loading...

3 TIGA Manfaat Membaca Puisi Sebagai Pengetahuan Pembaca Untuk Diketahui

3 TIGA Manfaat Membaca Puisi Sebagai Pengetahuan Pembaca Untuk Diketahui

Puisi yang memiliki pengertian dasar nya adalah ungkapan perasaan pengarangnya dan disampaikan dengan pemilihan kata, pemadatan kata. Serta, menggunakan Kata-kata keindahan yang punya makna untuk Pembacanya.

Puisi juga sebagai warisan budaya bahasa lisan pada zaman sebelum manusia mengenal tulisan. Di Indonesia sendiri puisi punya ragam dan tujuan dalam penyampaiannya. Punya sebutan yang berbeda beda seperti Pantun bahkan MANTRA merupakan salah satu bentuk dan jenis Puisi.

Kesempatan Kali ini dan melalui tulisan ini. Saya ingin menyampaikan. Ternyata, Puisi punya manfaat bagi yang membacanya. Sejatinya tak semua orang bisa menulis puisi. Namun, dengan Tulisan semua orang bisa membaca sebuah puisi.

Berikut 3 Tiga Manfaat Membaca Puisi Untuk Pengetahuan Pembaca:

1. Membangun Hipotesa dan Berpikir Logis bagi Pembacanya.

Puisi dengan penyampaiannya melalui Lisan maupun Tulisan dengan menggunakan Bahasa ternyata bisa membuat pembaca puisi atau orang yang membaca puisi bisa memaknai setiap kata-kata yang dibacanya. Seperti Penggalan Puisi "Aku" ada kalimat "Aku adalah binatang Jalang dari Kumpulan yang terbuang" Kata demi kata yang membentuk kalimat tersebut membuat Pembaca atau yang membaca menemukan makna sebenarnya dengan referensi pengetahuan yang ada. Menghubungkan setiap kata dan merajutnya dengan makna yang sama. Kalimat tersebut sebagai ungkapan pengarangnya tentang keadaan dirinya yang tidak dihargai dengan perumpamaan sebagai "Binatang Jalang". 

Setelah Itu, Pembaca Puisi membaca lagi dengan berpikir logis setiap kata yang membentuk puisi. apakah menghibur? Punya pesan? atau sekedar gabungan kata yang tak punya tujuan? Kelogisan pembaca dalam berpikir akan terus terbentuk dengan membaca puisi.

2. Memperkaya Bahasa dan Kosakata

Puisi tentunya ditulis dengan bahasa. Keragaman bahasa yang ada di Indonesia pun semakin memperkaya bahasa dalam puisi. Jenis puisi yang berkembang pun menjadi dasar puisi-puisi baru dengan penggunaan kata-kata Asing, kata-kata daerah, maupun kata-kata sandi yang hanya dipahami pengarang. Apapun itu? ketika sudah Terbaca? Orang yang membaca puisi akan mendapatkan pembelajaran tentang bahasa dan memperkaya Bahasa dan Kosakata yang dimiliki.

3. Membentuk Imajinasi dan Menambah Ide Baru

Sebagai sebuah Karya Sastra. Puisi yang merupakan proses kreatif penulisnya dan dibagikan untuk terbaca orang lain punya manfaat yang tanpa disadari oleh pembaca nya dan mempengaruhi pembaca nya. Seperti Lirik lagu yang terus-terus dinyanyikan oleh seseorang dengan dasar keindahan syair maka akan dimaknai sebagai sebuah hubungan kesamaan perasaan bagi yang menyanyikan. Sama juga halnya dengan Orang yang membaca puisi Terus Menerus. Lambat laun tiap makna akan ter-gambar menjadi imajinasi yang ter-sampaikan dari pengarang, penulis kepada pembaca nya.

Selanjutnya, Orang yang membacanya mendapatkan Imajinasi dan bisa saja berkembang dengan proses kreatif ketika orang tersebut menyukai puisi. Ia akan mulai menulis puisi dan menggambarkan perasaannya melalui kata-kata dan sebuah puisi baru lahir. Bisa juga menjadi ide lainnya dalam bentuk karya seni lainnya yang di kuasai pembaca puisi atau orang yang membaca Puisi.

Itulah 3 TIGA Manfaat Membaca Puisi Sebagai Pengetahuan Pembaca Untuk Diketahui. Semoga kita semua menjadi pribadi yang terus menambah pengetahuan dengan berliterasi. Salah satunya dengan membaca Puisi.

Izinkan penulis menjadikan Artikel ini sebuah puisi:

Manfaat Membaca Puisi

Oleh Halley Kawistoro

Aku mengenalmu dari Setiap huruf yang tersusun rapi

Membentuk Larik yang mengusik pikiran

Membentuk bait yang menjerat

Membentuk gagasan yang punya banyak makna

setelah ku pahami 

Aku bisa menduga dan punya banyak kosakata untuk berkehidupan

Aku bisa punya banyak bahasa untuk pergaulan

Aku bisa punya ide yang ingin ku tuangkan

Semua itu Kutulis menjadi PUISI.

02 Oktober 2020

Nah... Ternyata semudah itu kita bisa menulis puisi. Ayo mulai membaca puisi yang ada. Rasakan Tiga Manfaatnya dan cobalah untuk menulis. Selamat Berliterasi.

Hormat saya

Admin/Penulis




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 TIGA Manfaat Membaca Puisi Sebagai Pengetahuan Pembaca Untuk Diketahui"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.