Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Umum Sebagai Tujuan Seseorang Untuk Menulis

5 Alasan Umum Sebagai Tujuan Seseorang Untuk Menulis 

Bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi antara manusia punya dua bentuk secara umum yaitu bahasa secara Lisan dan tulisan. Keberagaman Bahasa lisan dapat kita ketahui dari beragam penutur atau orang yang menggunakannya beragam seseuai dari geografis dan kelompok manusia di sebuah tempat.

Perkembangan Teknologi juga membuat bahasa berkembang. Seseorang bisa menguasai beragam bahasa demi memudahkan dalam kaintannya untuk alat berkomunikasi. Informasi yang hendak saya bagikan kepada anda semua terkait bahasa Tulisan.

Saat ini media yang digunakan seseorang untuk menulis sudah semakin banyak dan beragam. Salah satunya saya sendiri yang menulis dengan Blog/web untuk membagikan Informasi kepada anda semua. Ternyata dalam kegiatan menulis ada tujuan yang menjadi alasan kenapa seseorang untuk menulis.


Berikut ini 5 Alasan Umum Sebagai Tujuan Seseorang Untuk Menulis:

1. Seseorang Menulis didasari sebagai tugas atau perintah.

2. Seseorang Menulis didasari sebagai cara untuk menyenangkan pembaca atau disebut Altruistik.

3. Seseorang Menulis didasari Sebagai cara untuk menyampaikan Informasi atau disebut Informatif

4. Seseorang Menulis didasari Sebagai cara Untuk mempengaruhi Pembaca atau disebut Persuasif

5. Seseorang Menulis didasari Sebagai guna untuk menyelesaikan masalah.

Berdasarkan Lima Alasan di atas izinkan saya mengemukakan pandangan mengenai tujuan menulis tersebut.

Diawali pada Tujuan pertama seseorang menulis berhubungan dengan Tugas atau perintah. Kita bisa mengaitkannya dalam dunia pendidikan. Murid atau Mahasiswa tentunya akan mendapatkan penugasan yang menuntut dirinya untuk menulis. Selain itu sehubungan dengan Perintah. Dalam dunia kerja, Masih banyak pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan menulis. Menulis pun bisa menjadi sebuah pekerjaan yang bisa mendatangkan Uang.

Tujuan yang kedua sebuah tulisan juga dapat mempngaruhi orang yang membacanya. Seperti Iklan ataupun pesan yang ada dalam sebuah Tulisan. Selain itu, ketika kegiatan menulis dapat menyenangkan Pembaca bisa dihubungkan dnegan tulisan dalam dunia sastra atau seni. Seperti Puisi, Cerpen dan novel yang tentunya bisa mendatangkan kebahagiaan pembacanya dalam membaca sebuah Cerita, pesan atau Tulisan.

Tujuan yang kedua langsung bisa dihubungkan dengan dunia jurnalistik. Yang artinya sebuahn kegiatan menulis bisa menjadi sebuah Informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Dalam dunia kerja Tujuan ini bisa didentikan dengan profesi Wartawan atau berhubungan dengan kebutuhan berita yang harus disampaikan kepada pembaca.

Tujuan menulis keempat sebagai sebuah cara berkomunikasi yang dapat mempengaruhi pembacanya dan tentunya bisa disebut dengan Persuasif yang artinya dapat mempengaruhi pembacanya. bisa kita ketahui iklan pun bisa menjadi sebuah contoh tulisan yang dapat mempngaruhi orang yang melihat atau membacanya.

Tujuan kelima tentunya anda akan menjadi orang yang beruntung dengan selalu menjadi pribadi yang berguna dengan kemampuan orang memiliki keterampilan menulis. Bisa saja melalui tulisan dapat mengantarkan sebuah kebenaran dan bisa kita ketahui dengan kegiatan persidangan.

Semoga Informasi di atas bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya 

ADMIN


Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "5 Alasan Umum Sebagai Tujuan Seseorang Untuk Menulis "