Cara Belajar Berlatih Mendeskripsikan Kalimat Sederhana Pada Mapel Bahasa Indonesia


Cara Belajar Berlatih Mendeskripsikan Kalimat Sederhana Pada Mapel Bahasa Indonesia
Oleh: Halley Kawistoro
Salam Hangat Dan Hormat
Selamat datang di blog sederhana ini. Besar harapan saya bagi adik-adik yang ingin melatih kemampuan menulisnya.
Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dan dijadikan sebagai Mata pelajaran yang ikut dalam Ujian Nasional. Banyak hal yang bisa ditingkatkan dalam keterampilan berbahasa. Salah satu keterampilan berbahasa yang kompleks adalah Keterampilan Menulis.
Belajar Dan Berlatih Mendeskripsikan Kalimat Sederhana menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis. Setelah kita mampu menulis sederhana, ada baiknya kita terus mengasah keterampilan menulis.
Berikut ini contoh menulis yang bisa kita lakukan dalam mendeskripsikan kalimat.
Contoh Pertama:
Saya Pergi.
Kalimat dengan subjek+predikat di atasa kita bisa kembangkan menjadi kalimat yang majemuk dengan mendeskripsikannya.
Saya Pergi bersama teman-teman mengunjungi perpustakaan daerah yang terletak di Jalan Jend. Sudirman.
Contoh Kedua:
Saya Makan Nasi.
Kalimat di atas dengan komposisi Subjek+Perdikat+Objek. Kita bisa mengembangkannya menjadi kalimat yang majemuk dengan mendeskripsikannya.
Saya suka makan nasi dengan menggunakan dengan tangan dikarenakan lebih mudah.
Contoh Ketiga:
Saya Minum Es Jeruk.
Kalimat di atas dengan komposisi Subjek+Perdikat+Objek+Keterangan. Kita bisa mengembangkannya menjadi kalimat yang majemuk dengan mendeskripsikannya.
Saya Minum Es Jeruk di waktu siang hari sambil menyantap pisang goreng yang ibu sajikan.
Setelah beberapa contoh di atas. Ternyata mengembangkan kalimat dengan cara mendeskripsikan sangat mudah untuk dilakukan.
Keterampilan Menulis / Halley Kawistoro

Ada beberapa manfaat dari Kegiatan di atas.
1. Meningkatkan kemampuan otak dalam kompetensi bahasa = Maksudnya seseorang yang mampu mengembangkan kemampuan menulisnya dan pada tahapan terampil diperoleh dari memaksimalkan otaknya dalam mengolah kata untuk dituangkan menjadi sebuah tulisan yang bisa dipahami dan bermakna.
2. Mampu berkerja secara bertahap/terstruktur = Maksudnya seseorang yang terus melatih keterampilannya dalam menulis. Adalah seseorang yang bisa berkerja secara bertahap dari tingkatan terendah sampai rumit.
3. Terampil menulis membuat percaya diri terutama dalam berbicara = Maksudnya kompetensi seseorang yang mahir menulis bukanlah sebuah proses instan. Keterampilan tersebut didapat melalui proses panjang. Keterampilan tersebut juga di iringi dengan proses mencari literasi dengan pemahaman akan kosakata yang tepat untuk dipadukan dalam pembentukan kalimat. Selain itu juga, seseorang yang terampil menulis akan memiliki kecenderungan untuk mampu tampil baik dalam berbicara. Sedangkan orang yang terampil berbicara terkadang sulit menuangkan gagasan/idenya dalam tulisan.
Tiga manfaat di atas merupakan opini sederhana yang ingin saya sampaikan dalam blog ini. Semoga apa yang anda baca menjadi bahan referensi dari cara pandang yang berbeda. Selamat meningkatkan keterampilan menulis.
Hormat Saya,
Penulis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Belajar Berlatih Mendeskripsikan Kalimat Sederhana Pada Mapel Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.