loading...

8 Delapan Kesibukan Guru Saat PPG Online Atau Daring

Salam Hangat dan Hormat.

Tahun ini 2020 ini tepatnya Negeri Indonesia masih dihantui oleh Pandemi Covid 19. Kegiatan Pemerintah dalam dunia pendidikan tetap dilakukan. Salah satu kegiatan dalam dunia pendidikan yang ditunggu-tunggu oleh para guru adalah kegiatan PPG atau Pendidikan Profesi Guru.

Tidak seperti tahun sebelumnya. Pada tahun 2019 lalu. Pemerintah melakukan kegiatan PPG  dalam 5 gelombang. Tahun 2020 ini PPG hanya dilakukan sebanyak 4 gelombang dan sebelumnya hanya 3 gelombang.

Seorang guru yang bisa mengikuti kegiatan Profesi guru merupakan guru yang sebelumnya telah memenuhi persyaratan. Salah satunya lulus dalam kegiatan Pretest PPG. Selain itu, faktor lainnya juga berpengaruh seperti Guru telah memiliki NUPTK dan tentunya sudah S1 ya.

Saya selaku penulis telah melalui kegiatan PPG sebelumnya tepatnya di tahun sebelumnya 2019. Alhamdullilah Lulus. Melalui Tulisan ini anda bisa mengetahui bagaimana kesibukan yang akan anda lalui atau gambaran bagi anda yang nantinya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan PPG.

Tulisan ini merupakan Adaptasi dari Rekan Media Sosial saya yang sedang berjuang mengikuti kegiatan PPG Full daring/Online Bapak Alvyan Kurniawan. pastinya saya mungkin anda yang berkunjung mendoakan agar Bapak Alvyan Kurniawan yang mengikuti PPG di LPTK UNSRI Sumatera Selatan dapat lulus dan bisa mendapatkan TPG di masa yang akan datang.



Dari Beranda FB Bpk. Alvyan Kurniawan (Mahasiswa PPG Bahasa Indonesia LPTK UNSRI)

Ada 8 Delapan Kesibukan Guru Saat PPG Online Atau Daring.

1. Wajib menamatkan 1 modul bacaan (4 cangkupan materi)

2. Melakukan weeb meeting untuk mengupas materi sisa.

3. Masuk ke forum diskusi untuk menjawab topik masalah yang sudah disediakan di dalam aplikasi.

4. Chat diskusi dengan teman sekelas tentang masalah bebas yang sesuai dengan materi yang dibahas hari ini.

5. Mengerjakan kuis formatif 

6. Mengerjakan tes sumatif.

7. Membuat refleksi.

8. Menyelesaikan tugas akhir yang biasanya ada 3-4 soal, namun jawabannya masyaAllah.

8 kesibukan tersebut tentunya menjadi gambaran anda jika di waktu yang akan datang anda akan mengikuti kegiatan PPG. Namun, tentunya akan berbeda kembali jika Pandemi berakhir di masa yang akan datang. Anda pun akan menuju ke LPTK tempat penyelenggara PPG.

Selain kesibukan tersebut, ada hal lainnya yang membuat kegiatan PPG full daring ini menjadi luar biasa. Kegiatan sudah dimulai dengan jadwal yang padat. LPTK menetapkan waktu daring 07.30 sampai 17.00 wib yang berarti semua mahasiswa PPG sudah harus mengatur waktu sesuai jadwal yang diberikan. Saat Modul diselesaikan ada batas tenggat tertentu. Jika terlambat untuk mengirim penugasan bisa berdampak pada kelulusan atau tidak bisa lanjut pada kegiatan Daring tahap selanjutnya. ya kita sebut tidak bisa mengikuti kegiatan UKMPPG Ujian Kompetensi Mahasiswa PPG atau Ujian Pengetahuan.

Manajemen Waktu sangat menentukan dan menjadi modal bagi Mahasiswa PPG Full daring dalam kelulusan nya kelak.

Semua kegiatan Full daring ini juga berdampak pada peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan Teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Semoga nantinya Peserta PPG tahun ini menjadi Motor penggerak, penghubung bagi peserta didik nya. Tentang pentingnya pemanfaatan Teknologi dalam kegiatan Pembelajaran.

Itulah 8 kesibukan Guru PPG dalam Daring nya. Semoga bermanfaat dan anda bisa mempersiapkan diri bagi yang nantinya akan menjalani kegiatan PPG.

Hormat Saya, 

Admin.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Delapan Kesibukan Guru Saat PPG Online Atau Daring"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.