Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paham Unsur-Unsur Berita Secara Cepat Dalam Beberapa Menit

Paham Unsur-Unsur Berita Secara Cepat Dalam Beberapa Menit

Salam hangat dan Hormat

Berita merupakan salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah menengah pertama. Namun, Dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari berita sudah tidak asing lagi untuk kita pahami.

Banyak pendapat ahli berpendapat sama bahwa berita adalah sebuah informasi atau laporan yang memiliki sifat terbaru, terkini, aktual dan faktual.

Pengertian berita dapat di maknai secara umum adalah Sebuah Informasi Laporan Peristiwa yang terbaru, terkini dan Aktual serta Informasi tersebut sesuai dengan apa yang terjadi dengan kenyataan atau Faktual.

Paham Unsur-Unsur Berita Secara Cepat

UNSUR - UNSUR BERITA

Untuk di Indonesia sendiri unsur unsur Berita di singkat Menjadi ADIK SIMBA yang merupakan singkatan dari APA? Dimana? Kapan? Siapa? Mengapa? dan Bagaimana?

Sedangkan Istilah yang sebelumnya dikenal dari bahasa Inggris adalaha 5w + 1 H adalah.

1. What = Apa

2. When = Kapan

3. Where = Dimana

4. Who = Siapa

5. Why = Mengapa

6. How = Bagaimana

Sebuah berita akan sempurna bila lengkap memiliki unsur-unsur berita tersebut. Berikut Penjelasan singkat Unsur-Unsur berita di Atas.

Apa/What

Unsur berita pertama ini berhubungan dengan sebuah berita harus memuat apa yang terjadi dalam sebuah berita atau informasi apa yang sedang terjadi dalam  berita itu sendiri.

Kapan/When

Unsur berita yang kedua ini berhubungan dengan Waktu peristiwa atau waktu berita tersbut dibuat dan terjadi. 

Dimana/Where

Unsur berita yang ketiga ini berhubungan dengan Tempat peristiwa atau tempat Informasi berita tersebut dibuat dan terjadi.

Siapa/Who

Unsur berita yang keempat ini menunjukkan dalam sebuah berita memiliki siapa/orang yang terlibat dalam sebuah informasi di dalam berita itu sendiri. Artinya dalam sebuah berita pasti akan berisi orang yang terlibat baik sebagai subjek terbentuknya sebuah Berita.

Mengapa/why

Unsur berita yang kelima ini berkaitan dengan alasan atau latar belakang sebuah berita dibuat atau latarbelakang peristiwa yang terjadi dalam sebuah berita.

Bagaimana/How

Unsur berita yang keenam dan terakhir ini merupakan gambaran dari proses terjadinya sebuah berita yang disampaikan. Atau sebuah uraian dari peristiwa yang terjadi dalam sebuah berita. 

Itulah 6 Unsur sebuah berita. Unsur - unsur berita tersebut menjadi penting dan terkait satu sama lain dalam membentuk sebuah berita secara utuh. Sehingga informasi yang diterima akan menjadi Faktual dan dapat diterima oleh pembaca berita itu sendiri.

Semoga Penjelasan singkat tersebut dapat dipahami dan semoga bermanfaat.

Hormat Saya

Admin



Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Paham Unsur-Unsur Berita Secara Cepat Dalam Beberapa Menit"