Cara Memahami Teks Prosedur Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 7


Cara Memahami Teks Prosedur Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 7
Salam Hangat dan Hormat
Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 semester genap dalam kompetensi dasar 3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara  membuat (Cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
Berdasarkan Kompetensi dasar tersebut berikut Admin paparkan sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara memahami Teks Prosedur.
Teks Prosedur dapat dipahami berdasarkan dari kata Teks adalah susunan kalimat yang tersetruktur memiliki tujuan sebagai cara untuk menginformasikan sesuatu kepada pembacanya. Sedangkan, Prosedur bersinonim dengan kata Petujuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebelumnya. Teks Prosedur juga berisi kalimat perintah yang urut dan mudah dipahami untuk dilakukan/diaplikasikan oleh pembacanya.
Prosedur memiliki makna sebuah informasi secara runtut/berurutan dalam melakukan sesuatu. Sedangkan Kata Petunjuk merupakan sebuah informasi untuk memberitahukan kepada orang lain untuk dijadikan pedoman dalam melakukan sesuatu hal.
Mengidentifikasi Teks prosedur dapat dilakukan dengan melihat awalan kata dalam judul teks. Cara merupakan kata yang menjadi simbol penanda teks prosedur.
Kata CARA = dikaitkan dengan tujuan dari teks prosedur dapat memunculkan kelompok teks prosedur itu sendiri.
Cara Membuat yang merupakan gabungan dari kata dasar + Me (prefiks)
Cara memainkan/Menghidupkan/Melakukan yang merupakan gabungan dari Kata dasar + Me-Kan. (imbuhan prefiks + sufiks).
Dengan kata lain, Klasifikasi yang muncul dikaitkan dengan kata dasar dengan Imbuhan berupa awalan dan akhiran. Berdasarkan bentuk gabungan tersebut muncul dua klasifikasi. Sedangkan berdasarkan Tujuannya Teks Prosedur bisa dibagi menjadi sebagai berikut
1. Teks Prosedur untuk melakukan sesuatu berhubungan dengan objek
2. Teks Prosedur bertujuan untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan (karya dan Cipta)
3. Teks Prosedur yang bertujuan Memberitahu Informasi secara urut tentang sesuatu yang dibutuhkan dan belum diketahui orang lainnya.
PENJELASANNYA SEBAGAI BERIKUT.
1. Teks Prosedur untuk melakukan sesuatu berhubungan dengan objek = adalah sebuah teks dengan maksud memberitahukan sebuah Objek yang bisa digunakan secara benar dan tepat.
Contohnya  = cara menggunakan Mesin cuci, cara memainkan gitar, cara memakai Jilbab.
Dari contoh judul tersebut, teks prosedur berhubungan langsung dengan objek/benda yang ditemui oleh manusia untuk dipergunakan secara tepat.
2. Teks Prosedur bertujuan untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan (karya dan Cipta). Teks prosedur ini ditandai dengan kata kunci Me+buat, Me+masak, Me+Racik = Membuat, memasak, Meracik. Namun secara Umum Kata Membuat Lebih sering dipakai dalam penggunaan judul Teks Prosedur.
Contohnya = Cara Membuat Kue Kukus, Cara Meracik Obat sakit perut, Cara Memasak Nasi goreng, dan lain-lain.
3. Teks Prosedur yang bertujuan Memberitahu Informasi secara urut tentang sesuatu yang dibutuhkan dan belum diketahui orang lainnya. Teks Prosedur ini merupakan bentuk lain dari pembelajaran Teks petunjuk dalam kurikulum KTSP. Tujuan teks tersebut digunakan untuk memberitahukan informasi baru/terkini/aktual yang bisa di aplikasikan secara mudah bagi orang lain atau yang membutuhkannya. Biasanya, Teks tersebut dapat ditemukan dalam produk-produk yang berhubungan langsung dengan pemakai.
Contohnya = Cara Memasak mie instant, cara mengkonsumsi obat, dan lain-lain.
Berikut Contoh Teks Prosedur
Cara Membuat Nasi Goreng
Nasi goreng merupakan salah satu makanan Indonesia yang telah mendunia karena kelezatannya. Berbagai macam jenis nasi goreng diciptakan dengan cara memasak yang berbeda-beda. Defenisi nasi goreng yang dahulunya bertujuan untuk memanfaatkan sisa nasi yang ada. Berubah menjadi sebuah produk baru yang disukai masyarakat untuk dikonsumsi sebagai jajanan dan panganan Favorit.
Berikut cara membuat nasi goreng
Bahan-bahan
Nasi sebanyak 2 porsi/ 2 piring.
4 siung bawang merah dan 2 siung bawang putih telah dikupas.
Dua sendok makan minyak goreng
Garam, gula dan penyedap rasa satu ujung sendok teh (sedikit saja)
Cara Membuat
Siapkan Kuali dan sendok masak di atas kompor. Setelah itu bahan-bahan disatukan “bisa dengan diblender atau digiing” (kecuali minyak goreng dan nasi). Hidupkan kompor dengan api sedang. Lalu, masukan minyak goreng ke dalam kuali. Masukkan bumbu yang telah disatukan dan aduk sampai harum. Masukkan nasi dan aduk sampai merata dengan bumbu dalam kuali. Setelah merata matikan api dan nasi siap dihidangkan di atas piring.
Catatan : Bisa disajikan dengan telur atau lauk lainnya. Ditambah kerupuk, saos, dan kecap sesuai selera.
Selamat Mencoba.
Contoh teks prosedur diatas bisa diaplikasikan oleh siapa saja yang ingin membuat Nasi Goreng.
Teks Prosedur yang baik bisa memiliki deskripsi yang jelas atau sebaliknya. Dibuat sesederhana mungkin dan mudah dipahami bagi pembacanya.
Semoga penjelasan Mengenai teks prosedur tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan baik bagi pembaca blog ini, peserta didik anda, dan rekan guru Bahasa Indonesia.
Teks Prosedur / halleykawistoro.blogspot.com

Kritik dan saran pembaca silakan sampaikan langsung dalam kolom komentar atau hubungi langsung kontak yang ada. Kesalahan dan kekhilafan saya dalam menulis Informasi ini mohon dimaklumi. Bantu Blog ini dengan Ikuti Google + Penulis dan Sukai FanPage Facebook yang ada bila informasi yang dibagikan bermanfaat bagi anda.
Info Terkait berhubungan dengan Pelajaran Bahasa Indonesia :
Sampai Jumpa di Artikel Menarik lainnya.
Hormat saya,

Penulis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memahami Teks Prosedur Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 7"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.