5 Faktor Penyebab Literasi Masyarakat Indonesia Meningkat Akibat Virus Covid 19

5 Faktor Penyebab Literasi Masyarakat Indonesia Meningkat Akibat Virus Covid 19.

Oleh: Halley Kawistoro 

Salam Literasi

Sejak Pengumuman pada awal maret 2020 lalu oleh Presiden Joko Widodo tentang adanya 2 orang yang dinyatakan terinfeksi virus corona atau Covid 19. Awalnya Berita tersebut menjadi ledekan oleh beberapa dari kita yang menganggap virus tersebut biasa saja. Namun, berjalannya waktu dengan gencarnya pemberitaan dari berbagai media online dan Media Pemerintah. Virus Corona menjadi sebuah wabah yang disebabkan karena proses penyebarannya yang cepat.

Sedikit Mengulas, banyak Informasi terbaru terkait dengan Virus tersebut. Banyak juga yang mengambil keuntungan dengan cara menaikkan harga masker yang disebut bisa mencegah penularan. Selain itu, kebutuhan akan pembersih tangan atau hand sanitizer meningkat. Masyarakat pun kembali diingatkan dan tersadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri.

Pemerintah pun mengajak masyarakat untuk gotong royong dengan broadcast tentang Info terbaru berkaitan virus tersebut. Banyak juga yang menjadikan peristiwa ini dan tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan berita Hoak dan Bohong yang menyebabkan keresahan di masyarakat.

Sejak tanggal 16 maret 2020 beberapa daerah yang telah terdapat suspect corona mulai menjadikan virus corona ini bak artis yang terus dipantau perkembangan, gerak gerik dan apa yang telah dilakukan. Sedih kita semua rasakan dengan adanya korban yang kehilangan nyawa, baik pasien maupun tenaga medis dalam peristiwa ini.

Tapi tahukah anda. ternyata Virus ini menjadikan masyarakat kita melek literasi. berikut point yang ingin saya sampaikan kenapa Literasi Masyarakat Indonesia Meningkat?

5 Faktor Penyebab Literasi Masyarakat Indonesia Meningkat Akibat Virus Covid 19 oleh : Halley Kawistoro

Kita mulai dengan Pengertian Literasi

Literasi berasal dari bahasa latin LITERATUS atau bahas Inggrisnya Literacy yang kita bisa artikan sebagai sebuah "KETERAMPILAN Dan KEMAMPUAN seseorang dalam mengolah dan memahami Informasi melalui kegiatan Membaca, Menulis maupun berhitung berkaitan dengan numeral dan lain sebagainya.

Berdasarkan Pengamatan Penulis. Ada beberapa hal yang bisa dikaitkan dengan Meningkatnya Literasi Masyarakat Indonesia terkait Virus Covid 19 atau Coronan.


1. Memiliki Rasa Ingin Tahu tinggi.

Sehubungan dengan banyaknya media online yang memberitakan tentang virus Covid 19 dan Corona. Masyarakat Indonesia mulai pelan dan pasti menerima Informasi terus menerus baik dari orang terdekat maupun media sosialnya. Informasi dalam genggaman berupa gadget menjadi penhubung informasi. Alhasil, Masyarakat Indonesia yang sebelumnya Acuh atau menganggap virus ini sebagai dagelan atau guyonan kini peduli dan mencari Informasi terbaru terkait Covid 19 melalui berbagai sumber.


2. Mampu Mengolah Informasi Terbaru.

Sejak Di umumkan dan sampai saat ini. serta kita berharap semua virus Covid 19 akan musnah di Bumi Indonesia. Masyarakat Indonesia terus menerima informasi yang terus menerus. Alhasil, banyak dari yang sebelumnya tidak peduli maupun antipati kini tersadar dengan jumlah korban yang terus berjatuhan. Sehingga Masyarakat perlahan-lahan mengolah Informasi yang diterimanya. Serta bisa disampaikan nya kembali dengan baik. Artinya orang yang mampu Mengolah Informasi Lewat literasi dia telah baik dalam Literasi Itu sendiri.


3. Mampu membedakan Hoaks Dan Informasi Yang Benar.

Selain ancaman virus itu sendiri. ada kebiasaan laten di negeri Indonesia yang dimanfaatkan berbagai pihak media untuk mendongkrak popularitas Medianya. Aad juga oknum yang memanfaatkan peristiwa seperti ini demi tujuan dan kepentingan nya sendiri. Alhasil marak dan banyak muncul Berita atau Informasi Hoaks. Saat ini masyarakat Indonesia telah mencapai sebuah titik untuk mengolah informasi dan membedakan mana informasi Hoaks maupun yang real. Artinya ajakan Saring sebelum Sharing menjadi Sebuah pesan. Kemampuan literasi masyarakat telah meningkat ditandai dengan kemampuan Membedakan Hoaks dan Informasi yang benar.


4. Berpartisipasi Dalam Literasi

Meningkatnya Literasi Masyarakat pada point ke empat ini di tandai dengan hadirnya dan berpartisipasinya masyarakat Dalam Literasi Itu sendiri. Saat ini, Setelah Menerima Informasi dan mengolahnya. Masyarakat Indonesia pada sebuah titik berperan aktif Membagikan informasi yang benar dan mencegah Informasi yang Hoaks. Tidak hanya pada kalangan produktif. Untuk usia lansia dan anak-anak pun perlahan memahami Informasi terkait Covid 19 atau Virus Corona yang diterimanya.


5. Kemampuan Literasi yang komplek bertambah

Banyaknya Informasi Terkait Covid 19 atau Virus Corona di Indonesia membuat Kompleksitas kemampuan literasi Masyarakat Indonesia bertambah. Ditandai dengan Masuknya Informasi seperti : Tabulasi, Data berupa angka dan gambar, Rekaman Suara dan audio Visual. Sebelumnya Literasi yang hanya dikaitkan dengan membaca saja berubah dan dipahami oleh masyarakat Indonesia dengan memamhami informasi dalam bentuk lain. Serta banyak masyarakat Indonesia yang berperan dalam literasi itu sendiri. Seperti; Menulis informasi terbaru, membuat video up todate atau membagikan Informasi dari situs resmi pemerintah dan call center Covid 19.

Mari kita sepakat 5 alasan tersebut menjadi bukti nyata Perlahan dan Pasti Negara kita akan menjadi negara yang besar dan maju diatandai dengan Meningkatnya Kemampuan Literasi masyarakat. Selain itu, setelah Peristiwa ini berakhir akan menjadikan Sebuah kebiasaan Literasi tertanam dan Masyarakat Indonesia yang sebelumnya Literasinya kurang akan Bertambah banyak dan terus meningkat. Siap menerima informasi dan mengolahnya menjadi hal yang positif tidak hanya untuk dirinya. Namun, bermanfaat bagi orang lain.

Catatan:

Bagi rekan yang ingin me repost di media Online apapun tolong tulis sumbernya atau beri link Hidup demi membangun Kegiatan Literasi yang positif.

Bagi anda yang membaca. Saya ucapkan terimakasih silahkan bagikan dan kunjungi KEMBALI www.halleykawistoro.com

HORMAT SAYA

PENULIS



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Faktor Penyebab Literasi Masyarakat Indonesia Meningkat Akibat Virus Covid 19"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.