7 Urutan Cara Menulis Yang Baik Dengan Persiapan Awal

7 Urutan Cara Menulis Yang Baik Dengan Persiapan Awal

Kegiatan Menulis merupakan sebuah keterampilan yang belum tentu dimiliki semua orang. Secara Teori Kebahasaan, Kemampuan Menulis Seseorang berbeda-beda. Selain itu, Kegiatan Menulis merupakan tingkatan tertinggi dalam aspek kebahasaan.


Apa itu Menulis Yang Baik? Pertanyaan ini muncul dilandasi teori-teori yang beragam. Sebut saja Menulis yang baik dilihat dari bentuk tulisannya atau Menulis yang baik dari apa yang ditulisnya


Untuk mencapai sebuah momen anda untuk menulis yang baik. Maka diperlukan persiapan mendasar. Bisa kita sebut sebagai Persiapan Awal.



1. Menguasai alat Tulis

Perkembangan teknologi membuat kita semua berkesempatan untuk mampu menulis yang baik dan benar. Sebelumnya, alat tulis yang biasa digunakan adalah pena dan kertas. Saat ini, seseorang punya ruang dan kesempatan yang sama untuk bisa menulis yang baik. Semua itu dimulai dengan menguasai Alat Tulis.


Alat tulis saat ini beragam. Serta bisa digunakan dalam kegiatan apapun. Penggunaan alat tulis terus berkembang dan mempunyai pengaruh kepada kita untuk memulai menulis dari diri sendiri, beralih menjadi kemampuan untuk menguasai alat. Contoh nya menulis di Hp atau Laptop sebagai alat untuk menulis.

 

2. Mempunyai Konsep awal

Urutan selanjutnya Cara menulis Yang Baik bagi anda untuk memulai menulis adalah mempersiapkan kebutuhan literasi yang bisa dipelajari yang merupakan kita sebut sebagai Konsep awal. 

Apa yang mau ditulis? Mau Menulis apa? beragam pertanyaan yang bisa saja muncul . Namun, sebagai pesan sebagai konsep atau persiapan awal bagi yang mengikuti.


3. Memahami dasar Penggunaan Tanda Baca.


Setiap tulisan menjadi baik dan tepat bisa di lihat dan diketahui dengan penggunaan tanda baca pada setiap tulisan. Penggunaan tanda baca dalam kegiatan menulis adalah sebuah proses pembiasaan seseorang untuk menjadi penulis yang baik atau baik dalam menulis.

Seperti tahu penggunaan huruf kapital, Tanda Titik atau Koma. Memahami bahwa sebuah tulisan disebut kalimat di akhiri dengan Tanda Baca Titik. Biasa kan dan terus gali pemahaman dengan penggunaan Tanda Baca dalam kegiatan Menulis.


4. Memulai Menulis.


Ada sebuah istilah " Sebuah kegiatan yang dilakukan secara kontinu kurang lebih 10 menit akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih fokus" Saat diri kita ada kegiatan menulis. Maka segeralah memulai dan lakukan pembiasaan melakukan kegiatan menulis dengan durasi tertentu. selanjutnya ditingkatkan lagi ke durasi yang lebih lama. mulailah menulis dan menjadi Punya Kemampuan menulis yang baik.


5. Membaca Ulang

Manusia tak luput dari kesalahan. Sebuah Tulisan akan menjadi baik adalah dengan kita membaca ulang apa yang telah kita tulis. Lalu pahami hal-hal apa saja yang salah dalam sebuah tulisan. Kegiatan membaca ulang ini akan menjadi pembiasaan untuk kita lebih baik lagi dalam hal menulis.


6. Merevisi Tulisan.


Setelah membaca ulang. Tandai semua apa yang kita baca dari tulisan yang kita buat segera masuk ke tahapan menandai hal-hal yang kurang tepat pada tulisan sebelumnya dan memperbaiki nya.

Tahapan merevisi Tulisan sebagai petunjuk bagi kita sebagai arah kemana hasil Tulisan itu akan jadi. apakah tulisan Formal yang punya kaidah atau menjadi sebuah tulisan Nonformal/Biasa.


7. Memperkuat Ide yang ditulis

Urutan ini sehubungan dengan  cara menulis yang baik. Anda perlu paham betul tujuan dari kemampuan menulis. IDE menjadi barang langkah untuk seseorang menulis.

Siapkan bahan atau sumber bacaan lainnya yang bertujuan agar penggunaan bahasa menjadi lebih baik dan dengan punya banyak bahan atau sumber lainnya yang bisa digunakan untuk menghasilkan Tulisan Yang baik dan anda mampu menulis yang baik.

Sebenarnya setiap dari kita punya cara yang berbeda untuk memulai dan membiasakan Menulis. Setelah terbiasa menulis. Bisa jadi anda akan mendapatkan sebuah gelar sebagai Penulis. Sesuai dengan apa yang ditulis.

Satu hal yang pasti adalah memulai untuk menulis.

Selamat Menulis

Hormat saya

Admin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Urutan Cara Menulis Yang Baik Dengan Persiapan Awal"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.