loading...

Contoh SOP Protokol Kesehatan Jenjang SMP Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pencegahan COVID 19

Tahun ajaran baru akan segera dimulai. Sekolah-sekolah mulai mempersiapkan kesiapan untuk memulai kegiatan pembelajaran Tatap Muka.

Bagi daerah yang dinyatakan zona hijau atau diperbolehkan melakukan kegiatan tatap muka di sekolah berikut ini bisa jadi referensi untuk aturan dalam melaksanakan kegiatan Tatap muka di sekolah sampai Covid 19 memang dinyatakan sudah tidak ada lagi. 

CONTOH SOP PROTOKOL KESEHATAN SAAT PEMEBELAJARAN TATAP MUKA DI SEKOLAH

Semoga Bermanfaat.

Contoh SOP Protokol Kesehatan Jenjang SMP 

Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar 

Pencegahan COVID 19.


1. Warga sekolah dan tamu wajib melakukan cuci tangan menggunakan air dan sabun di tempat yang disediakan.

2. Warga sekolah melaksanakan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) diantaranya: makan jajanan sehat, menggunakan jamban bersih, olahraga teratur, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya.

3. Warga sekolah membersihkan ruangan dan lingkungan sekolah secara rutin (minimal 1 kali sehari) dengan desinfektan khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, meja, keyboard dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan.

4. Warga sekolah menggunakan masker, bila terdapat gejala demam/batuk/ pilek/sakit tenggorokan/sesak napas, segera ke Puskesmas terdekat untuk memeriksakan diri, mengisolasi diri serta menghindari banyak kontak dengan orang lain.

5. Jarak bangku/ meja dalam ruangan minimal 1,5 meter antar siswa/GTK, menerapkan social distancing dan physical distancing.

6.Sebelum siswa berangkat ke sekolah dipastikan dalam keadaan sehat, memakai pakaian bersih dan membawa bekal makan minum dari rumah.

7.Jika terdapat ketidakhadiran dalam jumlah besar karena sakit yang berkaitan dengan pernapasan, sekolah melaporkan kepada Puskesmas terdekat.

8.Melakukan skrining awal terhadap warga sekolah yang punya keluhan sakit, untuk selanjutnya diinformasikan dan berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

9. Warga sekolah tidak berbagi makanan, minuman, termasuk peralatan makan minum dan alat musik tiup yang akan meningkatkan risiko terjadinya penularan penyakit.

10.Warga sekolah menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan, dsb).

11. Sekolah menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang atau kegiatan di lingkungan luar sekolah.

12. Sekolah melakukan skrining awal berupa pengukuran suhu tubuh terhadap semua tamu yang datang berkunjung.

13.Warga sekolah dan keluarga yang berpergian ke negara dengan transmisi lokal Covid-19 dan mempunyai gejala demam atau gejala pernapasan seperti batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak napas diminta untuk tidak melakukan pengantaran, penjemputan, dan berada di area SMP/Sekolah.

14. Siswa perkelas dibagi dua kelompok. Kelompok A, masuk hari Senin, Rabu, Jumat. Kelompok B masuk hari Selasa, Kamis, Sabtu.

15. Waktu Belajar pukul 07.30 - 12.50 Tidak ada jam istirahat.

Contoh SOP Protokol Kesehatan Jenjang SMP Saat Kegiatan Tatap Muka Selama Pandemi Corona : DOWNLOAD



Silahkan SOP di atas menjadi Contoh atau bahan perbandingan dengan daerah sekolah anda. Semoga Covid 19 berlalu dan kita melakukan kegiatan Tatap muka di sekolah seperti biasa.

Hormat Saya

Admin

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Contoh SOP Protokol Kesehatan Jenjang SMP Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pencegahan COVID 19"

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.