loading...

6 Enam Tahapan: Cara Menjadi Penulis Terampil dan Handal

Salam Hangat Dan Hormat

6 Enam Tahapan: Cara Menjadi Penulis Terampil dan Handal 


Melalui tulisan ini izinkan saya selaku penulis membagikan sudut pandang pemahaman yang sederhana kepada anda semua pengunjung dan pembaca Web ini.

Istilah Konten Kreator kian menjadi sebuah bentuk pekerjaan yang dilirik orang-orang di era digital ini. banyak platform aplikasi yang menawarkan orang orang menjadi terkenal. Semua aplikasi tersebut bersaing satu sama lain dengan bentuk dan caranya masing-masing kepada penggunanya.

Setelah Youtube sebagai sebuah situs video yang mampu memberikan kehidupan juga bagi penggunanya dengan cara program Affiliasi dengan google Adsensenya. saat ini marak aplikasi yang menawarkan penggunanya untuk menjadi kreator yang dimanjakan dengan kemudahan dalam penggunaannya.

Beberapa paragraf di atas sebagai contoh dan bentuk bagaimana saya menulis. Paragraf yang menjadi pembuka saya untuk anda yang tertarik adalah Istilah menjadi seorang Kreator. Namun, Kreator yang saya maksud adalah kreator sebuah tulisan. Sebutan akrab bagi anda adalah seorang "PENULIS"

Jika dilihat dari bentuknya secara garis besar Sebuah Tulisan di bagi menjadi Dua yaitu : Fiksi dan Nonfiksi. Mengulang kembali apa yang anda baca sebelumnya. Tulisan ini hanya akan menyampaikan sebuah pandangan saya selaku orang yang menjalani sebuah kegiatan yaitu Menulis. Bisa anda sebut sebagai Kreator tulisan/Penulis.

6 Enam Tahapan: Cara Menjadi Penulis Terampil dan Handal : oleh www.halleykawistoro.com

Langsung saja, sesuai dengan Judul Artikel ini. Ada Cara untuk menjadi Seorang penulis Terampil dan Handal. Saya bagikan Tips dan cara bagi anda yang tertarik dalam dunia kepenulisan

1. Sukai dengan apa yang anda Tulis
Saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis. Mulailah dengan menyukai aktivitas ini. Sebuah Aktivitas yang tentunya akan punya ruang dan waktu sendiri bagi anda untuk melakukannya. Menyukai kegiatan Menulis. Ya dengan cara Menulis. Tulis dari hal-hal sederhana. Seperti catatan-catatan ataupun ungkapan perasaan. Biasanya juga dalam dunia digital banyak orang yang suka menulis statusnya dengan tujuan dan kepentingan nya masing masing. cara pertama ini adalah anda tanamkan bahwa anda suka Menjadi PENULIS.

2. Terus Menulis
Saat anda meraskan jenuh. Bingung dan ditambah dengan hal-hal yang mengganggu anda dalam kegiatan menulis. seperti masalah pribadi yang menyebabkan anda terganggu untuk menuangkan ide dalam tulisan. Selain itu, Rutinitas lainnya juga bisa menjadi faktor lain yang akan menyebabkan anda berhenti untuk menulis. Stop!!! tidak perlu lagi kita menajdi terganggu dengan hal-hal lainnya. Caranya apa? Yaitu teruslah menulis. Menulis kata demi kata. Kalimat demi kalimat dan Paragraf demi paragraf. Saat anda memilih terus menulis. Saat itulah anda sudah punya kemampuan lain sebagai seorang penulis yang mampu meyakinkan diri bahwa menjadi Penulis adalah pilihan sadar.

3. Menguasai apa yang ditulis
Tentunya ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis. Modal utama yang harus benar benar dimiliki seorang penulis adalah. Menguasai apa yang ditulis punya makna. Seperti ini, Ketika anda suka dengan sastra pastinya anda akan lebih mudah menuangkan ide menjadi tulisan sastra. Ketika anda sebagai pribadi yang kritis maka tulisan anda akan menjadi sebuah opini yang meyakinkan. Ketika anda menjadi seorang Ilmuwan bisa jadi anda akan menyebarkan Ilmu pengetahuan anda dengan Tulisan.

Konsep Menguasai ini adalah menulis apa yang paling dekat, apa yang telah terjadi berdasarkan pengalaman dan ditambahin dengan keilmuan. Maka Tulisan anda akan bisa bermakna dan bermanfaat. Setidaknya, ada nilai yang bisa di ambil dari setiap tulisan anda.

4. Mencari sumber pemahaman lainnya
Kekuatan sebuah Tulisan juga bisa dilihat dari siapa penulisnya. Namun, jika kita belum percaya diri. maka sertai sumber dan dasar anda sebagai referensi bagi pembaca. Paling gampang sama pada poin sebelumya adalah dengan menyampaikan kepada pembaca sumber dan dasar anda menulis. seperti didasari pengalaman atau Keilmuan. Sumber lainnya anda jadikan sebagai penguat sesuai dengan tujuan anda menulis.

5. Memiliki gaya tulisan.
Untuk poin lima ini saya khususkan bagi anda penulis yang aktif atau bekerja di dunia digital. gaya tulisan yang dimaksud adalah cara anda dalam memnyampaikan pesan. informasi kepada pembaca. Biasanya akan terlihat gaya penulis di opini ataupun artikel populer.

Sedangkan Tulisan berdasarkan Keilmuan punya aturan baku yang harus di ikuti. Dengan kata lain, Gaya tulisan akan muncul dan terlihat pada karya tulis FIKSI.

6. Mengevaluasi/Mereview Tulisan yang telah ditulis.
Tugas penting seorang yang ingin jadi Penulis Terampil dan handal adalah membaca kembali tulisan yang telah di tulis. Semakin sering ia mengevaluasi atau mereview akan menjadikan Tulisan-tulisan di masa yang akan datang menjadi lebih baik.

Kesalahan-kesalahan dalam penulisan atau kesulitan pembaca untuk memahami apa yang kita tulis akan kita ketahui dengan cara mengevaluasi dan mereview kembali tulisan tulisan yang telah anda Tulis.

Itulah 6 Enam Tahapan: Cara Menjadi Penulis Terampil dan Handal. Semoga bagi anda yang ingin menjadi penulis bisa terus menulis dengan cara yang bisa anda semua coba. sesuai dengan informasi di artikel ini.

Silahkan tinggalkan Komentar anda jika ada yang ingin di tanyakan.

Selamat Mencoba.
Hormat Saya,

Halley Kawistoro


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Enam Tahapan: Cara Menjadi Penulis Terampil dan Handal "

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.