dunia Blog dan Menggunakan Medsos untuk mengeksprseikan perasaan dan semoga juga bisa dirasakan sama oleh orang lain.

Tentunya Harapan tertinggi Kita sebagai manusia salah satunya "Kehidupan Kita Dapat Memberi Manfaat Bagi Orang Lain"

Nah itulah closing tulisan ini, semoga apa yang saya tulis bermaanfaat dan 6 Hal Yang Tidak Didapatkan Orang Lain, Ketika Kita Suka Menulis dan Menjadi Penulis Di ERA Serba Digital dapat diterima dengan kesamaan pemahaman dan kesepatan.

Ayo Menulis, terus menulis dan membaca Kehidupan.

Hormat Saya,

Halley Kawistoro

Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "6 Hal Yang Tidak Didapatkan Orang Lain, Ketika Kita Suka Menulis dan Menjadi Penulis Di ERA Serba Digital"