loading...

Memaknai 4 Hal Utama Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Dalam Pidato Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan 2020


Memaknai 4 Hal Utama Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Dalam Pidato Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan 2020

Salam Hangat Dan Hormat.

Sidang Tahunan Tanggal 14 Agustus 2020 telah di gelar. Presider RI Ir. Joko Widodo menyampaikan Pidato di Sidang Tahunan tersebut. Ada 4 Hal Utama yang berkaitan dengan dunia pendidikan Indonesia saat ini salah satunya berdampak akibat Pandemi.

Berikut sebuah Kutipan yang berkaitan dengan Dunia pendidikan Indonesia

"Sistem Pendidikan Indonesia harus mengedepankan Nilai-nilai Ketuhanan, yang berkarakter kuat, dan Berakhlak Mulia, Serta unggul dalam Inovasi dan Teknologi."

Kutipan di atas dapat kita bagi menjadi 4 bagian dari bapak presiden yang ingin disampaikan berhubungan dengan dunia pendidikan.



1. Mengedepankan Nilai-nilai Ketuhanan

Sesuai dengan Sila Pertama Pancasila yaitu KETUHANAN YANG MAHA ESA. Dunia pendidikan Indonesia harus dan Tetap pada Sila Pertama pancasila tersebut. Manusia-manusia yang Beragama dan berilmu akan menjadikan bangsa ini sebagai semakin berbudaya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Mengedepankan Nilai-nilai Ketuhanan sebagai pedoman lain dalam dunia pendidikan yang harus dihormati satu sama lain. Sesama manusia di bangsa yang besar Ini Indonesia. Seperti kita ketahui bersama Isu agama seringkali dijadikan alat pemecah persatuan. Untuk itu dengan mengedepankan Nilai-nilai ketuhanan manusia akan menjadi Arif dan Bijak dalam menyikapi persoalan yang terjadi di negeri Ini.

Ayo kenalkan peserta didik anda dengan semua yang diyakininya berdasarkan Keyakinannya kepada Tuhan. Sesuai dengan apa yang diyakini oleh peserta didik kita. Semoga kita semua menjadi manusi yang bernilai dengan selalu menjaga Nilai-Nilai Ketuhanan berdasarkan Ajaran Agama yang kita Yakini.

2. Berkarakter Kuat

Manusia Indonesia melalui Peringatan kemerdekaan yang selalu kita peringati di bulan agustus memberi pesan tentang Ciri Manusia Indonesia Itu sendiri. Sehubungan dengan Pandemi saat ini yang masih berlangsung. Dunia pendidikan pun terus berjuang menghadapinya dan tanpa kita sadari membentuk sebuah tujuan besar tentang Karakter Peserta didik. Ya itulah, yang hendak disampaikan Presiden Indonesia bpk Jokowi dalam Pidato sidang Tahunan di tahun 2020 ini.

Dunia pendidikan Indonesia harus mempunyai sebuah sistem pendidikan yang membentuk Karakter Di masyarakat dan Lingkungannya. Utamanya di Lingkungan Sekolah. Berkarakter Kuat adalah ciri manusia Indonesia itu sendiri di antaran; Pantang menyerah, Berjuang, Punya Pilihan sadar dan tidak suka mengeluh. Serta berani menghadapi tantangan.

Pesan Kemerdekaan di bulan agustus pun selaras untuk menjadi Pesan bagi generasi muda tentang apa itu pengorbanan dan Perjuangan. Untuk itu Dunia pendidikan dengan Sistem nya harus menjadikan generasi di masa depan Berkarakter Kuat.

3. Berakhlak Mulia

Melanjutkan dari dua hal utama sebelumnya. Berakhlak mulia menjadi Output dari proses pendidikan di Indonesia. Pembiasaan yang di terapkan dalam dunia pendidikan. Kita harapkan bersama membentuk manusia manusia Indonesia yang berakhlak Mulia Seperti; Jujur, Berbuat Baik kepada sesama. saling mengasihi satu sama lain. Tentunya menjadi Manusia yang Selalu bisa berbuat dan berkarya baik untuk diri sendiri maupun lingkungan nya.

4  Unggul dalam Inovasi dan Teknologi

Poin ke empat ini merupakan sebuah mimpi dan capaian yang kita semua jalani saat ini. Pergeseran Pola pendidikan pun berdampak luar biasa di lini kehidupan kita saat ini. Pembelajaran melalui daring yang di anggap kurang efektif ternyata menimbulkan dampak Positif dengan guru guru yang terus berinovasi dalam dunia pendidikan serta Peserta didik yang saat ini mengalami perkembangan dalam memahami Teknologi. Semua itu dibentuk dari sebuah Keadaan darurat dalam menghadapi Pandemi.

Jika, Kita berkaca dari pergeseran sistem dunia pendidikan. Bukan tidak mungkin, Ke depan akan muncul pribadi-pribadi yang terus berinovasi. Selain itu akan menguasai Teklonogi seperti di negara maju. 

Sebagai Penutup. Semoga kita semua mengambil bagian di bidang dan peran kita masing masing dengan sebuah tujuan mulia menjadi mata rantai dalam sebuah sistem Pendidikan Indonesia yang akan menjadikan INDONESIA MAJU.

Merdeka...Merdeka...Merdeka

Selamat Hut RI ke-75 untuk INDONESIA MAJU

Hormat Saya

Admin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memaknai 4 Hal Utama Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Dalam Pidato Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan 2020"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.