10 Cara Bangkit Mengatasi Depresi Akibat Konflik Dalam Berumah Tangga

10 Cara Bangkit Mengatasi Depresi Akibat Konflik Dalam Berumah Tangga.

Harapan akan selalu ada dari banyaknya permasalahan kehidupan. Seringkali, Bagi Pasangan Baru atau sudah lama yang tersatu dalam sebuah ikatan Rumah tangga atau pernikahan mengalami beragam masalah dari timbulnya konflik dalam rumah tangga dan berujung menjadikannya Depresi.

Depresi memiliki pengertian sebagai sebuah keadaan gangguan kesehatan mental seseorang diketahui dari tngkah laku dan emosi yang muncul serta terlihat. Depresi juga akan mempengaruhi cara berfikir seseorang dalam memandang kehidupan.

Untuk tingkatan tertentu depresi akan berbahaya bagi orang yang mengalaminya dan orang yang ada di sekitarnya. Berujung menimbulkan penyakit atau gangguan kejiwaan sehingga perlu penanganan yang lebih serius.

Salah satu yang bisa memicu depresi dalam kehidupan adalah saat orang dewasa menjalani Hubungan yang terikat dalam pernikahan dan muncul Konflik/pertentangan dengan pasangan nya sehingga menjadikan salah satu atau keduanya mengalami Depresi akibat konflik yang terjadi.

Banyak faktor menjadi Pemicu dalam konflik rumah tangga. Bisa dimulai dari kesulitan perekonomian sampai hadirnya orang ketiga yang membuat hubungan suami istri tidak seharmonis biasanya.

Ilustrasi dari Pixabay.com


Saat anda manusia dewasa mengalami depresi akibat konflik dalam berumah tangga. Bisa anda coba Cara berikut ini sebagai sebuah solusi untuk mengatasi Depresi itu sendiri.

1.Mengingat Tujuan awal dari sebuah pernikahan

Saat terjadinya Konflik dalam berumah tangga terjadi dan diri anda diliputi rasa kecewa dan sedih yang berlebihan. Alangkah baiknya anda kembali Mengingat Tujuan dari Hubungan pernikahan itu sendiri. Mengingat sebagai kegiatan ibadah atau landasan awal hubungan anda sebagai sebuah pasangan. Menjadi cara awal anda untuk mengatasi depresi yang anda alami atau pasangan anda alami.

2. Mengingat kenangan indah bersama pasangan

Sebelum dan sesudah menjadi pasangan dan berumah tangga. Pastinya ada momen momen indah yang pernah dialami bersama pasangan anda. Momen momen indah tersbeut baik untuk dikenang sebagai penawar atas konflik yang terjadi. Bisa juga dengan mengulangi momen tersbut bersama pasangan anda sebagai obat terbaik depresi dan menghilangkan Konflik yang terjadi.

Ilustrasi Dari Pixabay.com

3. Melihat buah hati anak sebagai penyejuk

Karunia terbesar dalam berumah tangga adalah dengan hadirnya Buah hati atau anak. Banyak pasangan mampu melewati badai atau prahara yang terjadi di rumah tangga dengan melihat buah hatinya. Lihatlah anak-anak anda di masa depan. Apa yang terjadi jika anda terus larut dalam depresi? akan menjadi hal buruk bagi anda dan anak-anak anda. 

Lihat dan beri mereka kasih sayang. Lakukan itu juga kepada pasangan anda satu sama lain. Maka akan menjadi obat ampuh dalam mengatasi depresi dari Konflik dalam berumah tangga.

4. Mendekatkan diri ke agama dan Tuhan

Sebagai orang yang beragama cara ini sebenarnya adala cara utama yang bisa dilakukan oleh anda atau pasangan anda. Melalui melakukan hubungan dengan Tuhan melalui agama. Mendatangkan kekuatan besar yang akan anda dapatkan permasalahan apapun akan menjadi ringan. Termasuk permasalahan anda dalam berumah tangga.

Keutamaan mendekatkan diri dengan Tuhan adalah dengan melakukan Ibadah dan kebaikan yang mendatangkan keikhlasan dan bermuara kepada penerimaan atas konflik atau masalah. Menjadikan anda sebagai pribadi yang lebih bijak dalam menyikapi setiap keadaan yang terjadi termasuk konflik dalam berumah tangga dan membuat anda terlepas dari Depresi.

5. Memperbanyak Aktivitas yang bisa membuat move on

Cara ini adlah bentuk anda mengalihkan permasalahan yang terjadi dengan aktivitas yang bisa membuat anda melupakan apa yang terjadi. Seperti dengan Melakukan kegiatan positif yang dilandasi Hobi atau kesukaaan. Jika anda perempuan bisa dengan mendengarkan lagu, memasak atau menanam bunga. Jika anda seorang pria bisa dengan cara melakukan kegiatan dari Hobi yang anda sukai seperti Otomotif atau memelihara hewan peliharaan.

Aktivitas-aktivitas di atas akan menjadikan diri anda melupak masalah yang terjadi. Sehingga mengurangi depresi dan anda akan lebih tenang dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di dalam rumah Tangga.

6. Menerima Baik buruk setiap keputusan

Logika menjadi hal penting yang diberikan kita sebagai manusia. Akal akan menjadikan kita mampu mengkaji apa yang terjadi dalam setiap keputusan. Sebelum memandang konflik rumah tangga sebagai sebuah persoalan yang membuat anda depresi. Sikapi dengan Memahami Baik atau Buruk Keputusan yang di ambil.

Saat terjadi konflik buatlah sebuah keputusan untuk menerima apapun yang terjadi dan tidak berlarut-larut memikirkannya. Menerima ini juga sebagai cara kita menerima penyebab konflik yang terjadi dalam berumah tangga itu sendiri.

7. Memilih Mencintai daripada dicintai

Cinta sebuah kata yang mendasari sebuah hubunga antara lawan jenis. Saat konflik dalam berumah tangga. Sadarilah dan jadikan diri anda untuk menjadi Orang yang Mencinta dan bukan Ingin dicintai. Mencintai adalah sebuah kata yang menjadi keputusan anda sebagai orang yang berumah tangga. 

"Saling Mencintai" menjadikan Konflik di rumah tangga sebagai riak-riak kecil dan pastinya anda dan pasangan anda akan mampu melewasi permasalahan apapu dengan dasar saling mencintai. Tidak hanya menuntuk untuk dicintai. Lakukan ini sebagai bentuk cara anda atau pasangan anda dalam menghadapi konfli dalam berumah tangga.


8. Mengalah atas apa yang terjadi

Apa yang menimbulkan Konfli dalam Berumah tangga? jawabannya adalah Banyak hal tentunya. Namun, Yang Pasti akan ada kesombongan yang timbul dari konflik yang terjadi. Saatnya anda menjadi pribadi yang mau mengalah atas apa yang terjadi dalam rumah tangga anda.


Mengalah sebagai bentuk dari Rasa Mencintai dan Menerima pasangan anda sehingga konflik dalam rumah tangga menjadi reda dan perlahan semua akan kembali seperti semula.

9. Berdamai dengan diri dan meminta maaf.

Saat semua terjadi dan hanya anda yang mengalami kekecewaan dan duka yang mendalam dari sebuah konflik yang terjadi dengan pasangan anda dalam berumah tangga. Cobalah untuk siapkan diri anda. Caranya adalah Berdamai dengan diri anda sendiri tanyakan kepada diri anda atas apa yang terjadi ini.

Selanjutnya Meminta maaf dengan pasangan anda untuk sesegera mungkin merdakan konflik yang terjadi sehingga tidak akan menimbulkan depresi di antara anda sebagai pasangan dalam berumah tangga.


10. Membuat Keputusan yang terbaik

Apapun yang terjadi pada anda dan pasangan dalam berumah tangga. Saat Konflik terjadi buatlah keputusan yang terbaik. Namun jika masalah itu terus berulang ulang dan anda tidak mampu lagi. Hanya satu kata. Keputusan terbaik yang anda pilih adalah Mengakhiri atau Melanjutan Hubungan itu sampai maut memisahkan.

Keputusan terbaik sebagai kesiapan mental anda atas pasangan anda atau diri anda sendiri. Keputusan juga akan menentukan diri anda akan berlarut larut dalam emosi menjadikan anda depresi atau anda akan menjadi orang yang punya mental kuat dengan penggunaan logika yang baik tentang bagaimana menghadapi permasalahan Kehidupan.

Semoga Sepuluh Cara Bangkit dari Depresi Akibat Konflik dalam Berumah Tangga di atas menjadikan anda sebagai seorang yang tangguh dalam mengarungi Bahtera rumah tangga.

Terima kasih telah menerima pesan baik ini dan semoga bermanfaat. Saat tulisan ini ditulis saya sendiri sudah mengarungi rumah tangga kurang lebih 15 Tahun. Syukur saya dan pasangan mampu melaluinya sampai sekarang dan semoga sampai maut datang.

TERIMA KASIH dan BAHAGIA SELALU DALAM MENJALANI BAHTERA RUMAH TANGGA.

Hormat saya

Penulis






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Bangkit Mengatasi Depresi Akibat Konflik Dalam Berumah Tangga"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.