Ulasan 5 Pesan Tentang Kehidupan Oleh Ali Bin Abi Thalib

Ulasan 5 Pesan Tentang Kehidupan Oleh Ali Bin Abi Thalib

Kehidupan Selalu punya cerita yang berbeda dari setiap orang/Manusia. Bagi Umat Islam ada salah satu tokoh yang menjadi panutan setelah Nabi Muhammad S.A.W. Salah satunya dari sahabat Baginda Rasul yang bernama Ali Bin Abi Thalib.

Dia dikenal sebagai Seorang yang memiliki pemikiran Luas dan merupakan seorang intelektual dalam dunia Islam. Dari banyaknya pendapat dari pemikirannya ada 5 Pesan Tentang Kehidupan Oleh Ali Bin Abi Thalib yang bisa di jadikan Nasehat bagi manusia dalam Berkehidupan.



Berikut ini 5 lima Pesan Tentang Kehidupan

1. Kesabaran Itu ada 2 Jenisnya yaitu; (1) Sabar Atas Sesuatu yang Tidak Kau/Kita Inginkan Dan (2) Sabar menahan diri dari Segala sesuatu yang di inginkan.

2. Balas dendam Terbaik adalah dengan cara menjadikan Dirimu Lebih Baik.

3. Orang terlalu memikirkan akibat dari sebuah/sesuatu keputusan atau melakukan sebuah tindakan, Sampai Kapanpun dia tidak akan menjadi Orang Yang Berani.

4. Apabila Akal tidak sempurna maka kurangilah berbicara.

5. Yakin terhadap sesuatu yang menantimu setelah banyak kesabaran yang di jalani dan Nantinya membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit.

Berikut ini akan kita maknai tiap poin-poin yang telah disampaikan oleh Ali bin Abi Tahlib untuk kita maknai sebagai manusia untuk menjadi Lebih baik.

1. Pesan pertama tentang KESABARAN menjadi sebuah pesan baik untuk kita maknai. Ada sebuah pesan pada poin pertama bagaimana kita selaku manusia harus memiliki kesabaran dalam keadaan yang tidak disukai seperti; Sabar atas kesedihan, Sabar Atas kehilangan, Sabar di saat terluka atau terpuruk oleh permasalahan kehidupan. Fase Kesabaran ini jika kita mampu lalui maka akan menjadikan kita mampu menjalani kehidupan dengan baik dan nantinya menjadikan kita sebagai manusia yang baik dalam bersikap.

Selanjutnya,  Kesabaran di saat ada sesuatu yang sangat di inginkan seperti keinginan terhadap barang, Menginginkan harta atau mendambakan kebahagiaan dan kenikmatan. Fase ini manusia melawan Hawa Nafsunya untuk tidak langsung mendapatkan apa yang di inginkan. Dengan Kata lain, Jika hal tersebut berupa dosa dan maksiat ia akan berfikir dahulu dan menahan dirinya untuk tidak melakukan usaha atas apa yang diinginkan nya dan itulah yang disebut Kesabaran dalam menahan diri atas apa yang di inginkan.

2. BALAS DENDAM adalah sebuah bentuk akibat dari kekecewana atau Terlukanya Perasaan manusia atas apa yang terjadi dan disebabkan oleh orang Lain. Perbuatan yang tidak baik yang kita terima sebagai manusia beragam. Sehingga menghasilkan rasa tidak suka dan benci terhadap orang yang melakukan perbuatan buruk tersebut kepada kita.

Tidak hanya fisik, Lisan pun terkadang mampu menyakiti kita sebagai seorang Manusia dalam kehidupan. Poin Kedua ini sebagai pesan tentang Cara menyikapi sesuatu perbuatan buruk dengan perbuatan baik. 

Menjadi manusia yang lebih baik adalah dengan Instrospeksi diri dan Melakukan usaha terbaik dengan cara yang baik. Sehingga akan mendapatkan hasil yang baik selanjutnya Capaian yang terjadi merupakan bentuk dari bagaimana menunjukan sikap baik atas Perbuatan Buruk Atau tidak baik yang kita terima oleh orang lain dalam berkehidupan. 

Balas dendam yang dimaksud adalah berbuat baik walaupun diperlakukan oleh orang dengan tidak baik.

3. Pesan yang ketiga ini adalah bagaimana menjadikan kehidupan kita mencapai sesuatu atas apa yang di inginkan dan diniatkan. Pastinya sebuah capaian baik yang ingin diwujudkan dalam berkehidupan. 

Salah satunya adalah mempunyai sikap berani. Sikap Berani ini dalam pesan di atas adalah sebuah bentuk dari berani memutuskan sesuatu yang harus di putuskan. Sehingga pengambilan keputusan di saat kita tidak memikirkan atas apa yang akan terjadi adalah bentuk dari sikap berani yang harus orang/ manusia miliki.

4. Pesan selanjutnya adalah sebuah bentuk Sikap keadaan yang menunjukkan siapa diri kita sebenarnya. Untuk itu ada hal yang perlu diperhatikan untuk kita bebicara dalam menyikapi sesuatu. Diam dan mengurangi Bicara adalah cara untuk melihatkan siapa kamu sebenarnya.

Dibutuhkan sebuah kesabaran dalam menjalani kehidupan yang salah satu caranya adalah dengan mengurangi berbicara dan diam dalam menyikapi sesuatu hal yang belum kita sadari kebenarannya.

5. Sebagai penutup, Pesan Poin kelima ini adalah setelah semua kesulitan, duka yang dihadapi. Yakinlah akan ada kebahagiaannya. Selain itu bagi seorang muslim meyakini jika belum dapat kebaikan di dunia.

Doa terbaik yang dipanjatkan adalah Kebaikan dan Kebahagiaan di Akhirat kelak. Artinya Sebuah Karakter Optimin dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Hendak disampaikannya.

Penutup.

Semoga tulisan di atas menjadi bagian dari kebaikan yang dapat penulis petik dari anda yang membaca dan memotivasi anda yang membaca. Banyak hal lainnya yang kita bisa lakukan dalam menyikapi kehidupan. Diantaranya dari Pesan Ali Bin Abi Thalib.

Sampai jumpa di Ulasan Lainnya. Terima Kasih.

Admin


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan 5 Pesan Tentang Kehidupan Oleh Ali Bin Abi Thalib"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai dengan Artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung SPAM, SARA, dan Pornografi.