loading...

Cara Terbaru Informasi Agar Biaya Bayar Listrik Murah Di Rumah


Cara Terbaru Informasi Agar Biaya Bayar Listrik Murah Di Rumah

Salam hangat dan hormat

Kebutuhan hidup kian meningkat. Semua harus bayar dan gak ada yang gratis. Apalagi jika kita hidup di tengah kota. Bukan hanya itu saja, semua ternyata berhubungan dengan biaya dan tentunya uang sebagai alat pembayaran. Salah satu perubahan kebutuhan mendasar makhluk hiduppun berubah. Listrik kini salah satu kebutuhan yang penting. Semua itu dikarenakan dan berhubungan dengan penggunaan peralatan dan teknologi. Mulai dari HP, televisi, peralatan rumah tangga banyak yang membutuhkan listrik.

Sehubungan dengan hal di atas. Ternyata ada hal yang menarik bila kita membgetahui informasi. Dilansir dari situs KOMINFO.GO.ID ternyata pemerintah mengeluarka  aturan tentang cara agar kita dapat mengurangi biaya bayar listrik  murah.

Cara Terbaru Informasi Agar Biaya Bayar Listrik Murah Di Rumah


Berikut ini informasinya:

Perumahan saat ini bisa memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap aatau PLTS Atap yang on-grid dengan jaringan listrik PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), yang diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 49 Tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PLN. Melalui peraturan ini, masyarakat juga bisa membayar tagihan listrik lebih murah melalui “ekspor-impor” listrik dengan PLN. Besaran penghematan berbeda-beda tergantung pada kapasitas daya yang dihasilkan serta besaran penggunaan listrik keseluruhan.

Selain memberikan peluang masyarakat dalam pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan, kebijakan Pemerintah ini bertujuan untuk mengingkatkan peran energi baru terbarukan (EBT) dalam bauran energi nasional, percepatan peningkatan pemanfaatan energi surya, mendorong pengembangan bisnis dan industri panel surya, serta mengurangi emisi gas rumah kaca.

Daya yang dihasilkan dari PLTS  Atap nantinya akan otomatis memotong tagihan listrik pengguna maksimal 65% dari total daya yang dihasilkan oleh PLTS Atap. Artinya 1 Watt listrik yang dihasilkan PLTS Atap akan langsung mengurangi harga listrik PLN maksimal 0,65 watt untuk bulan berikutnya. Sehingga pengguna hanya membayar sisanya ditambah dengan biaya penggunaan listrik dari PLN. Dengan demikian tagihan listrik akan lebih murah.

Bagi masyarakat yang berminat memasang PLTS Atap, ada beberapa ketentuan yang telah diatur dalam Permen ESDM Nomor 49 Tahun 2018, antara lain:
Kapasitas maksimum sistem PLTS Atap adalah 100% dari daya tersambung pelanggan PLN;

Perhitungan ekspor-impor sistem PLTS Atap dihitung berdasarkan nilai kWh ekspor yang tercatat pada meter kWh ekspor-impor x  65%. Surplus ekspor akan diakumulasikan pada bulan berikutnya sebagai kWh pengurang tagihan. Setiap tiga bulan jika masih terjadi surplus maka akan dinihilkan (reset ke 0);

Instalasi Sistem PLTS Atap wajib memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO), SLO Instalasi Sistem PLTS Atap dengan kapasitas sampai dengan 25 kiloWatt (kW) merupakan bagian dari SLO instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah.

Konsumen PLN dari golongan tarif industri dikenai biaya kapasitas (capacity charge) dan biaya pembelian energi listrik listrik darurat (emergency energy charge). Pengaturan biaya kapasitas bagi pengguna PLTS Atap golongan industri yang tersambung dengan PLN (on-grid) mengacu pada Permen ESDM No. 01 Tahun 2017;

Konsumen PT PLN yang berminat memasang PLTS Atap harus mengajukan permohonan pembangunan PLTS Atap kepada PLN Wilayah/Distribusi.

Itulah informasi tentang bagaimana anda bisa membayar listrik dengan murah. Sebagai negara tropis. Kita juga harus bersyukur dengan apa yang alam punya. Penggunaan Listrik tenaga surya bisa menjadi alternative dari sumber daya energi yang terbarukan. Untuk info lebih jelas silahkan kunjungi situ Kominfo. Sekian dan terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Hormat Saya

Admin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Terbaru Informasi Agar Biaya Bayar Listrik Murah Di Rumah"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.