loading...

Pahami Daftar Istilah Penting Dan Kata Baru Yang Dihubungkan Sejak Kemunculan Virus Corona Bagian 1

Pahami Daftar Istilah Penting Dan Kata Baru Yang Dihubungkan Sejak Kemunculan Virus Corona Bagian 1 (PERTAMA)

Salam Hangat Dan Hormat

Virus Corona Menjadi Bak Artis Populer yang Mendunia sejak Kemunculannya di Wuhan China beberapa bulan Lalu. Hampir pelosok dunia yang terjamah informasi mulai mengenal apa itu Corona. 

Melalui beragam Informasi yang diketahui oelh masyarakat Se Indonesia. Kita semua pun mulai akrab dan mencoba memahami Istilah-Istilah yang muncul berhubungan dengan Virus Corona yang berdampak bagi kehidupan di Negeri ini maupun dunia internasional.
Silahkan dibaca dan pahami makna dari istilah dan kata Baru pada bagian Pertama Ini.


Istilah Penting Dan Kata Baru Yang Dihubungkan dengan Virus Corona oleh :www.hallleykawistoro.com
Berikut ini ada beberapa Istilah Penting dan Kata Baru yang dihubungkan sejak Kemunculan Virus Corona.

1. Virus Corona: adalah Virus sejenis SARS-CoV atau severe acute respitory Syndrom atau Sejenis Virus yang menyerang dan mnginfeksi sistem pernapasan.

2. COVID 19: Nama lain dari Virus Corona

3. Masker : Alat Penutup bagian muka atau sekitar pernafasan Untuk Mencegah Penularan dan tidak menularkan Virus Corona.

4. Wuhan : Salah satu Wilayah di China yang diduga menjadi tempat awal Virus corona dan terdapat pasar/penjualan hewan liar untuk dikonsumsi.

5. ODP: adalah singkatan dari "Orang Dalam Pemantauan". Seseorang bisa dan dapat dikatakan masuk dalam kategori/kriteria ODP. Jika, Orang tersebut sempat bepergian ke negara lain yang merupakan pusat penyebaran virus corona. Selanjutnya bagi Anda dan siapapun juga akan masuk sebagai ODP apabila pernah berkontak langsung dan berinteraksi dengan pasien yang positif corona. Orang dalam kelompok ini adalah mereka yang belum menunjukkan gejala sakit.

6. PDP

PDP adalah singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan. Artinya, ditujukan bagi siapa saja  yang masuk ke dalam kategori ini sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien dan diduga terinfeksi corona) dan dengan menunjukkan gejala-gejala yang sesuai dengan virus corona yaitu: sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

7. Suspect:  Suspect corona adalah orang yang telah diyakini dan diduga telah terjangkit infeksi COVID-19, dengan menunjukkan gejala virus corona. sebelumnya pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif corona. 

Pasien yang masuk dalam kategori ini akan diperiksa menggunakan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. 

Dua metode Pemeriksaan tersebut akan dilakukan untuk melihat status infeksi corona di tubuh suspect tersebut: positif atau negatif.

Bagi Pasien yang masuk sebagai salah satu dari ketiga kelompok ODP, PDP, Dan Suspect tersebut akan diberitahu oleh petugas kesehatan terkait, dan umumnya di instruksikan untuk menjalankan karantina selama 14 hari.

8. Pandemi :Istilah pandemi menurut KBBI dimaknai sebagai wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas. Seperti pengertian yang paling klasik dan lama, ketika sebuah penyakit menyebar ke beberapa negara atau wilayah dunia.
Penyakit yang masuk dalam kategori pandemi adalah penyakit yang menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan. 

9. Epidemi: adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu.

Pengertian lain epidemi itu wabah yang menyebar di area geografis yang lebih luas. Sebut saja virus Corona yang awalnya menyebar di Wuhan, China, sehingga dapat diartikan bahwa wabah di Wuhan telah berkembang menjadi epidemi.

Epidemi didefinisikan sebagai wabah dari suatu penyakit yang terjadi lebih luas, wilayah geografis yang sangat tinggi dan memengaruhi proporsi penduduk.

10. Wabah : Mirip dengan defisini epidemik. Kata Wabah berarti penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (seperti penyakit lainnya wabah cacar, disentri, kolera).  Penyakit dapat dikatakan wabah ketika penyakit itu sudah lama tidak pernah menjangkiti muncul atau datang penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui seperti virus corona. 

Demikianlah beberapa Istilah atau Kata yang semakin santer terdengar dan terbaca serta kita ketahui dan berkembang pesat baik di liongkungan maupun dunia digital Saat ini. Semakin Kita berliterasi akan menjadikan kita mampu memahami dan membedakan kebenaran sebuah Informasi.

Semoga tulisan dan Informasi Ini bermanfaat 

Hormat Saya

Admin



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pahami Daftar Istilah Penting Dan Kata Baru Yang Dihubungkan Sejak Kemunculan Virus Corona Bagian 1 "

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.