5 Cara Mencegah Hoaks Pilpres Tahun 2019


5 Cara Mencegah hoaks Pilpres Tahun 2019

Oleh: halley kawistoro

Perhelatan pilpres dan pemilihan legislative tahun 2019 telah sukses di gelar pada 17 april yang lalu. Namun, efek dari peristiwa atau perhelatan tersebut meninggalkan hal-hal yang kurang membahagiakan. Itu semua dikarenakan adanya deklarasi kemenangan yang dilandasi dari keinginan untuk mengintimidasi masing masing pendukung. Khalayak ramai dipertontonkan dengan suguhan yang tidak mendidik. Hasil dari deklarasi masing-masing pasangan calon presiden tersebut dan tim kemenangannya. Setelah itu semua adalah munculnya atau banyaknya hoax yang berkembang subur dengan tujuan dan maksudnya masing-masing.




Berikut 5 cara mencegah hoax pada Pilpres 2019 disertai videonya.

Cara anda yang pertama jangan langsung menerima informasi tanpa dibaca dan dipahami terlebih dahulu. Pahami dengan baik setiap informasi yang berkembang dan menyebar di beranda media sosial anda. Jika perlu abaikan informasi yang berupa hoaks.

Cara anda yang kedua jangan langsung mudah membagikan link atau tautan yang anda belum pahami dan telaah kebenarannya. Banyak link atau tautan yang muncul. Lihat secara seksama isinya. Jika informasi atau link tersebut hoaks jangan langsung anda bagikan.

Cara anda yang ketiga jangan mudah terprovokasi dengan informasi dari manapun. sehingga anda membagikan hoax di beranda jejaring sosial anda. jangan ikut-ikutan berkomentar di jejaring sosial yang berbeda pendapat. sehingga menimbulkan perpecahan. hindarilah perdebatan yang tidak punya ujung dan pangkal. berdoalah semoga semua kejadian akan mendatangkan kebaikan untuk kita semua bangsa Indonesia di pilpres 2019 ini.

Cara anda yang keempat bersabar dan menerima perbedaan atas informasi yang beredar dan percaya kepada pemerintah dan lembaga yang telah terjamin legalitasnya. Sabar untuk tidak membagikan isu-isu atau hoaks yang memang berasal dari media yang belum kredibel atau abal-abal.

Cara yang kelima jangan ikut-ikutan berkomentar di jejaring sosial yang berbeda pendapat. sehingga menimbulkan perpecahan. Mau pendapat anda benar atau pendapat anda yakini sepenuhnya. Cobalah untuk tidak membuat komentar atau pendapat yang memicu perbedaan di media sosial. Seperti halnya istilah memanjangkan tali kelambu dengan komentar-komentar yang berbeda. Apalagi komentar yang negatif  terhadap hal atau peristiwa yang terjadi.


semoga kita menjadi satu dalam NKRI yang JUJUR dan Adil. Yakinlah kehidupan saat ini adalah kebaikan yang bisa kita lakukan untuk mencegah hoax semakin berkembang dan merusak tatanan bangsa. Mari kita Bersama-sama kembali beraktivitas seperti biasa dan mananti hasil yang terbaik untuk masa depan negeri yang kita cintai. Terima Kasih.

Hormat Saya,

Penulis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mencegah Hoaks Pilpres Tahun 2019"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.